PANDUAN MERAYAKAN LOY KRATHONG DI THAILAND NOVEMBER 2023 INI 2023-11-20 14:45

Meriahnya Loy Krathong di Chiang Mai

 

Thailand, tanpa festival apa pun, telah menjadi destinasi favorit bagi orang Indonesia. Di samping cuacanya mirip, makanan pun cocok, plus tentunya adanya wisata yang beragam, termasuk wisata belanja. Nah, apalagi kalau ada festival budaya. Festival budaya di Thailand yang paling meriah dan populer adalah Loy Krathong, yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya yang berlangsung pada November ini.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Thailand (Bagian 1)"

 

MAKNA LOY KRATHONG

Dalam rangka merayakan dewi air Phrae Mae Khongkha, jutaan warga Thailand mengapungkan (loy) rakit kecil (krathong) yang biasanya terbuat dari batang pisang yang dihiasi dengan bunga dan lilin.

 

 

Krathong membawa harapan, keinginan, dan rasa syukur setiap orang, serta merepresentasikan tindakan untuk melepaskan yang lalu dan menyambut yang baru.

 

Loy Krathong dirayakan secara nasional di Thailand setiap tahunnya pada malam bulan purnama di bulan kedua belas kalender lunar Thailand. Tahun ini Loy Krathong akan berlangsung pada tanggal 27 November 2023. Seantero Thailand akan tampak bercahaya dan memang ini menjadi acara yang ditunggu-tunggu warga Thailand serta tentunya wisatawan yang berbondong bondong datang untuk menyaksikannya.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Thailand (Bagian 2-Tamat)"

 

THAILAND FAVORIT DI ASIA TENGGARA

Thailand adalah negara yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara di Airbnb tahun lalu, dengan Bangkok sebagai kota yang paling banyak dikunjungi di negara ini. Dengan hadirnya perayaan Loy Krathong November ini, Airbnb telah melihat lonjakan pencarian penginapan di Thailand sebesar 17 persen oleh tamu internasional (dibandingkan Oktober 2023), dengan kota paling populer yaitu Bangkok, Chiang Mai, Pattaya, Phuket, Koh Samui, Hua Hin, Koh Pha Ngan, dan Krabi. 

 

Selain untuk Loy Krathong, banyak yang berbondong-bondong ke Thailand untuk liburan akhir tahun --Airbnb telah melihat lonjakan sekitar 88 persen dalam pencarian oleh wisatawan Tiongkok untuk perjalanan ke Thailand pada bulan November-Desember 2023, dan lebih dari 15 persen peningkatan pencarian oleh tamu Australia pada periode yang sama (dibandingkan periode November-Desember 2022).

 

Berikut ini beberapa rekomendasi Airbnb tentang destinasi dan tempat menginap terbaik untuk menikmati Loy Krathong.

 

CHIANG MAI

Terkenal dengan pegunungan dan hutannya yang rimbun, Chiang Mai yang terletak di bagian utara Thailand merupakan pusat budaya tradisional Kerajaan Lanna. Perayaan Loy Krathong di Chiang Mai ditandai dengan upacara besar dan kuil-kuil yang diterangi lampu, diadakan bersamaan dengan festival Yee Peng, di mana warga Thailand melepaskan ribuan lentera kertas (khom loi) ke langit malam. Tentu saja hal ini menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan.

 

 

Sungai Ping yang mengalir melalui jantung Provinsi Chiang Mai merupakan tempat yang populer di kalangan penduduk setempat dan bagi para pengunjung untuk mengapungkan krathong. Selain itu, ada juga Gerbang Tha Phae yang terletak di sisi timur tembok kota tua. Parit di sekitarnya merupakan tempat favorit dan populer di kalangan penduduk setempat untuk berkumpul. Sementara Monumen Tiga Raja di depan balai kota tua yang pastinya ramai akan menarik banyak orang untuk ikut serta dalam kegiatan.

 

Chiang Mai juga terkenal dengan berbagai pilihan makanan lokal yang lezat. Beberapa yang wajib dicoba adalah sai oua (sosis khas Thailand utara), nam ngiao (mie asam dan pedas dengan sup tomat), dan khao soi yang populer (kari kelapa kental dengan mie renyah).

 

BANGKOK

Ibu kota Thailand ini akan berubah jadi penuh warna setiap Loy Krathong diadakan. Kalau di Chiang Mai ada Sungai Ping, di Bangkok ada Sungai Chao Phraya yang merupakan destinasi populer bagi pengunjung dan penduduk setempat untuk mengapungkan krathong. Hasil foto akan menjadi lebih ikonik dengan latar belakang seperti Wat Arun.

 

 

Trippers juga dapat mengunjungi Wat Saket untuk merasakan pengalaman Loy Krathong yang tak terlupakan di salah satu kanal tertua di Bangkok, Khlong Maha Nak, dan menjelajahi Golden Mount yang ikonis yang terletak tidak jauh dari sana.

 

Tidak jauh dari Chao Phraya, terdapat kawasan Song Wat yang trendi dan baru saja terpilih sebagai salah satu dari 40 kawasan paling keren di dunia pada tahun 2023 oleh media pariwisata TimeOut --dengan perpaduan eklektik antara galeri seni dan bangunan bersejarah yang dapat dielajahi.

 

Saat menjelajahi Bangkok, jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas, mulai dari pedagang kaki lima yang menjajakan pad thai dan pad krapow, hingga pasar seperti Jodd Fair dan restoran berbintang Michelin.

 

PHUKET

Phuket menawarkan ragam kesenangan bagi wisatawan. Terkenal dengan pantai dan pulau-pulaunya, Phuket kaya akan sejarah, dihiasi dengan kuil-kuil dan tempat suci yang menciptakan pengalaman unik Loy Krathong dengan nuansa ala pulau. Terdapat lebih dari 30 pantai di mana penduduk setempat mengapungkan krathong mereka.

 

 

Selain itu, Trippers juga dapat menjelajahi beberapa tempat yang tidak terlalu ramai turis tapi sama populernya, seperti Danau Sapan Hin dan Taman Suan Luang di Kota Phuket, atau Danau Nai Harn di selatan atau Danau Bang-Ma-Ruan di utara.

 

Ketika berada di Phuket, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati hidangan laut paling segar yang ditangkap setiap hari dari Laut Andaman. Hidangan lezat khas selatan yang patut dicoba adalah kaeng som (sup asam pedas), massaman (kari Thailand penuh cita rasa yang sedikit manis) dan kaeng tai pla (kari pedas dengan ikan fermentasi).

 

Baca juga: "Trik Murah dan Efisien Eksplor Phuket (Bagian 1)"

 

PENGINAPAN

Berikut pilihan penginapan Airbnb yang unik yang bisa Anda pesan:

 

 

● Bohemian Home, Chiang Mai. Rumah unik yang terletak di lingkungan setempat dekat pasar Tha Phae Gate dan Warorot.

● Mango Home No.1, Chiang Mai. Berdekatan dengan Sunday Walking Street dan Gerbang Tha Phae di kota tua, mudah dijangkau.

● Funky Handmade House, Chiang Mai. Rumah jati buatan tangan yang indah, terletak di sepanjang kaki bukit Gunung Doi Suthep.

 

 

● Canal House, Bangkok. Rumah kanal antik di sisi Thonburi Bangkok (ibu kota lama).

● Antique Colonial Luang Prasit Canal Home, Bangkok. Rumah kayu jati bergaya kolonial yang terletak di Kanal Bangkok Yai.

● Chic Loft, Bangkok. Rumah bergaya loteng yang artistik, terletak di lingkungan Thonglor.

 

 

● Bella Vista Panwa, Phuket. Pemandangan laut yang menakjubkan dari bungalow di Ao Yon, terletak di pantai timur Phuket.

● Pangolin Villa, Phuket. Villa dengan kolam renang pribadi, di bagian utara Phuket, dekat dengan Pantai Nai Thon dan Nai Yang.

● Duplex-Style Pool Villa, Phuket. Villa dengan kolam renang ganda beserta pemandangan taman, terletak di daerah barat laut Phuket yang populer.

 

 

Teks & Foto: Istimewa
Comment