ALTERNATIF WISATA DI SATU TEMPAT: ASIATIQUE THE RIVERFRONT 2020-04-28 00:00

Distrik Waterfront di Asiatique The Riverfront

 

Di Bangkok, kalau mau datang ke suatu tempat yang makan enak ya dapet, belanja lengkap ya dapet, aneka hiburan dan permainan ya dapet, pemandangan cakep ya dapet, ya ke Asiatique The Riverfront. Bukan cuma jadi favorit para wisatawan, tempat dengan bangunan-bangunan bergaya kolonial ini juga digandrungi warga lokal. Merupakan perpaduan pasar malam modern dengan pusat perbelanjaan di ruang terbuka yang memiliki juga wahana-wahana hiburan dan aneka pertunjukan.

 

CARA KE ASIATIQUE

Naik BTS ke Saphan Taksin Station, keluar di Exit 2, lalu turun ke dermaga di bawah stasiun, namanya Sathorn Pier. Lalu sambung naik shuttle boat gratis. Atau ke Saphan Taksin/Sathorn Pier-nya bisa juga dengan naik boat dari Wat Arun, kuil terkenal di Bangkok yang letaknya di tepi Sungai Chao Phraya.

 

Asiatique Shuttle Boat gratis rutenya dari Sathorn Pier langsung ke Asiatique Pier bolak-balik, dengan lama perjalanan 10-15 menit sekali jalan. Jam operasionalnya pukul 16.00-23.30.

 

Ada juga Express Boat dengan rute sama, Sathorn Pier – Asiatique Pier PP. Jam operasionalnya pukul 17.00-21.00. Kalau yang ini bayar, THB 30 sekali jalan.

 

Yang lebih mahal dan lebih nyaman tentunya juga ada, Chao Phraya Tourist Boat (Blue Flag) dengan rute Phra Arthit Pier – Asiatique Pier. Jam operasionalnya pukul 16.40-21.10. Rute sebaliknya, Asiatique Pier – Phra Arthit Pier jam operasionalnya pukul 17.40-20.10. Tiketnya THB 60 sekali jalan.

 

Kalau nggak mau lewat jalur sungai juga bisa. Ada Free Shuttle Service yang beroperasi setiap hari. Rutenya: Le Meridien Bangkok – Bangkok Marriott Hotel The Surawongse – Asiatique. Ada 4 kali  keberangkatan per hari, dimulai pukul 15.30 dan terakhir pukul 23.00 dari Le Meridien Bangkok. Kembalinya dari Asiatique mulai pukul 17.00, dan terakhir pukul 23.40.

 

Naik taksi atau mobil sewaan dari mana pun hotel kalian di Bangkok juga OK, tapi kalau pas jam macet bisa lama di jalan. Kalau jalanan lancar, dari kawasan Pratunam ke Asiatique sekitar 30-40 menit. Lapangan parkirnya sangat luas.

 

Gerbang belakang Asiatique. Masuk dari sini kalau tibanya dengan mobil, bukan dengan jalur sungai

 

Alamatnya di 2194, Charoenkrung Road, Soi 72-76, Wat Phraya Krai, Bang Kho Laem District, Bangkok. Persis di tepi Sungai Chao Phraya. Jam bukanya pukul 16.00-24.00. Tidak ada tiket masuk.

 

Baca juga: "Panduan ke Ayutthaya Mudah dan Murah dari Bangkok"

 

DIBAGI MENJADI 4 DISTRIK

Menempati area seluas 2.800,88 m2, Asiatique dibagi menjadi 4 distrik yaitu Waterfront, Town Square, Charoenkrung, dan Factory.

- Waterfront, sesuai namanya ya di tepi dermaga, merupakan highlight Asiatique. Di sini terdapat boardwalk terpanjang di Bangkok sepanjang 300 m –tempat ideal untuk menanti sunset dan berfoto, banyak resto berkonsep alfresco dining yang menghadap sungai, ruang terbuka untuk tempat konser, festival, juga pesta kembang api saat Tahun Baru. Asiatique Sky juga ada di sini.

Waterfront

 

- Town Square, merupakan kawasan kafe, bar, dan chain resto internasional, juga panggung terbuka untuk pertunjukan dan aneka aktivitas lain termasuk peluncuran produk.

 

- Charoenkrung, terdiri dari toko-toko kecil atau butik yang menjual produk fashion maupun kerajinan dan aksesoris serta barang vintage. Tiga tempat pertunjukan rutin juga berada di sini: Calypso Cabaret, Muay Thai Live, Joe Louis Puppet Theatre.

 

- Factory, mayoritas diisi toko yang menjual barang elektronik, toko fashion kekinian, produk kecantikan, perabot rumah tangga yang unik-unik, modern lifestyle, dan ada juga restoran.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Koh Samui"

 

KULINER & BELANJA

Total di Asiatique terdapat 1.500 toko dan 40 restoran atau outlet makanan. Pilihan makanannya sangat beragam, internasional maupun tradisional Thai. Jajanan ekstrem ala Thai juga ada. Kalau punya bujet lebih paling enak makan di resto-resto di depan sungai menjelang sunset karena bisa sekalian melihat matahari terbenam dengan foreground kapal hilir-mudik di sungai.

 

Asiatique Pier

 

Harga barang pernak-pernik maupun produk fashion yang dijual di sini relatif lebih mahal dari Platinum Fashion Mall dan Chatuchak, tapi beberapa memang sangat unik, trendy dan kualitasnya bagus. Bahkan ada beberap toko baju, sepatu atau tas yang modelnya unik karya desainer lokal. Harga-harga di sini tetap bisa ditawar walaupun nggak bisa sedrastis nawar di Chatuchak. Jadi harga cukup variatif dari yang murah sampai mahal sekali. Benar-benar cocok untuk mencari oleh-oleh yang standar maupun yang nggak biasa.

 

 

Disediakan peta untuk pengunjung jadi bisa gampang mencari apa yang dibutuhkan. Atau silakan jalan dan eksplor pelan-pelan semua sudutnya kalau Anda nggak mencari yang spesifik. Juga ada layanan trem gratis untuk keliling di kawasan Asiatique bagi yang nggak mau jalan kaki.

 

ASIATIQUE SKY ALIAS BANGKOK EYE

Highlight atau wahana utama di Asiatique adalah Asiatique Sky, kincir raksasa, tertinggi di Thailand. Ada juga yang menyebutnya Bangkok Eye, mengacu pada London Eye. Tingginya 60 m. Karena tinggi, saat kita naik dan berada di puncaknya, kita dapat melihat pemandangan Bangkok khususnya di tepi Sungai Chao Phraya.

 

Asiatique Sky

 

Ada 41 gondola yang masing-masing bisa diisi 8 orang. Plus 1 VIP gondola yang bisa diisi maksimal 5 orang. Tiket: THB 450 (dewasa), THB 250 (anak-anak dengan tinggi <120 cm; dan lansia umur >60 tahun). Tiket VIP Gondola: THB 2.750 (2-5 orang). Satu putaran sekitar 10 menit.

 

Di sebelah Asiatique Sky ada Mistery Mansion dengan tiket masuk THB 200. Tanpa masuk pun kita sudah dikagetkan dengan beberapa kejutan dari gedung dua lantai bergaya kastil ini.

 

Mistery Mansion

 

TIGA PERTUNJUKAN

Ada 3 pertunjukan tetap di Asiatique yang memberlakukan tiket masuk.

1. CALYPSO CABARET SHOW

Pertunjukan kabaret oleh ladyboys yang menyanyi, menari, memparodikan penyanyi-penyanyi terkenal. Teaternya berkapasitas 800 kursi. Untuk nonton ini bayar tiket yang sudah termasuk minuman. Bisa juga pilih paket dinner sekalian. Waktu pertunjukan pukul 19.30 dan 21.00.

 

2. MUAY THAI LIVE

Nggak murni pertandingan muay thai yang keras dan brutal, karena ini jenisnya teatrikal dan menghibur.

 

3. JOE LOUIS PUPPET THEATRE

Tradisional Thai Puppet yang dipadu-padankan dengan koreografi modern.

 

Baca juga: "Aneka Scam di Bangkok yang Perlu Anda Tahu"

 

DIBANGUN DI BEKAS DERMAGA PENTING PADA MASANYA

Asiatique The Riverfront mulai dibangun sejak Mei 2011 dan dibuka 27 April 2012. Dibangun di bekas dermaga dan pergudangan penting yang terkenal di tahun 1900-an, di masa kejayaan Kerajaan Siam. Merupakan dermaga internasional pertama yang menghubungkan Kerajaan Siam dengan negara-negara Eropa. Dermaga ini milik East Asiatic Company, merupakan perusahaan Denmark yang didirikan tahun 1897.

 

 

Saat dermaga tua ini direnovasi dan dijadikan Asiatique, ditemukan 7 bukti peninggalan sejarah yang penting dan tetap dipertahankan:

1. World War II Bunker.

2. Jalur trem kuno.

3. Kilang gergaji kuno, yang dipertahankan struktur aslinya dan kerangka atapnya.

4. Crane kilang gergaji.

5. Bangunan gudang bergaya kolonial yang juga dipertahankan dan kini ditempati beberapa restoran dan spot hiburan.

6. Dermaga historis yang kini menjadi dermaga Asiatique, tempat kapal-kapal pengangkut wisatawan bersandar.

7. Crane di Waterfront.


​Kalau kalian perhatikan di sebelah kincir ada bangunan kuno, itulah gedung asli dari zaman kejayaan East Asiatic Company. Di beberapa sudut juga ada patung perunggu baik bentuk orang (tokoh-tokoh maritim zaman dulu di sini) maupun barang-barang peninggalan perdagangan dan pelabuhan masa lalu.

 

Barang peninggalan masa lalu

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment