74 DESTINASI WISATA YANG INDONESIA BANGET! 2019-08-17 00:00

 

Memilih 74 destinasi wisata yang mewakili Indonesia alias Indonesia banget bukan perkara mudah. Apalagi kalau harus menyebutkan objeknya, bukan nama pulau atau wilayahnya, pastilah jatah 74 –sesuai hari jadi kita tahun 2019 ini-- sangat nggak cukup buat diisi objek-objek wisata representatif dari 34 provinsi. Jadi, daftar berikut ini dicampur antara nama objek maupun hanya nama pulau, kepulauan, atau kota saja. Dan mohon maklum jikalau objek jagoan Anda nggak masuk dalam daftar ini. Udah dibilang, susah tau milihnya....

 

1. Pulau Weh, NAD

Pulau terluar di bujur barat Indonesia ini memiliki dunia bawah laut dan pantai yang cantik seperti Pantai Iboih dan Pulau Rubiah.

 

2. Masjid Raya Baiturrahman, NAD

Landmark Kota Banda Aceh ini tetap berdiri kokoh walau diterjang tsunami tahun 2004. Kita bisa mengagumi kecantikan bangunan maupun interior dalam masjid tapi wajib berpakain sopan ya.

 

3. Danau Toba & Air Terjun Sipiso Piso, Sumut

Danau terbesar di Indonesia ini bisa dinikmati dari banyak tempat antara lain dari Tele, Bukit Holbung, Bukit Pusuk Buhit, Taman Simalem Resort. Jangan lupa juga untuk menyeberang ke Pulau Samosir yang berada di tengah danau. Sedangkan Air Terjun Sipiso Piso yang tingginya 120 m berada di Desa Tongging, yang juga merupakan view point Danau Toba.

 

4. Tangkahan, Sumut

Memandikan gajah adalah kegiatan utama yang dituju para wisatawan yang datang ke ekowisata yang berada di TN Gunung Leuser ini.

 

5. Pulau Nias, Sumut

Selain tradisi Lompat Batunya, Nias juga dikenal sebagai surganya para peselancar dengan ombak kelas dunianya. Jangan lupa juga untuk menyeberang ke Pulau Asu di pesisir barat Nias.

 

6. Lembah Harau, Sumbar

Lembah ini dikelilingi tebing-tebing cadas nan gagah yang di beberapa bagiannya dialiri air terjun. Digadang-gadang sebagai salah satu lembah tercantik di dunia.

 

7. Ngarai Sianok, Sumbar

Ngarai yang bisa dicapai dari Kota Bukittinggi ini bisa dinikmati dari Taman Panorama. Di sini terdapat Gua Jepang juga yang bisa dimasuki.

 

8. Pulau Mentawai, Sumbar

Ritual pembuatan tato dan perkampungan adat yang masih asli di belantara pulau ini menarik minat banyak orang untuk datang.

 

9. Sungai Kampar, Riau

Jarang-jarang ada sungai yang memiliki ombak seperti laut bahkan menjadi spot favorit para peselancar dunia. Sungai Kampar memiliki keistimewaan itu, namanya Ombak Bono.

 

10. Pulau Natuna, Kepri

Salah satu pulau terluar di lintang utara di bujur barat negeri kita yang menghadap Laut Natuna Utara (alias Laut Cina Selatan). Wisata andalannya adalah pantai dengan batu-batu granit raksasa yang bermotif seperti yang ditemukan di Alif Stone Park, Batu Sindu, Batu Kasah, Pantai Lubang Kamak.

 

11. Kepulauan Anambas, Kepri

Kepulauan ini digadang-gadang sebagai surga penyelaman di wilayah barat Indonesia. Kejernihan air laut dan pasir putihnya nggak kalah dari laut di Indonesia Timur. Anambas juga mempunyai air terjun bertingkat yang berujung ke pantai.

 

12. Candi Muaro Jambi, Jambi

Kompleks candi peninggalan Hindu-Buddha ini terluas di Asia Tenggara. Luasnya sampai 8x Candi Borobudur lho!

 

13. Gunung Kerinci, Jambi

Berada di kawasan TN Kerinci Seblat, gunung setinggi 3.805 mdpl ini merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Belum sah sebagai pendaki kalau belum menggapai puncaknya.

 

14. Fort Marlborough, Bengkulu

Landmark Bengkulu ini peninggalan Inggris dan merupakan benteng terbesar kedua yang dibangun Inggris di Asia.

 

15.  Jembatan Ampera, Sumsel

Paling cantik difoto saat malam hari, saat lampu-lampu berpendar di badan jembatan sepanjang 1.117 m yang membelah Sungai Musi ini.

 

16. Pulau Belitung, Babel

Belitung hingga kini tetap menjadi tujuan favorit banyak wisatawan domestik. Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang merupakan andalannya, selain kuliner berupa gangan kepala ikan ketarap.

 

17. Pantai Gigi Hiu, Lampung

Disebut juga Pantai Pegadungan karena berada di Desa Pegadungan. Ciri khasnya adalah barisan batu karang lancip yang menyerupai gigi hiu. Paling cantik diabadikan saat sunrise maupun sunset.

 

18. Monumen Nasional (Monas), DKI Jakarta

Iniiah landmark Kota Jakarta dengan puncak berlapis emas. Kita bisa naik ke puncaknya dengan lift, atau cukup sampai cawannya saja.

 

19. Kawasan Kota Tua, DKI Jakarta

Jakarta memiliki sejarah panjang, sudah 492 tahun, dengan nama dulunya Batavia. Landmark di kawasan ini antara lain Stasiun Jakarta Kota, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Gedung Arsip Nasional, Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa.

 

20. Situs Gunung Padang, Jabar

Disebut-sebut sebagai Machu Picchunya Indonesia. Situs megalitikum ini berupa punden berundak, terbesar di Asia Tenggara. Umur situs ini diperkirakan 25.000 tahun, paling tua di dunia. Luar biasa ‘kan? Kita bisa mengeksplor situs ini dari bagian paling bawah hingga atas.

 

21. Gua Buniayu, Jabar

Buniayu sebenarnya nama kawasan karst seluas +/-10 hektar yang memiliki banyak gua yang saling terhubung. Ada sekitar 80 gua makro dan ribuan gua mikro. Yang terpanjang Gua Cipicung (+/- 3.300 m) yang meliputi Gua Kerek dan gua-gua horisontal lainnya. Gua Kerek inilah yang dibuka untuk umum terutama bagi para peminat khusus susur gua.

 

22. Baduy Dalam, Banten

Suku Baduy Dalam tidak tersentuh modernisasi dan nilai eksotisme inilah yang dicari para petualang dari kota. Butuh trekking berjam-jam untuk mencapai perkampungan Baduy Dalam. Dan cukup menguras tenaga karena banyak rute menanjak.

 

23. TN Ujung Kulon, Banten

Badak Jawa yang bercula satu adalah primadona taman nasional ini. Tapi berhubung populasinya sudah sangat sedikit, maka sulit sekali dijumpai. Tapi tenang saja, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan di sini: susur sungai dengan perahu, trekking ke pantai-pantai perawan, menunggu sunset, mengamati satwa lain seperti rusa, dll.

 

24. Candi Borobudur, Jateng

Candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun abad ke-9 ini merupakan kebanggaan bangsa kita. Tiap tahun di pelatarannya diselenggarakan Perayaan Hari Trisuci Waisak, dengan salah satu acaranya yang dinanti-nanti adalah pelepasan lampion.

 

25. Kelenteng Sam Po Kong, Jateng

Lokasi dibangunnya kelenteng ini di Kota Semarang dulunya adalah persinggahan armada Laksamana Cheng Ho dari Tiongkok yang beragama Islam.

 

26. Dieng, Jateng

Dataran tinggi Dieng terkenal akan golden sunrisenya yang bisa dilihat dari Puncak Gunung Sikunir dan silver sunrisenya di Candi Arjuna. Udara Dieng sangat dingin, bahkan saat musim kemarau bisa ditemukan butiran-butiran es. Tak heran karena tingginya sekitar 2.000-an mdpl.

 

27. Keraton Yogyakarta, DIY

Kunjungan ke Kota Yogyakarta tak lengkap tanpa singgah ke keraton yang hingga kini masih didiami oleh sultan dan keluarganya. Di dalam keraton juga terdapat museum yang menyimpan benda-benda bersejarah.

 

28. Gunung Api Purba Nglanggeran, DIY

Satu dari 3 gunung purba di Pulau Jawa, tepatnya di Gunungkidul ini, bisa didaki hingga ke puncaknya. Dibutuhkan waktu 45-60 menit melewati jalur yang jelas, lengkap dengan petunjuknya.

 

29. Gua Jomblang, DIY

Keistimewaan gua ini adalah adanya ray of light yang seperti cahaya surga yang masuk melalui lubang besar di atas gua.

 

30. TN Bromo-Tengger-Semeru

Salah satu sunrise terindah di dunia ya di Bromo. Kita bisa melihatnya dari Pananjakan maupun dari Puncak B29 dan B30. Sedangkan Gunung Semeru favorit para pendaki. Kalau nggak sanggup sampai puncak, cukup sampai Ranu Kumbolonya yang breathtaking!

 

31. TN Baluran, Jatim

Sering disebut sebagai Africa van Java. Wajar mengingat sabana di sini yang didiami aneka satwa memang mengingatkan kita pada suasana safari di Afrika.

 

32. TN Alas Purwo, Jatim

Primadona taman nasional ini adalah Pantai Plengkung alias G-Land yang mempunyai ombak kelas dunia bagi para peselancar.

 

33. Air Terjun Tumpak Sewu, Jatim

Inilah Niagaranya Indonesia. Air terjunnya tinggi dan lebar. Dan kabar baiknya, kita bisa menikmati kemegahannya tanpa perlu bersusah-payah karena ada teras pandang yang nggak jauh dari lokasi parkir.

 

34. Pantai Kuta, Bali

Tak perlu penjelasan. Pokoknya kalau ke Bali mesti ke pantai ini.

 

35. Tanah Lot, Bali

Ini ikon Bali banget! Jadi bagi yang baru pertama ke Bali harus ke sini.

 

36. Ubud, Bali

Mendambakan suasana beda yang bukan pantai di Bali, datanglah ke Ubud. Udaranya lebih sejuk, dan mata pun dimanjakan dengan pemandangan persawahan.

 

37. Nusa Penida, Bali

Baru mulai ramai dikunjungi turis 2 tahun lalu. Spot utamanya: Kelingking Point, Angel’s Billabong, Broken Beach, Pantai Atuh, Diamond Beach, Rumah Pohon Bukit Molenteng.

 

38. Singkawang, Kalbar

Perayaan Cap Go Meh-lah yang membuat orang datang ke Singkawang. Para tatung dengan kesaktiannya masing-masing akan berparade saat perayaan.

 

39. Jembatan Kahayan, Kalteng

Inilah landmark Kota Palangka Raya, panjangnya 640 m, membelah Sungai Kahayan, menghubungkan pusat kota Palangka Raya dan Kelurahan Pahandut Seberang.

Kita bisa memotret bentang jembatan utuh dari taman di dekatnya.

 

40. TN Tanjung Puting, Kalteng

Susur sungai dengan perahu klotok dan mampir-mampir di feeding station orangutan, inilah atraksi utama di TN ini.

 

41. Loksado, Kalsel

Di desa masyarakat Dayak di Pegunungan Meratus ini kita bisa merasakan bamboo rafting.

 

42. Kepulauan Derawan, Kaltim

Terdiri dari Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Salah satu surga penyelaman di Indonesia. Yang paling tak boleh dilewatkan: berenang bersama ubur-ubur di Kakaban, melihat tukik di Sangalaki.

 

43. Pulau Sebatik, Kaltara

Mungkin pulau ini bukanlah tujuan wisata yang seksi. Tapi inilah salah satu pulau terluar Indonesia di bagian utara Kalimantan yang dekat sekali dengan Malaysia.

 

44. Pulau Bunaken, Sulut

Surga bawah laut ada di pulau ini. Bersama dengan beberapa pulau lain di Indonesia, Bunaken menjadi spot favorit penyelaman.

 

45. Pulau Miangas, Sulut

Nah ini benar-benar pulau paling luar di lintang utara Indonesia. Akses ke sana bisa dicapai dari Kota Manado, tapi memang masih sulit dan butuh perjuangan.

 

46. Taman Wisata Laut Olele, Gorontalo

Indonesia memang kaya akan keindahan alam bawah lautnya. Gorontalo tak mau ketinggalan, diwakili oleh Olele.

 

47. TN Lore Lindu, Sulteng

Mencakup Lembah Napu, Lembah Behoa dan Lembah Bada yang kesemuanya dipenuhi patung-patung batu yang merupakan situs megalitikum. Butuh berhari-hari kalau mau puas melihat situs-situsnya yang terhampar di area yang sangat luas.

 

48. Air Terjun Saluopa, Sulteng

Banyak memang air terjun bertingkat-tingkat di seluruh Indonesia, sulit untuk memilih yang paling pantas mewakili. Air terjun di dekat Kota Tententa, Kabupaten Poso ini bertingkat sampai 12!

 

49. Kepulauan Sombori, Sulteng

Bersama Labengki yang bersebelahan tapi beda provinsi, Sombori disebut sebagai Raja Ampatnya Sulawesi. Memang tak berlebihan. Coba saja naik ke Puncak Kayangan. Gua Berlian dan Gua Allo juga sayang dilewatkan.

 

50. Kepulauan Labengki, Sultra

Laguna-laguna yang ditelikung tebing karang tajam, pantai berpasir panjang, air laut yang jernih, hanya sedikit dari andalan wisata Labengki yang bisa disebutkan. Datanglah dan Anda pasti kepingin balik lagi.

 

51. Mamasa, Sulbar

Swiss van Sulawesi mungkin pantas disematkan kepada kabupaten di Sulawesi Barat ini. Andalan wisatanya adalah Buntu Liarra, negeri di atas awan. Jalan kaki ke sana saja sudah menjadi hiburan mata.

 

52. Tana Toraja, Sulsel

Keunikan Toraja mungkin tidak dimiliki tempat lain di belahan dunia mana pun. Tradisi pemakamannya, peti-peti mati yang nangkring di tebing-tebingnya, belum lagi ritual Manenenya di mana anggota keluarga mengganti baju dan kain jenazah yang sudah lama meninggal. Di sinilah kita tak merasa ngeri walau tulang belulang dan peti jenazah ada di mana-mana.

 

53. Gunung Rinjani, NTB

Tak berlebihan kalau disebut Gunung Rinjani adalah gunung terindah di dunia. Mulai dari sabananya, danau Segara Anaknya, dan terutama pemandangan dari puncaknya yang spektakuler.

 

54. Gili Trawangan, NTB

Keindahan pulau ini bisa banget disaingi pulau-pulau lain di Indonesia. Tapi atmosfernya itu lho yang sulit tergantikan. Pulau ini cocok banget buat leyeh-leyeh sambil mengirup udara segar laut. Gili Meno dan Gili Air yang bersebelahan dengannya juga layak sekalian dikunjungi.

 

55. TN Komodo, NTT

Nggak akan cukup menggambarkan kedahsyatan alam di TN Komodo dalam 1-2 baris. Pokoknya, bagi yang belum ke sini, harus banget menjadwalkannya. Melihat satwa langka komodo, berfoto epik di Pulau Padar hanya sebagian kecil yang wajib Anda lakukan di sini.

 

56. Wae Rebo, NTT

Meskipun harus berjalan kaki 3-4 jam untuk mencapainya, banyak orang rela melakukannya demi bisa menginap di dalam rumah adatnya. Sensasinya beda! Malam hari juga bisa melihat banyak bintang di langit yang sangat cerah.

 

57. Danau Kelimutu, NTT

Danau tiga warna, tepatnya tiga danau yang saling berdekatan di Puncak Gunung Kelimutu yang warnanya sering berubah. Ke sini paling bagus saat sunrise. Trekkingnya mudah.

 

58. Katedral Reinha Rosari, NTT

Didirikan tahun 1862, katedral ini menjadi pusat kegiatan perayaan Paskah di Larantuka dengan prosesi Semana Santa-nya yang terkenal itu.

 

59. Fatumnasi, NTT

Gunung Mutis dengan padang rumput luas di kakinya adalah tempat yang harus Anda tuju kalau ke Fatumnasi di Timor Tengah Selatan. Dan masih banyak lagi keindahan Fatumnasi yang membuat Anda berpikir, benarkah ini di Indonesia?

 

60. Fulan Fehan, NTT

Buruan deh ke sini sebelum nanti New Zealand van Timor ini jadi rame. Berada di Kabupaten Belu, Pulau Timor, aksesnya dari Kota Atambua. Benteng Lapis Tujuh adalah highlight-nya.

 

61. Pulau Sabu, NTT

Nah ini juga! Sekarang masih tergolong sepi. Objek wisata andalannya, Kelabba Madja yang foto-fotonya sudah viral juga masih belum rame. Kalau saja akses ke sini dari Kota Kupang, Ende, atau Waingapu lebih mudah dan murah, pasti Pulau Sabu dipenuhi turis. Cakepnya kebangetan!

 

62. Pulau Sumba, NTT

Tiada kata yang sanggup melukiskan dengan sempurna kecantikan Sumba. Bukan cuma cantik, tapi lengkap dan variatif. Rumah adat ada, lalu pantai cantik, bukit yang bikin merinding, air terjun, danau, hutan perawan, dan kain Sumba nan apik, semua ada!

 

63. Pulau Rote, NTT

Inilah pulau terluar Indonesia di lintang selatan. Keindahan pantai-pantainya tak diragukan lagi. Pantai Nemberala salah satunya.

 

64. Pulau Lembata, NTT

Tradisi perburuan ikan paus secara tradisional (menggunakan perahu kayu dan tombak) adalah hal yang diincar turis yang datang ke sini.

 

65. Jembatan Merah Putih, Maluku

Jembatan gagah sepanjang 1.140 m ini membentang di Teluk Ambon, diresmikan 4 April 2016. Jadi tergolong objek yang masih baru.

 

66. Kepulauan Banda, Maluku

Bukan cuma island hopping, tapi di sini Anda bisa melihat gunung api, benteng peninggalan Portugis, rumah budaya, dll.

 

67. Kepulauan Kei, Maluku

Pasir Timbul Ngurtavur, Pantai Ngurbloat, Gua Hawang  hanya sedikit tempat dari keseluruhan sajian alam di kepulauan di tenggara Ambon ini.

 

68. Morotai, Maluku Utara

Morotai banyak menyimpan peninggalan Peran Dunia II. Island hopping juga menjadi aktivitas utama di sini, terutama ke Pulau Dodola.

 

69. Teluk Jailolo, Maluku Utara

Di Jailolo ada Festival Teluk Jailolo yang rutin diadakan tiap tahun dan sudah menjadi agenda Kemenpar. Yang ditawarkan teluk di Kabupaten Halmahera Barat ini selain alam laut tentunya, juga adalah kuliner khasnya.

 

70. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat memang the best diving spot in the world, tapi ada banyaaaak sekali objek yang bisa dieksplor tanpa diving bahkan tanpa bersentuhan dengan air. Naik ke puncak Wayag, menikmati pemandangan di Piaynemo, juga naik Bukit Dapunlol serta Puncak Love Dafalen maupun Karawapop di Misool. Itu hanya sebagian kecil yang bisa disebutkan.

 

71. Danau Habema, Papua

Terletak di TN Lorentz, gerbang masuknya dari Kota Wamena. Dengan lokasi di ketinggian sekitar 3.300 m, Danau Habema menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia.

 

72. Lembah Baliem, Papua

Tak perlu datang ke sini saat festival karena tanpa kemeriahan festival pun bentang alam lembah ini akan membius Anda. Trekking-lah minimal sampai Desa Kilise, Anda akan kepincut.

 

73. Merauke, Papua

Selain bertandang ke Pos Lintas Batas Negara di Sota, kalau ke Merauke Anda juga bisa ke TN Wasur yang bisa ditempuh 30 menit berkendara.

 

74. Boven Digoel, Papua

Kabupaten yang menyimpan banyak cerita sejarah negeri ini. Bung Hatta pernah diasingkan ke sini, dan kita bisa melihat sel penjaranya di komplek bangunan yang sekarang disebut Cagar Budaya Bekas Penjara Boven Digoel.

Teks & Foto: Mayawati NH
Comment