7 AIR TERJUN TERINDAH DI BALI UTARA DAN SELATAN. PLUS BONUS CONTEKAN ITINERARY 2020-05-28 00:00

Air Terjun Campuhan

 

Bosan juga ‘kan kalau tiap liburan ke Bali cuma ke pantai? Pantai-pantai di Bali memang keren, tak terbantahkan. Tapi lupakan sejenak soal pantai, alihkanlah tujuan Trippers ke destinasi lain seperti 6 air terjun terindah yang ada kawasan Bali Utara dan Selatan, tepatnya di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Tabanan. Setidaknya terdapat 15 air terjun di kedua kabupaten ini. Tapi kali ini MyTrip pilihkan 7 saja.

 

1. AIR TERJUN SEKUMPUL

Air terjun tertinggi di Pulau Bali ini tingginya mencapai 100 m. Letaknya cukup tersembunyi, pengunjung harus menuruni anak tangga permanen dari besi sejauh 300 m. Debit air terjunnya sebenarnya tidak terlalu deras. Namun karena jatuh dari ketinggian 100 m, cipratannya akan membuat badan basah kuyup. Pengunjung bisa pula berendam dengan aman menikmati sensasi sejuknya air di kolam alami tepat di bawah air terjun.

 

 

Lokasi: Desa Lemukih Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng

Tiket: Rp20.000 (View Only untuk Air Terjun Sekumpul)

 

2. AIR TERJUN ALING ALING

Air Terjun Aling Aling adalah bagian dari Sambangan Secret Garden yang menawarkan 7 air terjun sekaligus Blue Lagoon bernama Puncak Sari Pool. Memiliki ketinggian sekitar 50 m. Lokasinya cukup tersembunyi di tengah kawasan hutan lebat. Untuk mencapainya pengunjung tidak perlu bersusah payah karena akses jalan setapak hanya sejauh 300 m dan itu pun sebagian jalan datar, selebihnya berupa anak tangga permanen.

 

 

Lokasi: Desa Sambangan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng

Tiket: Rp20.000 (berlaku untuk 4 air terjun di Sambangan Secret Garden)

 

3. AIR TERJUN KROYA

Masih seputar Sambangan Secret Garden. Inilah air terjun favorit pengunjung terutama para bule yang ingin menjajal adrenalin. Air Terjun Kroya tingginya 35 m, tepat di bawahnya terdapat kolam alami yang luas berkedalaman 4 m. Pengunjung bisa merasakan sensasi menegangkan dengan cara meluncur bebas melalui air terjun atau melompat. Untuk melakukan aktivitas ini harus ditemani pemandu dan membayar tambahan.

 

 

Lokasinya mudah ditemukan, jaraknya sekitar 200 m dari lokasi parkir atau sekitar 100 m dari Air Terjun Aling Aling. Kondisi jalan sudah lumayan bagus, berupa perpaduan jalan landai dan anak tangga permanen.

 

Lokasi: Desa Sambangan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng

Tiket: Rp20.000 (View Only dan berlaku untuk 4 air terjun di Sambangan Secret Garden)

 

4. AIR TERJUN CAMPUHAN

Jangan salah, ini bukan Campuhan Ridge Walk di Ubud Kabupaten Gianyar, melainkan salah satu air terjun terbaik di Desa Gitgit Kabupaten Buleleng. Air mengalir deras di balik tebing-tebing curam.

 

 

Air terjun kembar ini tingginya relatif sama yakni sekitar 20 m yang saling bertemu dalam sebuah kolam alami di bawahnya sedalam 2 m. Inilah yang melatarbelakangi nama Campuhan, dalam bahasa Bali berarti "campur". Untuk mencapai lokasi diperlukan fisik prima karena harus menuruni anak tangga permanen sejauh sekitar 400 m.

 

Lokasi: Desa Gitgit Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng

Tiket: Rp20.000

 

5. AIR TERJUN PENGEMPU

Air terjun setinggi 20 m ini posisinya seolah terjepit di antara 2 tebing batu. Debit air yang tak begitu deras, membuahkan sebuah kolam alami kebiruan yang sangat aman sebagai tempat berendam. Untuk menjangkau lokasi air terjun pengunjung harus berjalan memutar dengan menuruni anak tangga permanen sejauh 300 m. Selain masih alami, merdunya berbagai kicauan burung semakin meyakinkan bahwa lokasi ini memang sangat cocok bagi pengunjung yang sedang mencari ketenangan.

 

 

Lokasi: Desa Cau Belayu Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan

Tiket: Donasi sukarela

 

6. AIR TERJUN LEKE LEKE

Untuk ke sini harus siap blusukan di tengah kebun dengan medan yang cukup menantang. Jalan berupa anak tangga permanen hanya di awal trekking. Selebihnya berupa jalan tanah setapak, berliku, menanjak dan sekali menyeberang sungai melalui jembatan bambu. Dibutuhkan tenaga untuk menyusuri jalan kebun sejauh kurang lebih 500 m.

 

 

Air Terjun Leke Leke biasa disebut juga dengan nama Air Terjun Kipuan Kebo, yang berarti "tempat mandi dan minumnya kerbau". Air terjun setinggi 30 m ini memiliki debit air yang cukup deras. Namun dipastikan pengunjung masih bisa bermain air, berendam bahkan berenang di kolam alaminya.

 

Lokasi: Desa Antapan Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan

Tiket: Rp20.000

 

7. AIR TERJUN NUNGNUNG

Sebenarnya Air Terjun Nungnung bukan berada di Buleleng maupun Tabanan, melainkan di Kabupaten Badung. Tapi lokasinya tak jauh dari Air Terjun Leke Leke, hanya sekitar 15 km.

 

 

Air terjun ini tingginya 70 m dan debit airnya sangat deras. Lokasinya di ketinggian 900 mdpl sehingga suhu udaranya dingin. Diperlukan tenaga ekstra untuk menjangkau lokasi karena harus menuruni anak tangga permanen sejauh kurang lebih 500 m.

 

Lokasi: Desa Pelaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung

Tiket: Rp10.000

 

PENGINAPAN

Letak Buleleng cukup jauh dari Denpasar maupun Bandara I Gusti Ngurah Rai. Air terjun di Buleleng juga banyak dan kalau mau mengeksplor semua sudah pasti waktu 1 hari tidak cukup. Jadi disarankan malam pertama menginap di Buleleng tepatnya di dekat kawasan Sambangan Secret Garden. Pilihannya ada Wanagri Cosmic Nature Villa, The Damai Lovina, atau yang lebih terjangkau Sananda Bungalow Lovina. Pada malam kedua menginaplah di Tabanan. Penginapan yang bisa dipilih antara lain Saranam Resort atau Desa Atas Awan Eco Boutique Hotel.

 

Baca juga: "Pulau Menjangan Bali, Cocok Buat Weekend Getaway"

 

GAMBARAN ITINERARY

Hari 1

Tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Menuju Buleleng

Check in hotel di Buleleng

Air Terjun Kroya

Air Terjun Aling Aling

 

Hari 2

Check out hotel di Buleleng

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Campuhan

Menuju Tabanan

Check in hotel di Tabanan

 

Hari 3

Check out hotel di Tabanan

Air Terjun Pengempu

Air Terjun Leke Leke

Air Terjun Nungnung

Kembali ke Bandara I Gusti Ngurah Rai

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah dan Clara Soca Atisomya
Comment
Constructionlabrie

This sort of clever work and exposure! Keep up the terrific works guys I?ve added you guys to my own blogroll.| https://constructionlabrie.com

2020-09-10
Nola

Thank you for publishing this awesome article. I'm a long time reader but I've never been compelled to leave a comment. I subscribed to your blog and shared this on my Twitter. Thanks again for a great post! https://www.artzign.com

2020-08-12
Granitelacroix

Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it. https://www.granitelacroix.com

2020-07-13