Caesar Indra dari Traveloka, Novita Angie, Mukti Jauhari dari PT. KAI
“Traveloka dulu....” Lantunan ini begitu nempel di kepala. Karena memang banyak traveler yang membuka aplikasi Traveloka dulu untuk membuat perencanaan liburannya. Dari buking tiket pesawat maupun buking hotel. Dan kini, para traveler juga dapat memesan tiket kereta api juga melalui Traveloka.
Perusahaan internet penyedia aplikasi travel booking untuk destinasi lokal dan internasional ini meresmikan layanan pemesanan tiket kereta api, yang merupakan hasil kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Rabu, 8 Maret 2017, di Fairmont Hotel, Jakarta. Saat ini layanan pemesanan tiket kereta api ini dapat dinikmati melalui Traveloka App (Android dan iOS) dan situs web mobile. Sementara versi situs web desktop baru akan diluncurkan dalam waktu dekat.
Senior VP Business Development Traveloka, Caesar Indra, mengatakan, hadirnya layanan pemesanan tiket kereta api ini merupakan perwujudan komitmen Traveloka untuk tidak hanya memberikan pengalaman buking terbaik, tapi juga memberikan opsi perjalanan selengkap mungkin bagi seluruh pelanggan --one stop travel booking service.
Rute keretanya mencakup 5.000+ rute yang menjangkau 250+ stasiun di 70+ kota di Jawa dan Sumatera. Sedangkan pilihannya mencakup semua kelas dan subkelas. Kita juga bisa memilih jadwal dan kursi sejak 90 hari hingga 6 jam sebelum tanggal keberangkatan. Artinya, untuk perjalanan mudik 2017, pelanggan dapat memesan tiket kereta mulai 18 Maret 2017.
Dengan menggunakan aplikasi Traveloka, kita dapat menikmati beberapa kemudahan. Pertama, kita bisa memilih metode pembayaran yang beragam, yaitu kartu kredit, ATM transfer, dan internet banking. Kedua, kita bisa melakukan pencarian tiket kereta api berdasarkan kota, jadi nggak usah pusing kalau nggak tahu stasiun yang ingin dituju. Ketiga, kita bisa langsung mendapatkan boarding pass dengan cara memindai barcode yang tertera di e-tiket Traveloka di stasiun keberangkatan. Gampang ‘kan?
Sementara itu EVP Passenger and Ticketing Sales PT KAI, Mukti Jauhari menyatakan kegembiraannya atas kerja sama ini. Terutama karena Traveloka, yang walaupun baru membuka layanan pembelian tiket kereta ini sejak Januari 2017, tapi telah menjadi channel atau agen eksternal ranking satu dalam hal jumlah penjualan. PT KAI menargetkan untuk terus mengurangi jumlah loket penjualan tiket di stasiun dan mengurangi transaksi tunai. “Masyarakat bisa lebih efisien memanfaatkan waktu, tak perlu antre di loket,” katanya. Saat ini penjualan tiket via online baru sekitar 60%, 40% sisanya masih via loket.
Pada acara tersebut hadir pula artis Novita Angie sebagai salah satu pengguna aktif layanan kereta api. Dengan lincahnya ia memandu semua yang hadir bagaimana memesan tiket kereta via Traveloka.
Tim Traveloka bersama tim PT KAI
Untuk menggunakan layanan pemesanan tiket kereta api, kita perlu memperbarui Traveloka App ke versi terbaru (v2.9) dan ikuti petunjuk berikut ini:
- Layanan pemesanan “Tiket Kereta” muncul dengan ikon berwarna oranye bernama “Tiket Kereta Api” di halaman utama Traveloka App. Ketuk ikon tersebut untuk memulai pemesanan tiket.
- Kita harus memilih destinasi awal dan akhir, tanggal keberangkatan, serta jumlah penumpang (hingga 4 dewasa dan 4 bayi), lalu ketuk “Cari”.
- Selanjutnya, pelanggan akan diarahkan ke halaman pemilihan kursi sebelum lanjut ke halaman pembayaran.
- Setelah menyelesaikan pembayaran, e-tiket yang memuat nomor pemesanan dan barcode akan dikirimkan via email dan notifikasi push dalam hitungan menit.
Situs web Traveloka bisa diakses kapan pun melalui desktop, smartphone, dan tablet yang tersedia dalam empat bahasa di enam negara Asia Tenggara. Sistem pembayaran yang aman, metode pembayaran yang beragam, mekanisme perbandingan harga antarmaskapai dan hotel, call-center yang siap melayani 24 jam, serta harga hemat dan jujur setiap hari, adalah layanan utama yang ditawarkan Traveloka.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: https://www.traveloka.com/kereta-api