BUKIT MALETAN DI SEMBALUN LOMBOK, MAU SUNRISE ADA, MAU SUNSET JUGA ADA 2024-08-07 15:00

Santai menikmati sunrise di Bukit Maletan, Sembalun, Lombok

 

Penasaran saya mencari “Bukit Maletan” di Google. Keluarnya “Magetan”. Scroll scroll…, tetap saja, tak berhasil saya menemukannya. Bukitnya memang baru ditemukan -- dalam arti belum lama didatangi untuk berwisata. Bukitnya sih tentu saja sudah lama ada. Para pendaki Gunung Rinjani yang memulai pendakian dari Desa Sembalun pasti pernah melewatinya, sebelum tiba di Pos 1.

 

Bukit Maletan dengan latar Gunung Rinjani

 

Bukit Maletan di Sembalun Lombok ini menjadi tempat favorit untuk menyaksikan sunrise maupun sunset. Karena pandangan kita baik ke arah timur maupun barat tak terhalang. 360 derajat! Di satu sisi tentu saja penampakan Rinjani yang gagah sekaligus anggun akan membuat siapa pun merasa bersyukur bisa berada di sini.

 

Sunrise cantik di Bukit Maletan

 

Rinjani terlihat di satu sisi

 

Jelang sunset di Bukit Maletan. Pandangan tak terhalang, 360 derajat!

 

 

Jangan berpikir untuk sampai ke sini mesti bersusah-payah mendaki. Nggak sama sekali! Cukup duduk manis di dalam mobil dan jalan kaki sedikit saja untuk ke spot terbaiknya. Asyik ‘kan?

 

Naik mobil ke Bukit Maletan

 

Jalan kaki sedikit ke spotnya

 

Jalanannya memang sedikit off road, kita agak terguncang-guncang di dalam mobil, maklum jalanan gunung. Tapi nggak susah-susah amat. Nggak bikin sengsara. Apalagi sepanjang jalan pemandangan cantik mengiringi senantiasa.

 

Jalanannya memang sedikit off road

 

MyTrip dan rombongan pernah ke Bukit Maletan tanggal 30 Juli 2023 dan 29 Oktober 2023. Yang pertama untuk sunset, yang kedua untuk sunrise. Sama cantiknya!

 

MyTrip di Bukit Maletan tanggal 30 Juli 2023

 

MyTrip di Bukit Maletan tanggal 29 Oktober 2023

 

Yang melegakan, di tengah pesatnya pembangunan lokasi wisata, kafe, resto maupun penginapan di Sembalun, Bukit Maletan ini tetap asli dan asri tanpa sentuhan beton. Nggak ada gazebo dengan tempat duduk nyaman. Hanya bangku kayu seadanya. Kita bisa bawa kursi sendiri untuk bersantai di sini. Tapi itu juga berarti nggak ada wahana-wahana foto seperti lazimnya tempat wisata kekinian. Bebas dari “sarang burung”, jendela-jendelaan, “lope-lope”, ayunan, dan apa pun. Tapi entah sampai kapan bertahan seperti ini. Makanya, yuk buruan ikut MyTrip ke Sembalun tanggal 30 Agustus-6 September 2024. Hubungi kami di 0811858736.

 

Hanya ada bangku kayu seadanya

 

Bawa kursi sendiri untuk bersantai di sini

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hemawati N, Mayawati NH, Ubbun Trekking Guide
Comment