PANTAI JIKOMALAMO, FAVORIT UNTUK SNORKELING DAN DIVING DI TERNATE 2020-05-05 00:00

Pantai Jikomalamo 2, aksesnya sudah nggak sulit lagi ke sini

 

Pantai Jikomalamo mungkin masih terdengar asing buat sebagian besar orang, tapi di Ternate Maluku Utara sudah populer dan bahkan jadi salah satu destinasi favorit liburan akhir pekan. Muda-mudi lokal Ternate khususnya yang suka snorkeling, free diving maupun diving sering datang ke pantai ini buat memuaskan hobi mereka karena airnya memang jernih sekali dan terumbu karangnya juga banyak. Untuk ke sini dari Bandara Sultan Babullah Ternate maupun dari pusat kotanya mudah kok. Sejak 2017 sudah ada akses jalan daratnya yang mulus, baik ke Pantai Jikomalamo 1 yang lebih dekat ke arah tanjung, maupun Pantai Jikomalamo 2 yang berada di teluk.

 

Beberapa artikel di internet yang di-upload tahun 2017 bahkan 2019 masih banyak yang menyebutkan akses ke Pantai Jikomalamo sulit, nggak ada jalan daratnya, harus naik perahu dari Pantai Sulamadaha yang memang sama-sama berada di bagian utara Pulau Ternate, menghadap Pulau Hiri.

 

Baca juga: "Tak Ada Perahu Melayang, Tapi Pantai Sulamadaha Memang Memukau"

 

Tapi waktu saya datang ke sini Oktober 2019 akses jalan darat ke sini sudah ada, aspalnya mulus bahkan. Berangkat dari situ saya penasaran, coba bertanya pada seorang teman, Sista namanya, yang pernah tinggal di Ternate sejak November 2016. Dari dia saya dapat fakta, waktu 2016 jalan aspal ke Jikomalamo 1 sudah ada. Tapi memang untuk ke Jikomalamo 2 harus menembus hutan belantara, atau naik sampan dari Jikomalamo 1. Tahun 2017 sudah ada perkembangan, sudah dibangun jalan aspal ke Jikomalamo 2.

 

Jadi salah besar kalau masih ada artikel tahun 2017 onward yang menuliskan bahwa akses jalan darat ke Jikomalamo belum ada. Mungkin mereka asal kopas artikel lama tanpa berusaha mencari tahu, bahkan mungkin yang menulis nggak pernah menginjakkan kaki ke Pantai Jikomalamo. Sayang banget, jadi menyesatkan.

 

Baca juga: "Cobain Deh Berayun di Atas Pemandangan Uang Seribu di Ternate"

 

Dari Sista juga saya tahu bahwa Jikomalamo ada dua bagian. Sayang, karena waktu saya sempit, hanya seharian dengan target keliling seluruh pesisir Ternate dan mampir di spot-spot wisata utamanya, saya hanya mampir ke Jikomalamo 1, dan sama sekali nggak main air.

 

Di Jikomalamo 1 ini di bagian ujung kiri ada dua batu karang setinggi sekitar 2,5 m dan 3 m berjejer seperti membentuk pintu masuk sebuah pura.

 

Spot 2 batu karang di Jikomalamo 1

 

Lalu agak ke tengah ada tulisan “Ternate Strait” cukup besar yang pastilah menjadi lokasi foto favorit bagi wisatawan yang datang.

 

 

Terus lagi ke kanan, ke arah bangunan milik La Conna Dive Centre, ada spot selfie lainnya bertuliskan “LOVE”. Di depan La Conna sendiri ada teras dengan monumen kecil yang di atasnya bertengger patung penyelam.

 

 

 

Kami sempat masuk dan melihat-lihat La Conna Dive Centre. Saat itu ada sekelompok wisatawan asing yang sedang melakukan persiapan penyelaman. Laut dangkal di depan La Conna ini dari atas dermaganya saja sudah terlihat jernih.

 

Melihat dari dermaga saja sudah bisa melihat ini

 

Melempar pandangan ke arah kanan, terlihat ada beberapa warung apung yang saat itu sepi pengunjung karena kami datang di hari kerja. Kalau akhir pekan sih katanya selalu ramai di sini, terutama oleh wisatawan lokal Ternate. Apalagi kalau pas libur Lebaran atau libur akhir tahun.

 

Deretan warung apung di Jikomalamo 1

 

Kejernihan air laut inilah serta keberadaan terumbu karang dan ombaknya yang tenang yang membuat Jikomalamo favorit bagi penyuka aktivitas laut. Sayang kami nggak sempat ke Jikomalamo 2 untuk merasakan keindahannya. Jadi saya tampilkan saja foto-foto Sista yang beberapa kali mengeksplor Jikomalamo 2, yang menjadi favoritnya. Memang bikin ngiler ingin ke sana lagi jadinya.

 

Jernihnya air laut di Jikomalamo 2

 

Jikomalamo 2 dan Pulau Hiri sebagai latar

 

JARAK & WAKTU TEMPUH BERKENDARA KE JIKOMALAMO 1

Dari pusat kota Ternate: 18 km, 40 menit.

Dari Bandara Sultan Babullah: 13 km, 30 menit.

Dari Batu Angus: 8 km, 14 menit (melewati Sulamadaha).

Dari Pantai Sulamadaha: 4,3 km, 7 menit.

Dari Danau Tolire Besar: 5,2 km, 11 menit.

 

Jadi dari bandara ke arah utara melewati Batu Angus dulu, baru Pantai Sulamadaha, lalu Pantai Jikomalamo, Danau Tolire Kecil, baru Danau Tolire Besar. Lihat peta berikut untuk lebih jelasnya.

 

 

Sedangkan dari Jakarta ke Ternate ada penerbangan langsung dengan durasi 4 jam. Gampang ‘kan ke sini?

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Dok. Sista Lukito
Comment
Adolph

Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it. https://lascootershop.ca

2020-07-06
Edison

Saved as a favorite, I really like your website! https://cavm-ombc.ca

2020-06-29
Cathryn

I will immediately clutch your rss as I can’t to find your e-mail subscription link or newsletter service. Do you’ve any? Kindly allow me recognise in order that I could subscribe. Thanks. Its such as you learn my mind! You appear to grasp so much approximately this, like you wrote the e book in it or something. I feel that you can do with some % to power the message house a little bit, however instead of that, this is magnificent blog. A great read. I will certainly be back. I have been browsing on-line greater than 3 hours nowadays, but I by no means discovered any attention-grabbing article like yours. It’s lovely worth sufficient for me. In my view, if all webmasters and bloggers made just right content material as you probably did, the internet will be much more useful than ever before. http://cars.com/

2020-05-21