7 BUKIT MEMUKAU DI SUMBA. TAPI ADA YANG BILANG “BEGINI DOANG?” 2020-11-13 07:35

Menanti sunset di Bukit Wairinding

 

Untuk mengagumi keindahan kawasan perbukitan di Pulau Sumba NTT diperlukan citarasa tersendiri dan rasa kelimpahan. Karena ada lho yang menukas “Begini doang?” begitu tiba di Bukit Tanarara. Mungkin dia datang saat siang terik dan musim kemarau, saat rerumputannya nampak coklat layu berdebu. Mungkin juga salah angle. Bukit-bukit di Sumba areanya sungguh maha luas. Sudut yang dieksplor bisa jadi berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Beda musim, beda pula penampakan dan sensasinya di mata maupun hati. Silakan buktikan sendiri dengan mendatangi ke-7 bukit utama di Sumba ini ya….

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Sumba

 

1. BUKIT LENDONGARA

Kebanyakan bukit-bukit cantik di Sumba berada di Sumba Timur. Tapi yang satu ini di Sumba Barat Daya, tepatnya di Desa Karuni Kecamatan Loura. Berjarak 10 km dari Bandara Tambolaka (Sumba Barat Daya), ditempuh berkendara 20 menit. Perjalanan ke sini melewati jalanan mendaki dan berliku-liku. Beberapa menit sebelum tiba di spot utama mata kita sudah dimanjakan. Apalagi setelah tiba. Gunduk-gundukan bukit yang tersaji di depan mata sungguh memesona.

 

Bukit Lendongara sebelum sunset

 

Kalau tiba di sini sebelum matahari terbenam, Trippers bisa mengeksplor bukitnya dari ujung ke ujung. Areanya cukup luas, jadi Trippers bisa berdiri di sebelah mana pun untuk menunggui sunset yang akan menyemburatkan rona merah-oranye-pink di langit.

 

Semburat sunset di Bukit Lendongara

 

2. BUKIT LAMBOYA

Di satu sisi terlihat laut di kejauhan

 

Bukit yang memiliki padang sabana luas dan datar ini menjadi arena digelarnya Pasola di Sumba Barat. Tapi lebih damai jika mendatanginya saat nggak Pasola. ‘Kemegahannya’ pun tetap terasa. Di satu sisi terlihat laut, di sisi lain lembah dengan sawah mengampar. Di arena utama Pasolanya ada tribun yang berfungsi sebagai tempat duduk penonton. Juga ada satu batu besar yang merupakan kuburan. Waktu tempuh berkendara dari Waikabubak (Sumba Barat) 30-45 menit.

 

Batu besar, kubur batu di Lamboya

 

3. BUKIT WAIRINDING

Belum sah ke Sumba kalau belum menunggui sunset ataupun sunrise di Bukit Wairinding yang bergelombang eksotis ini. Belum afdol juga kalau nggak minimal dua kali datang ke sini untuk melihat bukitnya berwarna hijau dan berwarna coklat. Pemandangan utama di sini yakni dua sisi bukit bertemu dan di dasarnya teronggok barisan pepohonan yang menggerumbul. Untuk mencapai spot utama ini nggak susah, hanya naik sedikit nggak sampai 5 menit. Dari situ kita bisa mengeksplor ke spot favorit di sebelah kiri, atau kalau mau menjauh dari keramaian bisa ke spot sebelah kanan. Atau dari spot kiri jalan lagi terus ke depan, mengikuti jalan setapak.

 

Pesona Bukit Wairinding

 

Kadang di rerumputan bukit juga berkeliaran kuda-kuda Sumba yang tentunya bisa menjadi tambahan objek foto. Ada juga jasa penyewaan kain tenun Sumba untuk dipakai berfoto.

 

Letak Bukit Wairinding di Desa Pambotanjara Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Biasanya wisatawan mampir ke sini dalam perjalanan dari Tambolaka (Sumba Barat Daya) ke Waingapu (Sumba Timur). Waktu tempuh berkendara dari Tambolaka +/-3 jam. Atau kalau ke sininya dari Waingapu berkendara 30-40 menit saja.

 

4. BUKIT MAU HAU (BUKIT PERSAUDARAAN)

Petak-petak sawah mengampar yang diselingi pohon-pohon lontar menjulang adalah pemandangan khas Bukit Persaudaraan. Dan asyiknya, lokasinya deket banget sama Bandara Umbu Mehang Kunda di Kota Waingapu Sumba Timur. Hanya berjarak 1,5 km, ditempuh 5 menit aja berkendara. Atau <10 menit kalau dari pusat kota Waingapu. Jadi untuk menyaksikan sunrise gemilang di sini nggak perlu bangun terlalu pagi. Nggak perlu trekking juga karena mobil bisa naik hingga ke lokasi mana pun di atas perbukitan yang punya pemandangan 360 derajat yang memukau ini.

 

Pemandangan khas dari Bukit Persaudaraan

 

Lubang eks Gua Jepang yang ada di atas bukit perlu juga Trippers cari ya. Kalau kuda-kuda maupun sapi-sapi yang sedang merumput nggak perlu dicari, biasanya ada aja.

 

5. BUKIT MONDU

Sama dengan Bukit Persaudaraan, ke Bukit Mondu nggak perlu susah-payah karena mobil bisa masuk ke area utama bukit di pinggir jalan yang berupa hamparan ‘salju abadi’ di atas tebing. Di sinilah kita bisa menikmati lansekap keseluruhan yang spektakuler. Barisan bukit saling bergandengan dan lembah-lembah curam yang dibelah jalanan meliuk-liuk di bawahnya.

 

Menikmati pemandangan dari atas ‘salju’ Bukit Mondu

 

Bukit Mondu berada di Desa Persiapan Hawurut Kecamatan Matawai La Pawu Kabupaten Sumba Timur, jaraknya 42 km ke arah barat laut dari Kota Waingapu. Ditempuh berkendara 1-1,5 jam. Pasti dilalui saat hendak ke Air Terjun Tanggedu, dan sebelum tiba di Bukit Mondu, kita akan melewati sabana Puru Kambera dulu.

 

Jalanan meliuk-liuk di bawah Bukit Mondu

 

6. BUKIT TANARARA

Meskipun arti namanya adalah tanah merah, tapi bukan itu pesona bukit yang berada di Desa Maubokul Kecamatan Matawai La Pawu Kabupaten Sumba Timur ini. Yang bikin mata tak berkedip tuh bentangan bukit-bukit yang ditumbuhi rumput dan pepohonan hijau yang kalau musim kemarau berubah menjadi coklat kekuningan. Di spot terbaiknya Trippers bisa melihat bentangan perbukitan sekaligus lembah yang seperti saling berangkulan. Dan karena lokasinya terbuka, tentu di sini kita bisa menanti sunrise maupun sunset.

 

Bukit Tanarara

 

Mencapai spot terbaiknya nggak perlu susah-susah karena bisa dengan mobil. Sebaiknya ke sini menjelang sore karena kalau siang panas banget dan nggak ada pohon untuk berteduh. Juga nggak ada fasilitas apa pun. Berkendara dari Waingapu 2 jam.

 

7. BUKIT TANAU/TENAU

Spot utama Bukit Tanau

 

Spot utamanya berupa lembah bergelombang akibat pertemuan dua bukit, dan di baliknyalah matahari perlahan mengendap masuk di sore hari. Tapi berhubung areanya sangat luas, eksplorlah ke segala penjuru, banyak spot cantik lainnya. Sama dengan bukit-bukit lainnya yang berada di tempat terbuka, di bukit ini baik sunrise maupun sunset akan terlihat. Waktu tempuh dari Waingapu 20-25 menit.

 

Banyak spot cantik di Bukit Tanau

 

Mobil bisa masuk ke atas Bukit Tanau

 

Baca juga:"38 Objek Wisata di Sumba. Trippers Sudah ke Berapa Tempat? (Bagian 1)"

 

CARA KE SUMBA

Dari Jakarta ke Tambolaka di Sumba Barat Daya, transit di Denpasar. Atau dari Jakarta ke Waingapu di Sumba Timur, transit di Denpasar juga.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Dok.MyTrip
Comment