5 ATRAKSI WISATA UTAMA DI CAT BA ISLAND HA LONG BAY 2020-06-04 00:00

 

Pulau Cat Ba sering disebut sebagai destinasti wisata alternatif di Ha Long Bay, Vietnam. Pulau yang berada di Teluk Lan Ha ini memiliki pemandangan alam khas Ha Long Bay, yaitu jajaran bukit kapur menawan di tengah lautan berwarna hijau zamrud. Dikenal sebagai destinasi wisata yang lebih terjangkau, pulau yang berjarak 4 jam perjalanan dari Kota Hanoi ini menawarkan hiburan yang bervariasi bagi para turis. Mulai dari wisata laut, pegunungan, hingga wisata sejarah. 

 

Trippers bisa menuju Pulau Cat Ba dengan naik shuttle bus selama 4 jam dari Hanoi. Kemudian dilanjutkan dengan naik kapal selama 30 menit. Beberapa hal lainnya yang membuat Pulau Cat Ba begitu menarik untuk dikunjungi adalah adanya koneksi internet yang cepat di hampir setiap sudut kota termasuk di pantai. Selain itu, biaya makan dan minum di Kota Cat Ba juga sangat terjangkau. Alokasikan waktu 2-3 hari untuk mengeksplor Pulau Cat Ba karena ada lumayan banyak atraksi wisata yang patut dicoba di sini.

 

Baca juga: "Tam Coc, Mirip Ramang-Ramang Atau Halong Bay On Land?"

 

1. HIKING KE TAMAN NASIONAL CAT BA

Taman Nasional Cat Ba memiliki keanekaragaman hayati terlengkap di Vietnam. Di taman nasional seluas 15.200 ha ini ada hutan bakau, hutan hujan, gunung kapur, gua, danau, serta terumbu karang. Banyak travelers yang melakukan hiking hingga ke puncak gunung di sini. Trippers bisa memilih untuk hiking ke Puncak Ngu Lam yang memerlukan waktu 45 menit sampai 1 jam atau ke puncak gunung lainnya yang memerlukan waktu 6 jam. Taman Nasional Cat Ba berjarak 15 km dari Kota Cat Ba, bisa dicapai dengan naik motor selama 30 menit atau dengan bus umum. Tiket masuknya VND 40.000 atau sekitar Rp24.500. Sebaiknya ke sini dari pagi karena taman tutup jam 5 sore.

 

2. CRUISING DAN WATER SPORTS DI LAN HA BAY

Lan Ha Bay

 

Dengan ikut paket wisata yang dijual di travel agents dan hotel, Trippers bisa menikmati view Lan Ha Bay yang menawan dari kapal pesiar. Selain itu, kita bisa berjemur di pantai, main kano, kayaking, dan juga snorkeling.

 

3. HOSPITAL CAVE

Sebuah museum yang berada di gua yang cocok dikunjungi para history buff. Pada masa Perang Vietnam gua ini digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Vietnam sekaligus tempat merawat tentara yang terluka. Hospital Cave dibangun tahun 1963-1965 dengan bantuan Tiongkok karena saat itu kedua negara merupakan sekutu. Hospital Cave terdiri dari 3 lantai, di mana lantai pertama digunakan sebagai ruang operasi, ruang perawatan, dan kantor dokter. Lantai 2 untuk kolam renang dan bioskop. Sedang lantai ketiga digunakan sebagai safe house dan kantor bagi pemimpin tentara Viet Cong. Tiket masuknya VND 15.000 atau Rp9.200.

 

4. MONKEY ISLAND

Monkey Island

 

Monkey Island biasanya dikunjungi dalam paket cruising selama beberapa hari di Lan Ha Bay. Di pulau ini ada banyak monyet yang berkeliaran, makanya dinamakan Pulau Monyet. Selain melihat monyet, Trippers juga bisa naik ke puncak bukit untuk menikmati view Lan Ha Bay yang spektakuler.

 

5. CANNON FORT

Tempat yang sempurna untuk menikmati sunset di Pulau Cat Ba. Cannon Fort yang dibangun tahun 1942 dulunya digunakan Jepang pada Perang Dunia Kedua, kemudian dipakai tentara Vietnam saat Perang Vietnam. Karena berada di ketinggian 177 mdpl dan menghadap ke Lan Ha Bay, dari sini kita bisa menikmati view Lan Ha Bay yang berwarna keemasan. Tiket masuknya VND 40.000 atau Rp24.500.

 

Cara ke Cat Ba Island silakan dibaca di sini.

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: www.visithalongbay.com
Comment