5 KULINER HANOI WAJIB CICIP. PENGGEMAR KOPI TAK BOLEH LEWATKAN YANG No.3 2020-06-08 00:00

Bun bo nam bo

 

Siapa yang belum pernah mendengar kelezatan pho? Kuliner khas Vietnam ini begitu melegenda rasa mienya dan kuahnya yang segar. Selain terkenal kelezatannya, pho juga sehat. Kuliner Vietnam memang dikenal nikmat sekaligus sehat karena menggunakan banyak sayuran. Tak heran bila reputasinya semakin mendunia. Tapi selain pho, masih ada banyak makanan khas lainnya di Vietnam, terutama di Kota Hanoi, yang juga worth to taste. Trippers bisa mencobanya baik di street food vendors maupun di restoran. Berikut dipilihkan 5 makanan yang akan membuat ngiler.

 

1. BUN BO NAM BO

Bun bo nam bo adalah mie berkuah yang terdiri dari mie putih kecil yang mirip bihun dan disajikan dengan bo (daging sapi), beberapa sayuran seperti selada, toge, mentimun, wortel, dan pepaya parut serta ditaburi kacang. Tak seperti pho yang berkuah banyak, bun bo nam bo disajikan dengan sedikit kuah.

 

 

Bun bo nam bo berarti mie bihun selatan. Hal ini karena masakan ini berasal dari Vietnam bagian selatan. Tapi di Hanoi, yang berada di Vietnam bagian utara, menu ini bisa ditemukan di banyak tempat. Salah satu rumah makan bun bo nam bo yang selalu ramai di Hanoi berada di 67 Hang Dieu, Distrik Hoan Kiem, Old Quarter, Hanoi. Di kedai ini semangkuk bun bo nam bo harganya VND 60.000 atau sekitar Rp38.000.

 

2. BUN CHA

Makanan khas Hanoi yang mendunia karena pernah disantap mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Bun cha adalah daging babi panggang yang disajikan dengan bihun, saus, sayuran, potongan cabe, serta bawang putih. Cara makannya dengan mencocol bihun, daging, dan sayuran ke dalam saus. Bun cha yang merupakan makanan asli dari Hanoi biasanya dijual menjelang makan siang hingga jam 3 sore. Setelah itu akan susah menemukan kedai bun cha yang buka.

 

 

Kalau Trippers sedang liburan ke Hanoi sempatkanlah mampir ke kedai bun cha yang juga pernah disinggahi Obama bersama Anthony Bourdain tahun 2016. Kedainya bernama Bun Cha Huong Lien yang berlokasi di Jalan Le Van Huu No.24, Distrik Hai Ba Trung, Hanoi. Harganya VND 90.000 atau Rp57.000 per porsi.

 

Baca juga: "Panduan Hemat Menyapa Sapa Di Vietnam"

 

3. EGG COFFEE

Salah satu kopi otentik Vietnam, egg coffee, ditemukan di Hanoi. Ca phe trung (egg coffee) dibuat pertama kali tahun 1946 oleh Nguyen Van Dao. Pada zaman itu susu susah didapatkan di Hanoi. Ia lalu berkreasi dengan mengganti susu dengan kuning telur.

 

 

Kini egg coffee menjadi minuman kopi khas Hanoi yang wajib dicoba kala liburan ke Vietnam. Rasanya agak kental namun tetap ringan, tak amis serta manis. Meski kini egg coffee bisa ditemukan di mana saja di Hanoi, kedai penemunya, Giang Cafe juga masih berdiri lho. Giang Cafe berada di sebuah gang sempit di 39 Nguyen Huu Huan, Old Quarter, Hanoi. 

 

4. TAO PHO

 

Ini adalah dessert khas Vietnam yang terbuat dari kembang tahu dan disajikan bersama sirup jahe dan beberapa topping yang bisa dipilih sesuai selera, misalnya bubuk matcha dan kelapa parut. Karena Hanoi memiliki 4 musim, tao pho disajikan sesuai musim. Saat musim panas, disajikan dengan es, sedangkan di musim dingin menggunakan sirup panas. Trippers bisa menemukan kedai tao pho di Old Quarter dan Dong Da. Selain enak dan menyegarkan, dessert ini juga sehat karena rendah lemak dan kaya protein.

 

5. BANH CUON

 

Banh cuon adalah lumpia khas Vietnam bagian utara yang berisi campuran daging babi, jamur kuping cincang, dan bawang merah cincang. Cara makannya dengan mencocol banh cuon ke semangkuk kuah saus ikan yang disebut nuoc cham. Sedangkan side dish-nya terdiri dari irisan mentimun, toge, dan sosis babi. Rasanya nikmat dan mengenyangkan. Sebuah kedai banh cuon di Hanoi yang terkenal beralamat di Gia Truyen Thanh Van 14 Hang Ga, Hanoi.

 

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: www.asianinspirations.com.au, IG @casynsow, Dada Sabra Sathilla, www.indochinavoyages.com, www.taste.com.au
Comment