PENGGEMAR DONGENG H.C. ANDERSEN PASTI SUKA KE KOPENHAGEN

PENGGEMAR DONGENG H.C. ANDERSEN PASTI SUKA KE KOPENHAGEN

Friday, 28-12-2018 | 08:47

Rosenborg Castle

 

Objek-objek wisata di Kopenhagen, ibu kota Denmark, mencakup pelabuhan peninggalan zaman Viking, pantai berpasir putih, bangunan dari zaman Renaissance seperti kastil, taman, istana, gereja, museum, serta jejak-jejak penulis dongeng terkenal Hans Christian Andersen. Kota yang punya indeks kebahagiaan tertinggi di dunia ini memiliki infrastruktur dan penataan lingkungan yang baik. Transportasi sangat mudah ke mana-mana, sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi. Bahkan hampir semua objek wisata di dalam kotanya bisa dijangkau dengan jalan kaki. Panduan tentang cara ke Kopenhagen silakan baca dulu di sini.

 

THE LITTLE MERMAID & KASTELLET

Ke sini: Dari Central Station naik kereta api menuju Stasiun Esterport, +/-20 menit. Dari situ 10 menit sambung jalan kaki menuju Pantai Oresund, di mana terletak Langelinie, yaitu dermaga, taman dan jalan pedestrian yang panjang.

 

Little Mermaid

 

Tidak ada tiket masuk di sini. Pertama-tama yang bisa dilihat di pantainya adalah ikon Denmark yaitu patung perunggu Little Mermaid yang didesain Edvad Eriksen tahun 1913. Patung ikan duyung sebesar manusia yang duduk di batu di dekat pantai ini berasal dari kisah dongeng karangan Hans Christian Andersen, pengarang buku dongeng terkenal asal Denmark.

 

Dari situ 10 menit menuju Kastellet –masih di lokasi Pantai Oresund-- yang adalah bekas benteng yang sekarang menjadi taman untuk umum, dibentuk menyerupai bukit-bukit hijau yang dikelilingi sungai-sungai kecil yang airnya mengalir ke sisi lain pantai.  

 

Kastellet, bukit hijau dikelilingi sungai-sungai kecil

 

Di tengah taman berdiri gereja Anglikan St. Alban’s Church yang didirikan tahun 1887. Gereja bergaya Barok ini memiliki jendela-jendela kaca yang diukir. Tidak ada tiket masuk untuk seluruh area Kastellet.

 

Turunilah perbukitan hingga sampai di bekas barak dan gudang militer yang semuanya dicat merah. Tidak seperti bekas benteng militer, malah lebih mirip desa kaum Hobbit di film Lord of the Rings.  Di dekat gereja yang dihiasi monogram Raja Frederik IV ini ada penjara dan di dekatnya ada air mancur Gefion yang dihiasi patung-patung binatang mirip banteng yang dikendarai dewa-dewi dari Mitologi Norse (mitologi Jerman Timur).

 

Jalan kaki kembali ke Stasiun Esterport, sempatkan mampir ke sebuah gereja lain lagi, Gustat Church --sebuah gereja Swedish yang menyelenggarakan pasar Natal saat menjelang Natal.

 

Baca juga: "Seberapa Gregetnya Bratislava? Ada UFO-nya!! (Bagian 1)"

 

TIVOLI GARDENS

Ke sini: Jalan kaki hanya beberapa menit dari City Hall.

Tiket masuk: DKK 110-120

Jam buka: 11.00-23.00 (Senin-Kamis, Minggu); 11.00-00.00 (Jumat & Sabtu)

 

Suasana Natal di Tivoli Gardens

 

Amusement park yang dibangun abad ke-19 ini luas dan komplet, cocok bagi segala umur. Ada permainan untuk anak-anak, pertunjukan musik, taman bunga, bangunan-bangunan historis dengan arsitektur yang eksotis, restoran yang menyajikan berbagai jenis makanan, dan selama musim dingin diselenggarakan Christmas Market. Atmosfer negeri dongeng sangat kental terasa. Jangan lewatkan mencoba naik Roller Coaster dari kayu yang dibuat sejak 1914, wahana paling tua dan paling populer di Tivoli.

 

STROGET STREET

 

Nggak jauh dari Tivoli Gardens ada Jalan Stroget yang sangat terkenal sebagai pedestrian pertokoan yang sangat panjang. Saat musim dingin di sini juga ada beberapa Christmas Market yang semuanya menjual barang-barang dengan harga miring. Cobalah redwine khas Denmark yang disebut Glogg, yaitu redwine yang disajikan hangat dicampur dengan kacang almond yang digiling dan kismis. Ini adalah minuman tradisional Denmark yang disajikan di musim dingin, terutama saat Natal.

 

MENARA BULAT (RUNDETAARN)

Jam buka: 10.00-18.00 (Senin, Kamis-Minggu); 10.00-21.00 (Selasa & Rabu)

 

 

Menara Bulat/ The Round Tower (Rundetaarn) yang bergaya Barok ini dibangun pada abad ke-17, sebagai pusat observasi astronomi. Merupakan pusat observasi tertua yang masih berfunsgi di Eropa. Sekarang publik bisa naik ke atas menara setinggi 36 m ini dengan membayar DKK 25. Dari atas menara kita dapat melihat pemandangan matahari terbit di Kota Kopenhagen secara 360°. Sangat menakjubkan!

 

KANAL NYHAVN

Berperahu menyusuri Kanal Nyhavn

 

Tak jauh dari Menara Bulat terdapat Kanal Nyhavn yang sangat terkenal dengan jejeran bangunan bercat warna-warni. Saat musim panas terutama kita bisa duduk-duduk di kafe yang berjejer di sepanjang kanal sambil mengobrol atau dengan perahu menyusuri kanal yang airnya sangat jernih. Untuk satu jam menyusuri kanal dengan perahu dipungut EUR 6 atau DKK 40. Sungguh momen yang sangat menyenangkan untuk dilewatkan bersama teman.

 

Saat musim dingin Desember menjelang Natal dan akhir tahun Kanal Nyhavn berdandan cantik dengan lampu-lampu dan dekor Natal di mana-mana.

 

O ya, penulis dongeng Denmark Hans Christian Andersen pernah tinggal di beberapa rumah yang berbeda di kawasan ini dan menghabiskan waktunya untuk menulis dongeng di sini.

 

Objek-objek lainnya yang bisa dicapai dengan jalan kaki dan/atau naik bus yang hanya berjarak 5-15 dan semua tanpa tiket masuk:

 

Statens Museum For Kunst: Melihat karya seni internasional seperti patung dan lukisan.

 

Rosenborg Castle & Garden: Ini adalah kastil Raja Christian IV yang hidup 400 tahun yang lalu, bergaya Dutch Renaissance. Yang menarik adalah koleksi permata dan mahkota ratu dan raja. Di tamannya kita bisa melihat patung H.C Andersen.

 

Botanical Garden: Dibangun tahun 1870, mengoleksi 13.000 spesies tanaman dan ada 27 rumah kaca, yang konon ada sistem pengatur udara khusus yang diciptakan untuk memelihara tanaman yang berasal dari kutub.

 

Rosenhavn Garden: Mengoleksi 176 jenis mawar yang berbunga saat musim panas.

 

Frederick’s Church: Gereja Lutheran abad ke-18, dikenal juga sebagai Marmorkirken (The Marble Church) karena banyak bagian yang dibangun dari marmer. Gerejanya sangat megah, dengan pintu masuk berbentuk dome dan dinding penuh lukisan kaca santo-santo dengan warna-warni yang menawan.

Frederick’s Church

 

Istana Amalienborg: Ini adalah istana keluarga kerajaan, dibangun tahun 1750-an. Dapat dilihat koleksi dan gaya mereka sesuai masanya, dari mulai dibangun hingga abad ke-21. Istana ini menempati area yang luas berbentuk kotak, di mana ada istana di keempat sudutnya.

Istana Amalienborg

 

NAIK KERETA BAWAH LAUT KE SWEDIA

Dari Kopenhagen kita bisa menyeberang ke Kota Malmo di Skane-Swedia dengan naik kereta yang melewati Jembatan Oresund yang terkenal. Harga tiket DKK 89. Kereta menempuh jarak sekitar 16 km dengan waktu hanya 35 menit, termasuk melewati terowongan bawah air sepanjang 4 km menyeberangi Laut Baltik. Dari kereta kita bisa melihat pemandangan laut yang biru, terasa menyegarkan.

 

Jembatan Oresund yang menghubungkan Denmark dengan Swedia

 

Tempat yang terdekat dengan Stasiun Malmo yaitu Alun-alun Stortorget (Stortoget Square), yang adalah bagian dari kota tua. Di sekeliling alun-alun berdiri bangunan-bangunan bersejarah, termasuk Gereja St. Peter, dan juga kafe-kafe yang menyediakan tempat duduk di teras luar.

 

Teks: Mia Oenoto Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


243

Back to Top