4 IDE LIBUR LEBARAN 2024 DI JAKARTA & SEKITARNYA. COBAIN YUK! 2024-04-07 00:45

Cove at Batavia PIK

 

Bagi para orangtua yang punya anak balita maupun remaja, kesempatan libur panjang seperti libur Lebaran 2024 ini pastilah ingin dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tapi ada kalanya jadwal liburan tidak bisa dipastikan sampai detik-detik terakhir. Tinggal H-3 apalagi H-1 baru bisa memutuskan. Mau ikut tur pastinya sudah ketinggalan. Tiket pesawat pun sudah melejit selangit harganya. Begitu juga tiket kereta maupun bus. Harapan terakhir, bawa mobil sendiri. Tapi pertanyaan klasiknya, “Ke mana?” Yuk MyTrip bantu.

 

1. Datangi Hidden Gem yang Dekat-Dekat Saja

Coba deh tengok Tiktok, Instagram Reels atau Youtube Shorts, ketik kata kunci atau tagar misalnya “wisata terbaru 2024 viral” atau “hidden gem …..” resto terbaru di….” atau “#tempatnongkrong…..” --isi titik-titik dengan nama kota. Maka akan banyaaaak sekali bermunculan atraksi wisata baru maupun kafe/resto baru di banyak kota di Indonesia, tergantung mana yang Trippers mau tuju. Bagi warga Jakarta, selain di dalam Kota Jakarta sendiri, wilayah Bogor (termasuk Sentul tentunya), Depok, Tangerang (termasuk Gading Serpong), Tangerag Selatan (termasuk BSD) dan Bekasi patut dilirik.

 

Setelah dapat tempat yang Trippers taksir, cari akun resminya, cek info-info terutama jam bukanya. Libur Lebaran begini minimal hari kedua atau hari pertama mulai dari siang mestinya sih tempat-tempat tersebut buka ya. Persoalan alamatnya di mana, hari gini udah bukan masalah ‘kan… Tinggal minta panduan Google Maps atau Waze. Beres!

 

O ya, dari sekian banyak tempat yang ditemukan di media sosial, bagaimana cara memilihnya supaya bener-bener dapet yang bagus tempatnya, pelayanannya, dan juga makanannya (kalau resto/kafe yang dituju)? Search saja di Google, ada banyak review di sana. Memang mungkin ada yang nggak ada review-nya. Pilihannya skip aja, atau justru itulah yang didatengin kalau Trippers tipe ‘petualang’ yang senang mencoba tempat baru.

 

Hidden gem yang dimaksud para pengisi konten di media sosial maupun versi MyTrip memang belum tentu ‘gem’ bahkan belum tentu ‘hiddenbeneran. Nggak apa-apa toh, nggak ada ruginya coba-coba. Kalau Trippers senang menulis review, setelah dari sana, tuliskan saja review yang jujur tapi bukan yang menjatuhkan ya. Kalau punya kritik tajam atau ketidakpuasan pada suatu tempat lebih baik kirim direct message daripada menuliskannya secara terbuka.

 

Hidden gem, tempat hits ataupun aktivitas di Jakarta yang pernah MyTrip datangi atau coba: Holeo Golf & Museum di Cideng Jakpus dan Huize Trivelli Heritage Resto yang dekat dari Holeo, day trip naik phinisi ke Pulau Pari, SUP boarding di Ancol Jakut, Resto Kapitan Lim di Tanah Abang Jakpus, New Sarinah di Jakpus, Pantjoran PIK di Jakut, Cove at Batavia PIK di Jakut, Golf Island Pantai Maju PIK di Jakut, Old Shanghai di Kelapa Gading Jakut, Chillax Sudirman Jaksel, SEATAP Tea & Sky di Cilangkap Jaktim.

 

Huize Trivelli Heritage Resto

 

SUP boarding di Ancol

 

Cove at Batavia PIK

 

 

Hidden gem di Bekasi: Resto Rumah Jawa JORR di Jatiwarna.

 

Resto Rumah Jawa JORR

 

Hidden gem ataupun tempat hits di Bogor: The Upper Clift Resort & Cafe Sentul, Pancar Garden, Kopi Koneng, Soekapi, Kopi Tubing Cafe & Resto, Rumah Matoa Coffee & Kitchen, Bree Coffee & Kitchen, Imah Nini Vintage Cafe & Garden Resto, Lenirra Villa & Resto. Dan banyak lagi. Silakan baca di sini dan di sini.

 

Rumah Matoa Coffee & Kitchen

 

Yang belum MyTrip datangi pastinya jauh lebih banyak lagi.

 

2. Staycation

Kalau pergi ke hidden gem di Jabodetabek ‘kan bisa pulang hari, nggak berasa liburannya dooong... Lho, siapa bilang? Trippers ‘kan bisa staycation. Pilihannya juga banyak yang menarik, salah satunya coba kulik Airbnb. Mungkin harga sedikit lebih tinggi dibanding hari-hari biasa. Yaaa… nggak jadi masalah dong, namanya juga musim liburan, wajar Trippers harus merogoh kocek sedikit lebih dalam. Selama masih masuk bujet, jangan dipikirin soal harga yang lebih tinggi. Yang penting kebersamaan dengan keluarga.

 

Pilih tempat staycation yang sesuai bujet dan preferensi, sesuaikan juga dengan tujuan hidden gem-nya. Kalau perlu staycation-nya pindah-pindah, 1 malam di Bogor, 1 malam di Tangerang, 1 malam di Depok, 1 malam di Bekasi. Atau pilih 2 tempat saja tapi masing-masing 2 malam. Setiap hari selain meluangkan waktu buat menikmati suasana kamar yang cozy, juga pergi ke hidden gem yang nggak terlalu jauh. Jadi deh libur Lebaran 5 hari 4 malam. Seru ‘kan?

 

Ada satu tempat staycation di Bogor yang sangat MyTrip rekomendasikan, namanya BSP Farm di Kecamatan Cigombong. Untuk info lebih detil silakan baca di sini.

 

Salah satu vila di BSP Farm

 

Suasana menyenangkan di BSP Farm

 

3. Ke Curug Yuk!

Nah, kalau yang ini khusus buat keluarga yang suka dengan alam. Berdasarkan pengalaman MyTrip, ada 3 kawasan di Kabupaten Bogor yang punya banyak curug alias air terjun. Yang pertama dan paling dekat dengan Jakarta serta sangat ngetop tentulah Sentul. Untuk mengenal kawasan Sentul silakan baca di sini. Curug-curug favorit yang sering dijadikan satu paket one day trip ada di artikel ini. Mau curug yang ramah anak? Ada Curug Aren, silakan baca di sini. Favorit MyTrip Curug Ngumpet, Curug Cibaliung dan Leuwi Lieuk.

 

Curug Ngumpet

 

Leuwi Lieuk

 

Yang kedua, kawasan TN Gunung Halimun-Salak, tepatnya yang masuk wilayah Kecamatan Pamijahan. Ada dua pintu masuknya yang MyTrip pernah datangi. Pertama, Wana Wisata Gunung Bunder atau kawasan wisata Gunung Salak Endah. Di jalur ini antara lain ada Curug Batu Ngampar, Curug Kondang, Curug Cigamea. Kedua, lewat Desa Ciasihan. Di jalur ini menurut MyTrip curug-curugnya lebih menarik lagi. Yang paling hits dengan ray of light-nya yang super magis adalah Curug Walet. Curug lainnya di jalur ini, silakan baca artikelnya di sini. Sementara Curug Seribu yang tertinggi di kawasan ini bisa diakses dari Gunung Bunder maupun Desa Ciasihan. 

 

Curug Walet

 

Yang ketiga daerah Jonggol. Di antaranya ada Curug Cipamingkis dan Curug Ciherang yang letaknya berdekatan, juga Curug Country. Dan tentu ada banyak lagi lainnya.

 

Coba deh menginap di vila-vila yang cukup banyak ada di kawasan Gunung Bunder, supaya bisa satu harian eksplor beberapa curug di situ, kemudian esoknya leyeh-leyeh. Esoknya lagi ke curug-curug di Desa Ciasihan. Lanjut menginap di kawasan Sentul untuk menjajal curug-curug di sana. Dapat deh libur Lebaran 3-4 hari cukup di Bogor ajah!

 

Kalau mau, coba eksplor curug-curugnya di-bundling dengan hidden gem. Bisa dapat seminggu tuh! Liburan murah-meriah tapi tak kurang berkesannya.

 

4. Rambahi Jalan Tol Baru

Pasti Trippers sudah tahu ‘kan kalau ada banyak ruas tol baru di sekitar Jakarta yang sudah sambung-menyambung. Ada Tol Cinere-Jagorawi (Cijago), Tol Jatikarya, Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja), Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Buat yang seneng nyetir juga punya rasa keingintahuan kuat, bolehlah coba susuri tol-tol ini mumpung Jabodetabek lagi agak sepi ditinggal mudik sebagian warganya. Kalau beruntung dapat pemandangan bagus juga. Tarif tolnya di beberapa ruas memang cukup mahal, dan pastinya BBM juga cukup banyak terpakai. Tapi jika dibandingkan dengan berapa bujet yang mesti dikeluarkan kalau liburan keluarga ke Labuan Bajo atau Sumba misalnya, tentu ‘liburan susur tol’ ini sangat-sangat murah.

 

Pemandangan cantik di Tol Jagorawi

 

Selamat liburan!

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Welly Yaptianto, Dok. MyTrip
Comment