DE BRAGA BY ARTOTEL MENDUKUNG SUSTAINABLE LIVING LEWAT PERSEMBAHAN KARYA MOHOI 2024-03-16 22:25

 

Kepedulian manusia terhadap gaya hidup berkelanjutan (sustainable living) terlihat semakin meningkat. Ini merupakan gaya hidup yang baik untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan demi meningkatkan kesejahteraan manusia sekarang dan selanjutnya. Menangkap trend gaya hidup tersebut de Braga by ARTOTEL mempersembahkan sebuah pameran karya seni yang mengangkat konsep gaya hidup berkelanjutan dengan menggandeng MOHOI.

 

 

MOHOI, Morotai Home Indonesia, adalah perusahaan desain Indonesia yang berfokus pada karya seni yang memiliki nilai guna gaya hidup, yang memanfaatkan lingkungan sekitar di mana selain menggunakan bahan baku yang tidak merusak lingkungan juga memiliki antusiasme kuat dalam memberdayakan komunitas lokal di seluruh kepulauan Indonesia. MOHOI menyediakan bentuk desain modern baru yang menghormati tradisi dan keahlian kerajinan lokal, serta menghargai keberlanjutan budaya di Indonesia. MOHOI bertujuan untuk bertransformasi dari gaya hidup menjadi gaya hidup baru.

 

 

Ide untuk merintis MOHOI pertama kali dicetuskan oleh Rosyid Akhmadi, sang founder dan desainer. Tahun 2013 Rosyid Akhmadi mulai melakukan penelitian intensif tentang material berkelanjutan dan ramah lingkungan bersama beberapa peneliti Indonesia dan Jepang. Dan kemudian di tahun 2015 mulai tertarik pada bahan-bahan dari varietas asli Indonesia dan pengolahan yang lebih dalam serta perhitungan struktural dengan desain futuristik yang terperinci. Ini merupakan salah satu solusi yang dipikirkan para desainer untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat pemeliharaan yang berkelanjutan dalam pekerjaan dan material, dan di sisi lain juga menyentuh dan memobilisasi sisi kemanusiaan.  

 

 

Karya seni yang diciptakan MOHOI juga variatif, tidak hanya karya seni 3 dimensi dari rotan namun juga karpet hand-tufted rugs, berkolaborasi dengan banyak seniman lokal Indonesia. Sebut saja Darbotz, Arkiv Vilmansa, Agung, Tempa Yogya, Indiguerillas, Mangmoel dan Dwi Antono Roby. Termasuk kolaborasi terbaru dalam karya pembaruan rotan MOHOI dengan desainer asal Prancis Sarah Chevillard. “Kolaborasi jadi hal yang penting supaya kita bisa terus menggali ide-ide kreatif sekaligus mengembangkan fungsi dan desain dari setiap produk Morotai Home Indonesia,” ujar Rosyid.

 

 

MOHOI juga kerap membuat workshop dan pernah diundang untuk mengikuti berbagai pameran internasional. Beberapa di antaranya adalah Chiang Mai Design Week, IFFT Interstyle Tokyo, Messe Ambiente Germany, Salone del Mobile di Milan, dan Georgetown Design Festival. Sejumlah penghargaan sudah diraih pula oleh MOHOI, seperti INACraft Emerging Award dan World Craft Council Award. Yang merupakan kebanggaan Indonesia bahwa karya seni berkelanjutan bisa diproduksi secara estetis oleh seniman asli Indonesia.

 

Reza Farhan, selaku General Manager de Braga by ARTOTEL mengatakan, “De Braga by ARTOTEL sangat concern mengenai gaya hidup berkelanjutan di mana de Braga by ARTOTEL secara bisnis fokus juga untuk menjaga lingkungan. Maka dari itu kami sangat bangga menjadi tempat untuk menyajikan karya seni dari MOHOI yang tidak hanya indah namun dalam proses pembuatannya sangat mempedulikan lingkungan dan keberlanjutannya.”

 

Pameran Seni MOHOI dan showcase berlangsung dari tanggal 15 Maret 2024 hingga 31 Desember 2024. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi +62 78 2596 0316.

 

Tentang de Braga by ARTOTEL

Terletak di Jalan Braga No. 10, Bandung Jawa Barat, de Braga by ARTOTEL adalah hotel ke-6 yang dioperasikan oleh ARTOTEL Group dan menjadi hotel pertama dari kategori Curated Collections. Hotel de Braga by ARTOTEL memadukan unsur legendaris kawasan Braga yang kental dengan suasana peninggalan zaman kolonial Belanda dan karya seni kontemporer yang menjadi ciri khas dari setiap properti yang dikelola ARTOTEL Group. Menempati gedung pertokoan Sarinah yang dikembangkan menjadi gedung baru dengan 14 lantai, namun tetap memperpertahankan ciri arsitektur lama pada bagian façade-nya, desain interior de Braga by ARTOTEL menampilkan gaya modern minimalis yang dipadukan dengan sentuhan Art Deco.

 

Tentang ARTOTEL Group

Adalah manajemen operator hotel Indonesia yang mengintegrasikan 4 unit bisnis, Hotel (Stay), Food & Beverages (Dine), Event Management (Play), & Curated Merchandise (Shop). Dengan mengusung konsep brand Gaya Hidup, ARTOTEL Group menawarkan berbagai pilihan akomodasi dari hotel ekonomis, butik, kelas menengah hingga hotel mewah untuk memenuhi kebutuhan akomodasi dari semua target market. Memiliki berbagai pilihan brand,  ARTOTEL, DAFAM, MAXONE, ROOMS INC, dan Brand Waralaba KYRIAD, dengan jumlah lebih dari 100 hotel dan 10.000 kamar tamu yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Di bidang Food & Beverage, ARTOTEL Group menyediakan jasa pengelolaan Restoran, Bar, dan Beach Club. Melalui Event Management, ARTOTEL Play dan Curated Merchandise dengan brand MART, ARTOTEL Group memiliki visi memajukan industri kreatif Indonesia dengan mendukung para seniman muda untuk berkarya melalui kolaborasi yang diciptakan berupa kegiatan pameran, pertunjukan, workshop, dan produksi merchandise berkarakter seni yang dapat dipakai sehari-hari dengan harga terjangkau.  

 

Untuk memberikan penghargaan kepada para tamu, ARTOTEL Group memiliki program loyalti Artotel Wanderlust dengan memberikan keuntungan lebih bagi para tamu yang mendaftar sebagai anggota Artotel Wanderlust, antara lain potongan harga kamar maupun F&B hingga 50%, serta mendapatkan reward point. Artotel Wanderlust dioperasikan melalui aplikasi digital yang dapat diunduh melalui sistem aplikasi IOS dan Android dengan pendaftaran secara cuma-cuma dan mudah.

 

Brand ARTOTEL: ARTOTEL, ARTOTEL Suites, ARTOTEL Curated, ARTOTEL Portfolio, ARTOTEL Casa, ARTOTEL Villa, Rooms Inc, Bobotel. Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Batam, Bali.

Brand DAFAM: Grand Dafam, Grand Dafam Signature, Hotel Dafam, Dafam Express, dan Dafam Collections. Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Semarang, Jawa Timur, Bali, Lombok, Pekanbaru, Kalimantan Selatan, & Sulawesi Selatan.

Brand MAXONE: MAXONE, NITE & DAY, ZIA, RUMA RUMA, MARC, ONE OF A KIND. Jakarta, Anyer, Ambon, Bali, Batam, Bintan, Balikpapan, Bekasi, Belitung, Bogor, Boyolali, Jayapura, Lombok, Malang, Makassar, Palembang, Sabang, Semarang, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta.

Brand Waralaba KYRIAD: Jakarta, Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Papua.

F&B Outlets: Double Chin, Lidah Lokal, ROCA, BART, BISTRO de Braga, B10 CAFÉ, Fat Elephant, 11/12 Rooftop Bar, Slide Bar, Terra All Day Dining, Barley & Barrel, Meet n Eat, One Deck Gastropub, La Gazette, Posana All Day Dining, Yin & Yum, Salute Bar, Caldera at ARTOTEL Cabin Bromo dan Tip Tap Toe Day Club.

 

 

Teks & Foto: Istimewa
Comment