SUDAH PADA TAHU BELUM, ADA LAGUNA BENING DI TRENGGALEK?

SUDAH PADA TAHU BELUM, ADA LAGUNA BENING DI TRENGGALEK?

Thursday, 04-04-2019 | 18:09

Laguna di Pantai Rajaan Mbulu

 

Keberadaan laguna memang cukup langka. Tidak semua pantai memiliki cekungan mirip kolam alami yang berair bening. Di Jawa Timur misalnya, laguna yang sejauh ini terdeteksi MyTrip hanya ada 3, 2 di antaranya di Pantai Kedung Tumpang dan Pantai Kali Pucung Kabupaten Tulungagung serta 1 lagi bernama Teluk Bidadari yang tak jauh dari Pantai Mbehi, Kabupaten Malang.

 

Baru-baru ini mencuat nama sebuah desa di Kabupaten Trenggalek karena pesona pantainya, pantai itu adalah Pantai Rajaan. Lalu apa daya tarik Pantai Rajaan? Pantai yang terletak di Desa Ngulungkulon Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur ini ternyata juga memiliki sebuah laguna. Tak hanya itu, Pantai Rajaan juga terbagi menjadi 3 wilayah, yakni Pantai Rajaan Kulon (Barat), Pantai Rajaan Wetan (Timur) dan Pantai Rajaan Mbulu di mana masing-masing bagian memiliki karakter yang berbeda.

 

1. Pantai Rajaan Kulon (Barat)

 

Pantai Rajaan Kulon tidak memiliki garis pantai, alhasil pemandangan hanya bisa dinikmati dari atas tepatnya di area persawahan milik warga. Meski demikian, Pantai Rajaan Kulon tetap menarik dengan perpaduan panorama birunya laut selatan dengan hijaunya persawahan dan juga beberapa pepohonan kelapa.

 

2. Pantai Rajaan Wetan (Timur)

 

Sama halnya dengan Pantai Rajaan Kulon, pantai ini juga hanya bisa dinikmati dari atas. Namun pembedanya terletak pada panorama pantai yang bisa dinikmati dari atas tebing yang cukup mudah dijangkau. Uniknya, pada tebing tersebut terdapat jalur air. Dari situ terbentuklah air terjun mini yang mengalir dari sungai turun menuju laut lepas. Selain itu, terdapat pula cekungan kecil berukuran 4 m2, sehingga nampak seperti kolam alami yang letaknya di atas pantai.

 

3. Pantai Rajaan Mbulu

Ini dia pantai yang menjadi primadona Pantai Rajaan, Pantai Rajaan Mbulu. Keunggulan Pantai Rajaan Mbulu adalah, terdapatnya laguna dengan air bening biru kehijauan yang sangat aman dimanfaatkan untuk berenang pada saat air laut sedang surut. Laguna tersebut seolah terapit oleh 2 buah tebing sehingga aman dari hantaman ombak. Laguna Pantai Rajaan Mbulu bisa dinikmati mulai pagi hingga siang hari sekitar pukul 12.00, selebihnya air laut perlahan mulai pasang dan tidak aman untuk berenang.

 

Baca juga: "Seruling, Batu Sphinx dan Kubangan Hati di Pantai Klayar"

 

Pantai Rajaan sedang berada pada tahap pengembangan. Untuk mencapai lokasi membutuhkan perjuangan cukup panjang. Akses jalan yang kurang baik salah satu alasannya. Mobil sih masih bisa lewat, namun tetap waspada mengingat sempitnya jalan dan cukup licin saat musim hujan.

 

Pantai Rajaan bisa diakses melalui Stasiun Tulungagung dengan jarak sekitar 75 km atau kurang lebih 2,5 jam berkendara. Sementara ini tiket dan parkir kendaraan masih gratis. Fasilitas umumnya belum ada.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


989

Back to Top