HARUS KEPO KALAU KE PANTAI KEPO DI PULAU SABU NTT 2020-03-29 00:00

 

Sudah jauh-jauh dan perlu usaha lebih untuk datang ke Pulau Sabu atau Sawu di Nusa Tenggara Timur, tentu sayang kalau hanya datang ke Kelabba Madja yang sudah viral dan memang cantiknya kebangetan itu. Apalagi karena pulau kecil di sebelah barat Kota Kupang yang ditetapkan menjadi Kabupaten Sabu Raijua bersama Pulau Raijua tahun 2008 ini menyimpan banyak pesona yang lain. Salah satunya Pantai Kepo.

 

Namanya memang unik, apalagi di telinga anak gaul Jakarta. Walaupun tentu tak ada kaitannya nama Pantai Kepo dengan kata kepo, tapi memang kalau Trippers ke sini kudu kepo. Kalau nggak kepo, rugi deeeh.... Lho, maksudnya apa?

 

Baca juga: "Ada Tabu yang Tak Boleh Dilanggar di Kampung Adat Namata di Pulau Sabu"

 

Begitu tiba di tempat parkir lalu turun jalan kaki sedikit menuju lokasi pantainya, kita akan tiba di sebuah lopo-lopo alias gazebo. Memandang ke arah depan, terlihat garis pantainya sempit, ada di bawah kita, dan dikungkungi tebing. Tidak ada jalan setapak untuk turun. Air lautnya biru terang, sementara cukup jauh dari bibir pantai ada formasi batu karang, tapi tidak cukup unik apalagi Instagenik. Yaaah... biasa banget pantainya.

 

Penampakan pantai yang pertama kali terlihat

 

Eitsss.... Jangan pulang dulu. Itulah kenapa kita kudu kepo. Coba jalan terus melewati lopo-lopo kedua yang bercat biru terang, naiki bukit karang di dekatnya. Atau jalan kaki memutar sedikit hingga tibalah kita di sisi lain pantai yang lebih cantik tentunya.

 

Wawww.... Decak kagum pasti terlontar. Dari pijakan batu-batu karang terlihat di bawah sana ada dua lengkungan pantai yang dipisahkan gugusan batu karang menjulang di tengahnya. Mirip angka tiga jadinya.

 

Pantai Kepo yang terlihat setelah kita kepo menaiki gundukan batu karang. Garis pantainya jadi mirip angka 3

 

Berfoto di atas hamparan batu-batu karang dengan latar pantai di belakangnya cakep deh pokoknya. Kami tak melihat ada jalan turun ke arah pantainya. Tapi kalau mendatangi pantainya dari sisi lain, mungkin kita bisa mencapai pasir pantainya.

 

 

 

 

Sejauh pantauan MyTrip, Pantai Kepo yang berada di Desa Halapadji Kecamatan Sabu Liae ini nggak memberlakukan tiket masuk. Tapi sejak pantai ini ditetapkan sebagai salah satu dari 9 objek wisata penyangga destinasi unggulan Kelabba Madja mungkin saja sudah ada tiket masuk. Waktu MyTrip datang Juni 2019 hanya ada warga lokal yang menghampiri dan meminta kami mengisi buku tamu. Mengisi buku tamu berarti kita diharapkan donasinya. Berilah serelanya.

 

Semoga pantai yang cantik ini makin diperhatikan dan dilengkapi fasilitas penunjang oleh dinas pariwisata setempat.

 

Cara ke Pulau Sabu silakan baca di sini.

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo
Comment