PANDUAN CERDAS EKSPLOR TAMAN NASIONAL BALI BARAT 2020-07-24 14:20

Rusa jantan di Pulau Menjangan

 

Tak diragukan lagi, primadona Taman Nasional Bali Barat adalah burung jalak Bali yang anggun dan Pulau Menjangan dengan dunia bawah lautnya yang memesona. Keberadaan taman nasional ini memperkaya pariwisata Bali yang memang sudah kaya. Dan lagi, karena ditunjang infrastruktur, taman nasional ini mudah dijangkau maupun dieksplor.

 

Baca juga: “Panduan Eksplor Taman Nasional Baluran

 

Taman Nasional Bali Barat yang luasnya 19.026 ha terdiri dari berbagai jenis hutan dan sabana. Topografinya dipengaruhi oleh sisa-sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene. Di daratannya ada hutan bakau, hutan pantai, hutan hujan dataran rendah, sabana. Di lautnya ada laut dangkal dan laut dalam, padang lamun, gugusan terumbu karang, dan tentunya pantai berpasir putih.

 

Ada sekitar 160 spesies flora dan fauna yang hidup dan dilindungi di taman nasional ini. Ada banteng, rusa, lutung, kalong dan beragam jenis burung, salah satunya burung endemik Bali yang mendekati punah, si pesolek jalak Bali. Jalak Bali yang juga disebut curik Bali berbulu seputih kapas dengan coretan biru melintang di mata. Untuk menemukannya di TN Bali Barat, lokasi tepatnya di Semenanjung Prapat Agung, khususnya Teluk Brumbun dan Tanjung Gelap. Tentu memerlukan keberuntungan untuk bisa menemukannya di alam liar. Tapi tidak demikian halnya dengan rusa maupun lutung yang berkeliaran bahkan ke dekat jalan raya utama.

 

Baca juga: “100+ Destinasi Wisata Domestik yang Bisa Jadi Pilihan Di Era Next Normal. Bagian 1: Bali"

 

TN Bali Barat berada di dua kabupaten yaitu Jembrana (tepatnya di Kecamatan Melaya) dan Buleleng (tepatnya di Kecamatan Gerokgak). Gerbang masuknya: Gilimanuk. Gilimanuk lebih dekat dicapai dari Bandara Blimbingsari Banyuwangi Jawa Timur daripada dari Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali.

 

Pelabuhan Gilimanuk

 

CARA KE TN BALI BARAT

Dari Jakarta terbang ke Banyuwangi (1,5 jam), sambung dengan mobil ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi (45 menit). Kemudian naik kapal ferry menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali yang jadwal berangkatnya kapan saja dan kapalnya banyak, dengan ongkos hanya Rp6.500 (untuk orang). Durasi perjalanan laut 45-60 menit.

 

Dari Pelabuhan Gilimanuk naik mobil hanya sekitar 5 menit sudah tiba di gerbang masuk TN Bali Barat. Kalau untuk sampai ke pelabuhan menuju Pulau Menjangan sekitar 15 menit. Jalanan aspal mulus. Boleh dibilang inilah taman nasional yang paling mudah dijangkau dan dieksplor.

 

Kalau dari Denpasar ke TN Bali Barat lewat jalur tengah sekitar 3,5 jam dengan mobil.

 

Baca juga: “Pulau Menjangan Bali, Cocok Buat Weekend Getaway

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Juni-Agustus.


KEGIATANNYA

- Snorkeling atau Menyelam di Perairan Pulau Menjangan

Di sekeliling Pulau Menjangan terdapat banyak spot penyelaman atau snorkeling dengan karakter yang bervariasi, ada slope, ada pula wall. Semua level penyelam cocok menyelam di Menjangan, tinggal pilih spot berdasarkan kemampuan menyelamnya. Bahkan para peminat try scuba aman menyelam di sini, terutama di spot Sandy Slope dan Coral Garden.

 

Underwater Pulau Menjangan

 

Try scuba adalah kegiatan menyelam yang diperuntukkan bagi orang yang belum punya lisensi menyelam tapi ingin mencoba menyelam dengan didampingi instruktur. Bagi penyelam yang sudah berpengalaman jangan lewatkan turun di Cave Point, ada electric clam, dan tentu aneka penghuni laut lain.

 

Try scuba di Pulau Menjangan

 

- Menjumpai Satwa Liar

Di beberapa tempat termasuk di pantai-pantai Pulau Menjangan kita bisa berjumpa dengan kawanan rusa. Makanya dinamai Pulau Menjangan karena memang banyak menjangan (rusa di pulau ini). Di beberapa spot lain kadang kita juga bisa melihat lutung. Atau kalau beruntung ya ketemu banteng.

 

Lutung

 

- Bird watching

Cobalah peruntungan dengan mendatangi Teluk Brumbun ataupun Tanjung Gelap. Siapa tahu Anda bisa bertemu jalak Bali di habitat aslinya. Kalau nggak beruntung, Anda tetap bisa melihat jalak Bali di penangkarannya yang ada juga di TN Bali Barat ini.

 

Jalak Bali

 

- Piknik di Pantai Karang Sewu

Pantai yang berada di teluk ini sarat dengan hutan bakau. Suasana yang adem dan nyaman menjadikannya tempat yang pas untuk piknik. Jangan lewatkan sunrisenya yang memukau.

 

Sunrise di Pantai Karang Sewu

 

PENGINAPANNYA

Banyak penginapan di kawasan TN Bali Barat, walaupun semuanya di daratan Bali, tidak ada yang di Pulau Menjangan karena memang tidak diizinkan membangun hotel atau resor di pulau tersebut. Ada resor yang sangat mewah dari grup hotel besar dengan tarif Rp3 jutaan, banyak pula penginapan sederhana yang dikelola warga lokal yang tarifnya sangat bersahabat, Rp250.000 per malam (kamar AC, ada Wi-Fi, dan sudah termasuk sarapan).

 

Hanya ada pura di Pulau Menjangan


 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Budi Astawa, Mayawati NH, Phillipe Ganz, Wiryawan
Comment