ITINERARY 10 HARI JELAJAH SEMENANJUNG BALKAN 2020-11-06 00:00

Cantiknya Laut Adriatik di sepanjang Semenanjung Balkan

 

Semenanjung Balkan yang antara lain terdiri dari negara Serbia, Bosnia & Herzegovina, Kroasia dan Montenegro mungkin tadinya bukan destinasi utama bagi wisatawan Indonesia yang ingin ke Eropa. Tapi berhubung negara-negara di Eropa Tenggara ini sudah membuka pintunya untuk wisatawan Indonesia tanpa syarat yang berat sehubungan dengan masa pandemi Covid-19, mungkin sekarang banyak pejalan dari Indonesia meliriknya. Serbia malah sudah membolehkan wisatawan WNI masuk tanpa visa. Apalagi sesungguhnya negara-negara ini berlimpah pemandangan cantik. Seperti eksotiknya kota-kota tua Dubrovnik yang dikelilingi benteng, cantiknya Laut Adriatik, nikmatnya secangkir kopi di Sarajevo, kota di mana kedai kopi pertama dibuka di bumi Eropa. Semuanya fantastik.  

 

Baca juga: “9 Negara Ini Sudah Buka untuk Semua Turis Internasional Tanpa Tes Maupun Karantina. Mau Ke Sini?

 

Keempat negara ini kalau mau dieksplor semuanya tentu butuh waktu berminggu-minggu. Tapi dengan durasi 10 hari, dengan mengikuti rekomendasi itinerary ini, niscaya sudah mencakup yang wajib dan menarik.

 

Baca juga: “Ini Dia 18 Negara Lagi yang Membolehkan Indonesia Masuk ke Negaranya Tanpa Karantina (Bagian 1)

 

REKOMENDASI ITINERARYNYA SEPERTI INI:

Hari 1 . Jakarta - Belgrade (Serbia) - Sarajevo (Bosnia & Herzegovina)

- Tiba di Bandara Belgrade/Beograd Serbia langsung naik shuttle bus ke terminal bus.

- Lanjut naik bus tujuan Kota Sarajevo di Bosnia & Herzegovina (8 jam perjalanan). Kalau ada waktu sebelum bus berangkat, bisa menikmati Belgrade dulu di sekitar terminal.

 

Hari 2. Eksplor Sarajevo (Bosnia & Herzegovina)

Kawasan Stari Grad

 

- Srebrenica Exhibition. Sebuah galeria tempat dipamerkannya foto-foto perang di Bosnia.

- Kawasan Stari Grad. Titik pertemuan antara budaya Asia dan Eropa. Salah satu peninggalannya Beg’s Mosque, masjid kuno yang memesona, dan Gereja Cathedral of Jesus's Heart, katedral terbesar di Bosnia yang mirip Gereja Notre-Dame di Paris.

Beg’s Mosque

 

- Makan siang: punjene paprike (paprika segar berisi daging cincang yang dipanggang) dan menu utama cevapcici (kebab dengan isian daging domba panggang dan sayur-sayuran segar). Coba juga minum kopi di kedai-kedai kopi ala Turki.

- Check in hotel di Sarajevo.

 

Hari 3. Perjalanan Sarajevo (Bosnia & Herzegovina) – Dubrovnik (Kroasia)

- Naik bus umum dari Sarajevo ke Dubrovnik di Kroasia (perjalanan +/-4 jam, sudah termasuk proses imigrasi di perbatasan). Satu jam sebelum tiba pemandangan yang terhampar adalah laut lepas berwarna biru muda. Itulah Laut Adriatik.

- Check in hotel di Dubrovnik.

Info turis: Dubrovnik adalah kota di dalam benteng. Lokasi penginapan pun dibagi dua, di dalam dan di luar benteng. 

 

Hari 4. Eksplor Dubrovnik (walking tour)

- Eksplor kota tua Dubrovnik dengan ikut walking tour yang ditawarkan di alun-alun, biasanya dimulai pkl.10.00 dengan durasi sekitar 2 jam.

- Tur dimulai dari air mancur Onofrio, lalu menuju Jalan Prijeko ke pelabuhan tua. Sepanjang kota tua itu terlihat benteng dari batu kapur setinggi 25 m dengan panjang 2 km. Dubrovnik memiliki banyak gereja tua, seperti Gereja Fransiscan Monastery, Dominican Monastery dan Church of St. Sebastian. Semua gereja ini berada dalam satu area, dan termasuk dalam walking tour.

Dubrovnik, didominasi benteng dari batu kapur

 

Hari 5. Eksplor Kuliner Dubrovnik

- Ratusan rumah makan, kedai kopi, toko roti sampai toko gelato siap menyambut. Terlebih saat musim semi, musim panas dan awal musim gugur. Bukan saja menu lokal, namun juga tersedia menu internasional seperti spageti dan burger.

Jalan kecil di antara bangunan disulap menjadi resto saat mulai senja

 

- Nikmati juga kehidupan malamnya. Semakin malam semakin meriah.

 

Hari 6. Perjalanan Dubrovnik (Kroasia) - Kotor (Montenegro)

- Naik bus menuju Kota Kotor di Montenegro (+/-3 jam).

- Montenegro berarti Pegunungan Hitam karena memang dikelilingi pegunungan batu berwarna hitam. Area favorit penginapan di dalam kota tua. Tapi di sini banyak gang kecil yang memudahkan orang tersesat.

- Check in hotel di Kotor.

 

Hari 7. Eksplor Kota Kotor

- Gereja Katedral St. Tryphon. Jangan sampai nggak berfoto dengan latar belakang gereja yang terletak tepat di tengah alun-alun dengan latar belakang city wall.

Gereja Katedral St. Tryphon

 

- City Wall memiliki pintu masuk menuju atas, tapi berbayar ya. Untuk mencapai puncaknya harus melalui ribuan tangga batu yang sempit. Dari atas, pemandangan Kota dan Teluk Kotor sungguh indah, cantik dan menakjubkan.

- Makan siang di resto yang menyajikan masakan khas Montenegro. Salah satu menu wajibnya balsica tava, olahan daging sapi muda dimasak dengan kentang, wortel, krim susu, peterseli serta bawang bombay. Menu lain lignje na zaru atau cumi bakar.  

Cumi bakar khas Balkan

 

Hari 8. Perjalanan Kotor (Montenegro) - Belgrade (Serbia)

- Naik bus dari Kotor kembali ke Belgrade (perjalanan 12 jam).

 

Day 9. Eksplor Belgrade

- Keliling kota dimulai dari Republic Square (alun alun kota), yang letaknya ditandai dengan patung Mihailo Obrenovic yang sedang mengendarai kuda. Republic Square dikelilingi beberapa bangunan tua seperti National Theater, National Museum dan Knez Mihailova Street.

Republic Square

 

- Balai kota Belgrade yang dulunya adalah The Old Royal Palace. Di depannya terdapat The National Assembly of Serbia. 

The National Assembly of Serbia

 

- Jangan lewatkan hiburan malamnya. Di sepanjang Jalan Skadarlija terdapat puluhan kafe, restoran dan klub malam. Ingar-bingar dentuman musik hidup dari band senantiasa menemani pengunjung sampai pagi.

 

Hari 10. Belgrade - Jakarta

 

Penerbangan ke Belgrade Serbia:

Pilihan utamanya Turkish Arlines dengan transit di Istanbul. Durasi penerbangan termasuk transit 16-23 jam (tergantung lamanya transit). Turki tak mensyaratkan PCR test maupun karantina bagi semua wisatawan.

 

Visa:

Kecuali Serbia, 3 negara lainnya mensyaratkan Visa Schengen bagi WNI.

 

Rekomendasi waktu kunjungan:

Mei – Oktober sehubungan dengan cuaca yang cocok dengan kita.

 

Peta Semenanjung Balkan

 

Info tambahan:

Selain Serbia, Bosnia & Herzegovina, Kroasia dan Montenegro, negara Balkan lainnya adalah: Albania, Bulgaria, Kosovo, North Macedonia, Rumania, Slovenia.

Teks: Fabiola Lawalata Foto: discover-montenegro.com, Fabiola Lawalata, kasadoo.com, Shutterstock, tob.rs, Wikipedia Peta: VectorStock
Comment