IFRA BUSINESS EXPO 2024: MEMBUKA JARINGAN BISNIS WARALABA DI INDONESIA 2024-08-16 10:05

 

Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bersama Dyandra Promosindo kembali menggelar perhelatan The 22nd IFRA Business Expo 2024. Expo ini dirancang untuk menghubungkan bisnis, menciptakan inovasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi waralaba di Indonesia. Pameran waralaba unggulan di Indonesia ini berlangsung tanggal 16-18 Agustus 2024 di JCC Senayan serta 16 Agustus sampai 16 September 2024 untuk virtual expo di situs www.ifra-indonesia.com.

 

Data dari Kementerian Perdagangan menunjukkan, sampai 6 Mei 2024, pemberi waralaba dalam negeri tercatat sebanyak 145 Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) dengan didominasi di Pulau Jawa. Bisnis waralaba cenderung lebih diminati para pelaku UMKM karena dinilai lebih mudah dipasarkan, berkembang, dan menguntungkan. Atas dasar itu, AFI dan Dyandra Promosindo menyelenggarakan pameran IFRA Business Expo 2024. IFRA diharapkan menjadi platform yang efektif untuk bertukar pengetahuan, memperluas jaringan bisnis serta membuka peluang investasi ke luar negeri. Selain itu IFRA Business Expo juga menawarkan peluang bisnis menarik dan menguntungkan bagi para calon pengusaha.

 

Dalam penyelenggaraan tahun ini IFRA Business Expo 2024 diharapkan dapat menjadi wadah

bagi usaha kecil menengah untuk bisa bertumbuh dan berkembang menjadi usaha-usaha

unggulan. Mengingat banyak juga usaha yang dimulai dari skala home industry yang dapat

berkembang menjadi usaha mapan.

 

Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar mengatakan industri waralaba di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini diharapkan dapat mendorong UMKM menguasai pasar Indonesia. “Pameran ini diharapkan dapat mengenalkan pola franchise yaitu menggiatkan perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan serta mendorong pertumbuhan waralaba lokal. Dua hal ini merupakan tujuan utama dalam mengembangkan bisnis waralaba di Indonesia," ucap Anang Sukandar dalam acara Konferensi Pers IFRA Business Expo 2024.

 

Sementara itu Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung mengatakan,

penyelenggaraan IFRA ini merupakan komitmen dan konsistensi Dyandra Promosindo dalam

mendorong pertumbuhan industri waralaba di Indonesia. "Selama lebih dari satu dekade, Dyandra dan AFI sudah bekerjasama dalam menyelenggarakan IFRA. Kami konsisten dalam menyelenggarakan pameran ini, karena tidak hanya sekadar jadi ajang untuk memamerkan bisnis waralaba, namun juga ajang networking antara para pengusaha dengan calon pengusaha. Berkembangnya sektor ini juga akan memberikan efek domino yang positif terhadap peningkatan perekonomian Indonesia serta terciptanya lapangan pekerjaan baru," ucap Daswar.

 

Sebagai Platinum Sponsor pada tahun ini, Pertamina Patra Niaga ikut meramaikan IFRA

Business Expo 2024. Booth Pertamina Patra Niaga hadir di IFRA Business Expo 2024 selama

penyelenggaraan berlangsung. Dalam kesempatan ini, calon mitra dapat menggali informasi

untuk membuka usahanya di SPBU. "IFRA 2024 menjadi peluang bagi kami untuk mengenalkan Bisnis Non Fuel Retail khususnya di SPBU Pertamina. SPBU Pertamina saat ini sudah berkembang lebih baik, tidak hanya sebagai tempat pengisian BBM, namun juga sebagai ekosistem bisnis retail/commercial retail area dimana banyak hal dan fasilitas yang bisa didapatkan di SPBU. Pertamina Patra Niaga membuka peluang untuk bermitra dengan pelaku bisnis baik brand internasional, nasional, lokal maupun UMKM dalam mengembangkan bisnisnya di SPBU Pertamina. Selain lokasi yang strategis dan jaringan SPBU yang luas dengan lebih dari 6.000 SPBU tersebar di seluruh Indonesia, SPBU Pertamina juga memiliki traffic pengunjung yang sangat tinggi, harga sewa yang kompetitif, keamanan terjamin serta fasilitas yang lengkap dan memadai. Untuk informasi lebih lanjut

dapat langsung berkunjung ke booth Pertamina Patra Niaga di IFRA 2024 atau menghubungi call center Pertamina 135," ucap Mars Ega Legowo Putra, Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga.

 

Pertamina Patra Niaga membuka peluang seluas-luasnya dalam mengembangkan bisnis NFR di SPBU. Saat ini, yang sudah beroperasi adalah minimarket, bisnis food and beverages,

perbankan, logistisk, nitrogen, autocare, dan media periklanan. Selain itu, ada juga peluang

kerja sama di bidang kendaraan listrik, seperti Charging Station (SPKLU) atau Battery Swapping Station (SPBKLU), serta di bidang digital dan aplikasi, melalui program loyalty di MyPertamina.

 

Untuk mencari lokasi SPBU strategis bagi bisnis calon mitra atau informasi lainnya, calon mitra dapat melihat katalog SPBU di mitraspbu.com atau menghubungi Pertamina Call Center 135.

 

IFRA BUSINESS EXPO 2024 SIAP HADIRKAN PROGRAM BARU DAN RAGAM KEGIATAN

IFRA Business Expo 2024 menghadirkan pameran yang menampilkan produk, layanan, dan

teknologi mutakhir di berbagai industri dari merek lokal maupun internasional yang tahun ini

diramaikan dengan partisipasi dari Singapura dan Korea Selatan.

 

IFRA Business Expo 2024 juga dilengkapi dan dimeriahkan oleh sederet program menarik seperti seminar, talkshow, serta program business matching yang akan membuka dan memperluas peluang jaringan, dan yang terbaru ada IFRA Content Clash, IFRA Poster Competition, dan IFRA Women’s Talk.

 

IFRA Business Expo 2024 menargetkan lebih dari 58.000 pengunjung meliputi mahasiswa,

karyawan, ibu rumah tangga, calon pensiunan, dan terbuka bagi semua orang yang mencari

peluang investasi yang menjanjikan. Pameran ini juga diikuti oleh 225 perusahaan dan 325

brand peserta pameran dari berbagai sektor industri, mulai dari makanan dan minuman,

pakaian, kesehatan, dan kecantikan, pendidikan, hingga teknologi dan inovasi dengan total

target transaksi sebesar Rp1,5 triliun.

 

Para pengunjung dapat hadir dengan membeli tiket senilai Rp60.000 per orang melalui situs

ifra-indonesia.com dan pengunjung juga dapat melakukan pembelian tiket secara langsung di Jakarta Convention Center saat acara berlangsung. Dalam rangka memeriahkan HUT RI dan HUT Kompas Gramedia ke-61, IFRA memberikan promo khusus sebesar 61% pada tanggal 17 Agustus 2024 untuk 610 pembeli pertama.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang IFRA Business Expo 2024 dan pendaftaran, kunjungi situs resmi IFRA Indonesia di www.ifra-indonesia.com, serta ikuti akun Instagram @ifra_expo.

 

 

Teks & Foto: Istimewa
Comment