YUK KITA BUKA PETA NTT UNTUK MENGENALNYA LEBIH DEKAT 2019-04-28 00:00

Bandara El Tari Kupang dengan lambang sasando raksasa

 

NTT, Nusa Tenggara Timur, sebuah provinsi di bagian timur Indonesia yang potensi wisatanya luar biasa. Pastinya semua orang Indonesia tahu. Tapi taruhan deh, nggak semua tahu persis NTT itu terdiri dari pulau apa aja? Tanpa googling mungkin banyak yang nggak bisa jawab pertanyaan ini. Atau paling tahunya cuma Kupang, Flores, Labuan Bajo, Sumba. Itu pun nggak ngerti letaknya di mana. Jangan-jangan malah banyak yang nggak tahu kalau Kupang dan Labuan Bajo itu beda pulau?

 

Kantor Gubernur NTT di Kupang

 

Atau, nah ini pengalaman nyata, waktu saya menawarkan trip Timor Overland, banyak yang merespons, “Ke Timor Leste?” Nah kaaan, kalau disebut Timor, orang-orang tahunya Timor Leste, atau yang dulu namanya Timor Timur waktu masih jadi bagian Indonesia. Pada nggak ngeh kalau Pulau Timor itu ada bagian timur yang menjadi negara Timor Leste, tapi ada bagian baratnya yang masuk ke dalam wilayah Indonesia. Ibu kota Provinsi NTT, Kupang, itu adanya di Pulau Timor, bagian barat. Sedangkan Labuan Bajo berada di Pulau Flores. Sumba beda pulau lagi. Jelas ya, Gan?

 

Pulau Timor, tepatnya di Fatumnasi

 

Untuk lebih jelasnya, simak peta NTT berikut ini ya...

 

 

NTT terdiri dari tiga pulau utama yang menjepit Laut Sawu di tengahnya, seperti membentuk segitiga. Yang paling atas, panjang dan mendatar seperti Pulau Jawa, itu Pulau Fores. Nah Labuan Bajo sebagai kota gerbang masuk ke Taman Nasional Komodo ada di paling barat Pulau Flores. Sedangkan di paling ujung timur Pulau Flores ada Kota Larantuka.

 

Pulau yang ada di bawah agak ke kiri dari Pulau Flores adalah Pulau Sumba. Sedangkan yang di sebelah kanan, posisinya seperti diagonal, nah itu Pulau Timor. Kota Kupang ada di ujung paling barat (tepatnya barat daya) Pulau Timor.

 

Pantai Walakiri di Sumba

 

Selain 3 pulau utama itu, NTT masih memiliki banyak pulau lain. Di sebelah timur Pulau Fores berjejer-jejer Pulau Solor, Adonara, Lembata, Pantar, dan Alor. Ada lagi 2 pulau yang di peta cukup jelas terlihat, posisinya di antara Pulau Sumba dan Pulau Timor yakni Pulau Sabu/Sawu dan Pulau Rote. Rote dikenal sebagai pulau terluar Indonesia di bagian selatan. Walaupun sebenarnya yang benar-benar terluar di selatan adalah Pulau Ndana, letaknya nggak terlalu jauh dari Pulau Rote. Di peta nggak kelihatan karena kecil.

 

Dan yang paling terkenal dari NTT tentunya Taman Nasional Komodo yang merupakan gugusan pulau-pulau di sebelah barat Pulau Flores. Tiga pulau besar di TN Komodo adalah Pulau Komodo, Padar, dan Rinca. Sedangkan di ujung barat TN Komodo ini ada Pulau Sumbawa yang termasuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Pink Beach di Pulau Komodo

 

Patung komodo di halaman kantor Gubernur NTT

 

Total luas Provinsi NTT dengan sebaran pulau-pulau tersebut adalah 48.718,10 km2. Area seluas ini dibagi menjadi 21 kabupaten dan 1 kota. Jangan tanya soal suku, karena banyak sekali suku-suku yang berbeda dan bahkan bahasa daerahnya juga berbeda di seluruh NTT. Tapi semuanya bangga dengan identitas mereka sebagai warga NTT dan tentu warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Flores"

Teks: Mayawati NH Foto: Hq Irenius Nuno, Mayawati NH, Mario Susilo, Priyo Tri Handoyo
Comment
Nick

It?s the best time to make some plans for the future and it is time to be happy. https://www.reiva.ca

2019-12-05
Evalia

Tulisan yang sangat informatif nih

2019-05-02