SUNSET DI BATU TERMANU PULAU ROTE, BAGUS DARI BUKIT ATAU BATU BOLONGNYA? (Bagian 2-Tamat) 2023-10-03 20:20

Batu Bolong Termanu

 

Highlight dari Batu Termanu di Pulau Rote Kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur (NTT) tentunya adalah dua buah batu yang dipercaya sebagai sepasang suami istri yang mengembara dari Maluku hingga menetap di Rote. Batu Hun, sang suami, berupa pulau kecil di lepas pantai, sedangkan Batu Suelai, sang istri, berupa batu menjulang di atas bukit di tepi pantai. Dulu ya cuma dua batu inilah yang dicari wisatawaan yang datang ke sini. Tapi belakangan ada lagi highlight lainnya yakni Batu Bolong Termanu. Letaknya di balik bukit yang menghadap laut, kira-kira posisinya di bawah Batu Suelai. Sunset dari atas bukit ke arah Batu Suelai maupun sunset dari Batu Bolong sama cantiknya. Jadi pilih mana? Bagusan yang mana?

 

Batu Suelai, sang istri

 

Batu Hun, sang suami

 

Bagian 1 baca di sini.

 

SUNSET DARI BATU BOLONG TERMANU

Bulan Agustus 2023 MyTrip berkesempatan membawa rombongan trip ke Rote lagi. Dan tentu ke Batu Termanu lagi. Kali ini kondisi laut sedang surut, jadi kami pun tak mau membuang waktu. Begitu turun dari mobil, langsung jalan kaki menuju lokasi Batu Bolong. Letaknya di balik bukit yang menghadap laut, kira-kira posisinya di bawah Batu Suelai. Dari pantai kami mengarahkan langkah ke sisi kiri, ke balik rerimbunan pohon bakau. Jalurnya berupa pasir berbatu-batu kecil dan juga batu-batu besar.

 

Mulai dari balik rerimbunan pohon bakau

 

Jalurnya ada batu kecil-kecil maupun batu besar-besar

 

Tidak bisa cepat-cepat jalan di sini karena pertama, kita harus menapaki atau melangkahi batu-batu yang tak beraturan. Kedua, formasi dinding batu-batunya cakep! Berwarna putih dengan aksen coklat kemerahan dan kekuningan. Jadi kami jalan perlahan sambil menikmati pemandangan. Banyak sekali angle foto yang bisa dieksplor. Kalau nggak ingat waktu yang terbatas, mau rasanya berlama-lama.

 

Harus menapaki atau melangkahi batu-batu yang tak beraturan

 

Formasi dinding batu-batunya cakep!

 

Batu putih kemerahan

 

Banyak angle foto yang bisa dieksplor

 

Oya, sebaiknya jangan pakai sendal jepit ya karena akan sulit. Pakailah sendal gunung atau sepatu kets yang solnya tidak licin. Beberapa pijakan batunya licin karena lumut. Di beberapa titik harus melompati dan menyisiri batu-batu besar, juga merunduk atau menyempil melewati celah antara dua batu. Overall nggak sulit, dan makan waktu hanya sekitar 30-35 menit sudah termasuk sambil foto-foto.

 

Menyempil melewati celah antara dua batu

 

Begitu sampai di lokasi, tadaaaa…. Cakep benerrrr!!! Tebing batunya yang lebar dan tinggi dengan warna dominan putih itu memiliki dua bolongan besar yang berdekatan. Kita bisa naik hingga ke bolongannya. Cuma untuk ke bolongan yang sebelah kanan yang lebih dekat ke laut agak sulit. Kami satu per satu mencoba ke balik batu, mencari cara untuk naik ke bolongan yang sebelah kanan, ternyata susah dan agak berbahaya. Tapi ada 1-2 orang yang berhasil ke bolongan itu baik dari belakang maupun memanjat dari depan. Pendar cahaya matahari yang kuning terang menimpa bagian bolongan, menambah eksotisnya Batu Bolong Termanu. Foto-foto berikut menggambarkan keseruan MyTrip dan rombongan sore itu di Batu Bolong Termanu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dinding tebing di sebelah kiri Batu Bolong ternyata tak kalah menarik. Ujungnya runcing-runcing mencakar langit, dan dinding batunya dipenuhi guratan alami. Warnanya yang coklat muda keputih-putihan menjadi keemasan saat ditimpa sinar matahari sore.

 

Dinding batu ini ujungnya keemasan ditimpa sinar matahari

 

Jangan lupa berfoto di sini

 

Sayang kami memang tidak menunggu hingga matahari tenggelam karena khawatir air keburu pasang dan kegelapan saat jalan kembali. MyTrip hanya sempat mengambil foto dari kejauhan ke arah Batu Bolong saat bulatan matahari persis di ujungnya. Kebayang betapa cantik dan syahdunya sunset di sini.

 

Jalan kembali sebelum gelap

 

Jalan kembali sebelum gelap

 

Batu Bolong saat bulatan matahari persis di ujungnya

 

Batu Bolong saat bulatan matahari persis di ujungnya

 

Batu Termanu berlokasi di Termanu Kelurahan Onatali Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao. Dari pusat Kota Ba’a, ibu kota Kabupaten Rote Ndao, ke Batu Termanu menempuh jarak 9 km, bermobil sekitar 20 menit menyusuri pesisir utara Pulau Rote. Salah satunya melewati Pantai Batu Leli. Cara ke Rote silakan baca di sini.

 

Rombongan MyTrip di Batu Termanu Agustus 2023

 

Jadi setelah melihat keduanya, sunset dari atas bukit dan jelang sunset dari Batu Bolong, Trippers pilih mana? Dalam satu kunjungan nggak bisa sekaligus ke dua-duanya, kecuali yang satu didatangi jauh sebelum sunset. Yang jelas kalau mau ke Rote hubungi saja MyTrip di 0811821006.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Dok. MyTrip
Comment