FLORES DE MAYO, MENAMPILKAN SANG RATU FESTIVAL FILIPINA SABTU 29 MEI 2021 2021-05-25 17:10

 

Saat bunga bermekaran penuh sepanjang bulan Mei, inilah saat menikmati pertunjukan bakat dan kreativitas orang Filipina melalui platform digital Department of Foreign Affairs (DFA) Philippines, perayaan virtual Flores de Mayo yang akan disiarkan langsung dari kota Manila pada hari Sabtu, 29 Mei 2021, pukul 09.00 WIB.

 

Festival ke-5 dari rangkaian Fiesta Filipinas ini adalah festival yang dirayakan di seluruh Filipina setiap bulan Mei. Mei, bulan Maria, adalah saat perayaan panjang meriah untuk Bunda Maria berlangsung dan inilah saat hadirnya Flores de Mayo –sang "Ratu Festival Filipina". Melalui parade selama festival yang disebut juga dengan ‘Santacruzan’, Anda dapat menyaksikan keindahan dan keanggunan komunitas Filipina yang menampilkan kesetiaan pengharapan Katolik dan seni artistik lewat dekorasi parade dan gaun indah.

 

 

Khusus di tahun 2021 ini, Flores de Mayo dipilih menjadi bagian dari rangkaian Fiesta Filipinas yaitu perayaan festival Filipina secara virtual. Tur virtual akan membawa para penonton ke ibu kota negara, Manila, yang merupakan pertemuan nuansa tua dan modern. 

 

Flores de Mayo adalah festival yang dekat di hati setiap orang Filipina dan bagian dari itu yaitu Santacruzan didasarkan pada legenda penemuan Salib Kristus oleh ibu Kaisar Konstantin. Dalam festival Flores de Mayo, para remaja putri dengan balutan gaun cantik didampingi oleh para pemuda tampan akan berparade melalui desa atau kota. Selain itu dalam rangkaian selama bulan Mei penuh ini, ada penampilan dari para gadis muda berpakaian putih menaburkan bunga di sekitar gambar Bunda Maria sambil menyanyikan lagu-lagu untuk merayakan kesederhanaan dan kesucian Bunda Maria.

 

 

PDOT Indonesia, melalui akun Facebook dan Instagram, akan membagikan pengalaman multisensori Flores de Mayo ini dalam bentuk kotak perlengkapan ‘Fiesta Filipinas Kit’ kepada 3 peserta yang beruntung dari seluruh Indonesia. Perlengkapan tersebut akan berisi makanan dan minuman khas Filipina, cendera mata khas, serta rangkaian bunga kering yang mendukung keseruan mengikuti perayaan Festival Flores de Mayo.

 

RANGKAIAN ACARA FIESTA FILIPINAS

Flores de Mayo adalah bagian dari "Fiesta Filipinas: An Online Celebration of Philippine Festivals" yaitu rangkaian acara online multisensori dengan enam bagian yang berlangsung dari Desember 2020 hingga Mei 2021, yang akan mensimulasikan pengalaman festival dengan kombinasi video langsung dan pra-rekaman serta lokakarya dan aktivitas langsung.

 

Melalui festival, Filipina memperkenalkan pesta budaya mereka dan membawa semangat perayaan khas Filipina lebih dekat ke hati warga lokal maupun wisatawan mancanegara, tanpa terhambat batasan karena pandemi. 

 

 

Fiesta Filipinas di Indonesia merupakan proyek kerja sama antara Kedutaan Besar Filipina di Jakarta, Indonesia, melalui Departemen Luar Negeri (DFA) dengan Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) dan Komisi Nasional Kebudayaan dan Seni, memainkan peran aktif dalam melibatkan orang Indonesia untuk ambil bagian dalam maraknya keseruan Fiesta Filipinas.

 

Acara virtual Fiesta Filipinas dimulai dengan perayaan Natal di Filipina, yaitu Giant Lantern Parade (19 Desember 2020), diikuti oleh Festival Sinulog, Ati-Atihan, dan Dinagyang (20 Februari 2021), Festival Panagbenga (27 Februari 2021), Visita Iglesia (27 Maret 2021), Flores De Mayo / Santacruzan (29 Mei 2021), lalu diakhiri dengan Festival Lami-Lamihan (26 Juni 2021). Informasi lengkap tentang Fiesta Filipinas dapat dibaca di www.wisatafilipina.com/fiestafilipinas.

 

 

Teks: Departemen Pariwisata Filipina Foto: Departemen Pariwisata Filipina, Ian Paul Cordero, thefilam.net, varsitarian.net
Comment
Annexturn

Funding The SERENA 6 trial is funded and overseen by AstraZeneca soft tab cialis This implies that NFATC1 enables transcriptional activation in stem cells exclusively in the context of FLT3 ITD expression

2022-12-13