ANAK GARUDA, FILM INSPIRATIF BAGI GENERASI MILENIAL TAYANG DI BIOSKOP MULAI 16 JANUARI 2020 2020-01-15 00:10

Salah satu adegan film Anak Garuda

 

Film Anak Garuda diinspirasi dari kisah nyata 7 anak muda lulusan SMU dari keluarga miskin. Dan istimewanya film ini juga diproduksi oleh mereka sendiri, pertama kali, lewat rumah produksi Butterfly Pictures. Tujuh anak muda ini adalah lulusan Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) di Kota Batu Malang Jawa Timur yang didirikan Julianto Eka Putra yang akrab dipanggil Koh Jul pada 2007. Sekolah tingkat SMU yang menggratiskan tak hanya biaya sekolah tapi juga asrama ini khusus menampung anak-anak kurang mampu dari seluruh penjuru Indonesia. Tujuh anak muda tersebut adalah lulusan pertama SPI yang kini bekerja di unit-unit usaha yang dikembangkan SPI, salah satunya Butterfly Pictures.

 

Alim Sudio yang dipercaya sebagai penulis film ini mengaku menemui sedikit kesulitan memilah mana kisah yang diangkat karena banyak sekali yang menarik. Apalagi Verdi Solaiman, aktor watak yang dalam film ini bertindak sebagai produser sekaligus co-sutradara mendampingi Faozan Rizal, berpesan bahwa ini merupakan ensemble movie, di mana alur cerita digerakkan oleh 7 tokoh dengan porsi yang kurang lebih sama, bukan hanya digerakkan 1-2 tokoh seperti film pada umumnya.

 

Seluruh aktris dan aktor pendukung dan juga 7 karakter asli beserta Koh Jul hadir saat Press Conference & Gala Premiere Film Anak Garuda pada hari Senin 13 Januari 2020. Press Conference digelar di Restoran Tawan Epicentrum Walk, dan Gala Premiere di Epicentrum XXI, keduanya di Kuningan Jakarta Selatan.

 

Press conference

 

Gala premiere

 

Tissa Biani berperan sebagai Sayidah, Violla Georgie sebagai Yohana, Ajil Ditto sebagai Robet, Clairine Clay sebagai Olfa, Geraldy Kreckhoff sebagai Wayan, Rania Putrisari sebagai Sheren, Rebecca Klopper sebagai Dila, dan Kiki Narendra sebagai Koh Jul. Ada juga sederet nama populer lainnya yang turut memperkuat film ini seperti Rizky Mocil, Fatih Unru, Jenny Zhang dan Krisjiana Baharudin. Olga Lydia tampil sebagai MC di acara ini.

 

7 aktris dan aktor pendukung

 

Inti kisah yang diangkat film kedua tentang SPI ini (yang pertama Say I Love You) berpusat pada usaha Koh Jul menggembleng 7 anak didiknya yang bekerja membantunya mengurus operasional SPI dan menjalankan unit-unit usaha untuk menyokong keberlangsungan SPI. Salah satu ujian bagi mereka adalah dengan diberangkatkannya mereka ke Eropa tanpa didampingi Koh Jul yang selama ini menjadi orang yang mempersatukan mereka. Masalah demi masalah timbul, dikemas dengan apik dan diselingi dengan kelucuan-kelucuan juga.

 

Salah satu adegan film

 

Pengambilan gambar berlangsung di Kota Batu Malang dan di Eropa sungguhan, Swiss dan Prancis, sesuai cerita aslinya. Film yang sarat pesan dengan gaya Koh Jul banget yang tegas tapi santai ini nggak cuma sangat inspiratif tapi juga menghibur, walaupun di beberapa scene alur agak lamban. Film Anak Garuda tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 16 Januari 2020.

 

Nonton ya... Selain bakal dapat pelajaran berharga, dengan menonton film ini kita juga turut membantu mempercepat diwujudkannya Sekolah Tinggi SPI yang sekarang sudah dalam tahap pembangunan. Oh ya, Koh Jul ini pernah dapat penghargaan “Kick Andy Heroes 2018” lho dengan SPI-nya yang memutus rantai  kemiskinan secara sistematis. Masih banyak mimpi-mimpi Koh Jul demi masa depan anak-anak Indonesia yang patut kita dukung.

Teks: Mayawati NH Foto: Dok. Butterfly Pictures
Comment