LAYAK DISAMBUT MERIAH KALAU ADA PENDAKI INDONESIA YANG BERHASIL MENCAPAI PUNCAK GUNUNG TERTINGGI YANG BELUM PERNAH DIDAKI 2020-11-18 12:40

Gunung Gangkhar Puensum 

 

Membaca judul artikel bahwa ada gunung tertinggi di dunia yang belum pernah didaki, saya jadi tergelitik mencari tahu, gunung apa, dan benarkah begitu? Namanya Gunung Muchu Chhish, kata artikel itu. Gunung ini bagian dari Pegunungan Karakoram di Pakistan bagian utara dengan tinggi 7.453 mdpl. Membaca dan mencari tahu lebih lanjut, ternyata ada gunung lain yang menyandang gelar tertinggi dan belum pernah didaki yakni Gangkhar Puensum atau Kangkar Punsum yang merupakan gunung tertinggi di Bhutan dengan ketinggian 7.570 mdpl. Lokasinya berbatasan dengan wilayah China.

 

Baca juga: “Trekker dari Indonesia Jadi Favorit Lho di Bhutan

 

Baik Muchu Chhish maupun Gangkhar Puensum sebenarnya bukan benar-benar tak pernah didaki sama sekali, tapi tepatnya belum pernah diinjak puncaknya. Ekspedisi pendakian Muchu Chhish yang dilakukan beberapa tim dalam beberapa dekade terakhir selalu gagal mencapai puncaknya. Begitu pula pendakian ke Gangkhar Puensum yang berarti "Puncak Putih Tiga Saudara Spiritual" yang sempat dilakukan 4 tim ekspedisi pada tahun 1985 dan 1986, semuanya gagal. Jadi dari fakta tersebut, bisa disimpulkan, kedua puncak gunung ini memang sangat sulit dicapai, medan pendakiannya sungguh sulit.

 

Baca juga: “Saat Ketahanan dan Ketabahan Diuji di Ketinggian Kilimanjaro

 

O ya, saat itu Gangkhar Puensum boleh didaki karena pemerintah Bhutan mengeluarkan izin pendakian di tahun 1983. Namun sejak tahun 1994 pemerintah Bhutan resmi melarang pendakian gunung yang lebih tinggi dari 6.000 mdpl di negaranya demi menghormati kepercayaan setempat. Dan setelah tahun 2003 Gunung Gangkhar Puensum benar-benar dilarang total untuk didaki.

 

Baca juga: “Tantangan 7 Gunung di Flores (Bagian 1)

 

Jadi karena statusnya dilarang didaki ini, tentulah Gangkhar Puensum tetap akan menjadi gunung tertinggi di dunia yang tak pernah ‘diperawani’ puncaknya. Sedangkan Muchu Chhish menjadi gunung tertinggi berikutnya yang ada harapan atau menjadi target bagi siapa pun untuk menjadi orang pertama yang mencapai puncaknya.

 

Baca juga: “Rinjani Mengajarkan Apa Artinya Keindahan dan Kesempurnaan Sebuah Gunung

 

Hal ini tentu sangat menggoda para pendaki profesional. Siapa nanti yang akan menorehkan namanya sebagai penakluk pertama puncak Muchu Chhish seperti Edmund Hillary (asal New Zealand) dan Tenzing Norgay (asal Nepal) yang berhasil menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di puncak gunung tertinggi di dunia, Mount Everest (8.848 mdpl) pada 29 Mei 1953.

 

Baca juga: “Yuk Mendaki Gunung Tambora dengan Cara Praktis via Doro Ncanga

 

Mungkinkah pendaki Indonesia yang berhasil? Kalau iya, pastinya layak dielu-elukan dan disambut meriah di bandara saat kepulangannya ya… Karena prestasinya nyata membanggakan bangsa dan negara Indonesia.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) dari berbagai sumber Foto: Gradythebadger (dari Wikipedia)
Comment
Ivan

bookmarked!!, I love your blog! пудровые брови киев webpage лазерная эпиляция киев цена

2020-11-25