5 ATRAKSI WISATA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN DI YOKOHAMA 2020-05-17 00:00

Minato Mirai di waktu malam

 

Sebagai salah satu pusat komersial di Greater Tokyo Area, Yokohama sering dikunjungi para business travelers. Tapi para turis juga banyak yang terpesona dengan kemegahan skyscrapers Yokohama dan Chinatown-nya, yang disebut sebagai salah satu Chinatown terbesar di dunia. Tak heran bila kota terbesar kedua di Jepang ini sanggup menarik lebih dari 36 juta pengunjung setiap tahun. Mulai dari wisata kota, budaya, hingga kuliner bisa ditemukan di Yokohama.

 

Yokohama hanya berjarak 27 km di selatannya Tokyo. Kedekatan lokasi menjadikan Yokohama sangat mudah dijangkau bila kita ingin mengunjunginya hanya day tripShinkansen akan mengantar kita dalam waktu kurang dari 40 menit. Di kota pelabuhan ini ada cukup banyak atraksi wisata yang bisa dikunjungi, baik untuk one day trip maupun trip lebih dari 1 hari.

 

Baca juga: "Panduan Menikmati 4 Tempat Wisata Keluarga di Jepang"

 

1. CHINATOWN

Chinatown di Yokohama adalah yang terbesar dari 3 Chinatown di Jepang. Kedua lainnya berada di Kobe dan Nagasaki. Chinatown di sini juga menjadi salah satu Chinatown terbesar di dunia. Yang paling menarik di sini tentunya adalah Chinese cuisine seperti steamed buns (manju), dim sum, mie dan lainnya yang dijual di kaki lima maupun restoran. Trippers juga bisa berbelanja pakaian tradisional, obat-obatan, dan nyicipin makanan dari negara Asia lainnya seperti egg coffee di sebuah restoran Vietnam. Makanan di Chinatown Yokohama  banyak yang telah disesuaikan dengan selera orang Jepang.

 

 

Di tengah Chinatown ada sebuah kuil yang layak dikunjungi. Kuil Kanteibyo dibangun untuk memuja dewa kemakmuran dan bisnis oleh warga Chinatown pada tahun 1873. Chinatown Yokohama berkembang pesat setelah pelabuhan Yokohama dibuka untuk perdagangan internasional pada tahun 1859. Area ini menjadi tempat tinggal para pedagang Tiongkok. Selain penuh dengan toko dan kios, di sini juga digelar beberapa festival seperti Lunar New Year

 

Kuil Kanteibyo

 

2. MINATO MIRAI

Artinya pelabuhan masa depan. Minato Mirai adalah seaside urban area di pusat Yokohama. Kawasan ini terlihat sangat impresif dengan adanya kumpulan skyscrapers di tepi lautan, membuat Kota Yokohama terlihat sangat modern dan menakjubkan.

 

Selain sebagai pusat bisnis, ada banyak tempat dan atraksi wisata di Minato Mirai. Mulai dari hotel, mal, convention center, taman hiburan, hingga pusat relaksasi ada di sini. Kalau ingin melihat view menakjubkan Yokohama dari atas bisa naik ke Skygarden Observatory di Yokohama Landmark Tower. Observatory setinggi 273 m ini termasuk salah satu observatory tertinggi di Jepang. Tiketnya 1.000 yen atau Rp140.000. 

 

Suasana Minato Mirai. Yokohama Landmark Tower yang paling kiri

 

Tempat lainnya untuk menikmati view Yokohama adalah dengan naik ferris wheel di Cosmo World. Untuk masuk ke taman hiburan ini gratis, hanya perlu bayar per wahana. Tiketnya 300-900 yen atau Rp42.000-126.000.

 

 

Para shoppers sebaiknya menyediakan banyak waktu di Minato Mirai karena di sini ada beberapa mal yang worth to visit. Di antaranya Queen’s SquareLandmark PlazaWorld PortersRed Brick Warehouses, dan Marine & Walk Yokohama. Sementara itu kalau Trippers tertarik untuk menghabiskan waktu di dalam museum, ada beberapa museum juga di kawasan Minato Mirai. Di antaranya Nippon Maru Museum, sebuah kapal layar kuno yang sudah dipensiunkan dan kini dibuka untuk umum; Yokohama Port Museum yang berada di seberangnya; Cup Noodles Museum; Yokohama Museum of Art; dan Mitsubishi Minatomirai Industrial Museum

 

3. CUP NOODLES MUSEUM

Museum yang berada di Minato Mirai ini menyajikan sejarah mie instan lewat pameran, film, dan workshop. Museum ini dibuka oleh Nissin, perusahaan cup noodles ternama di Jepang yang mana pendirinya, Momofuku Ando, adalah penemu cup noodles.

 

 

Cup Noodles Museum di Yokohama adalah yang kedua di Jepang setelah Cup Noodles Museum pertama dibuka di Osaka. Yang seru dari museum ini adalah pengunjung bisa ikutan berkreasi membuat cup noodles dan membawanya pulang. Untuk ikutan workshop biayanya 500 yen atau Rp70.000. Tiket masuknya 500 yen juga.

 

4. SANKEIEN GARDEN

A spacious Japanese style garden di Yokohama bagian selatan yang memiliki beberapa bangunan bersejarah seperti halnya di Kyoto, yaitu sebuah rumah daimyo, beberapa rumah minum teh, dan pagoda 3 lantai dari Kuil Tomyoji di Kyoto. Selain itu, di Sankeien Garden ada kolam, sungai kecil, dan area jalan kaki yang membuat suasana terasa peaceful. Taman ini dibuat oleh Hara Sankei dan dibuka untuk umum sejak tahun 1904. Sankeien Garden buka dari jam 9 pagi hingga 5 sore, tiket masuknya 700 yen atau Rp98.000.

 

 

5. RAMEN MUSEUM

Museum unik yang menceritakan sejarah perkembangan ramen, proses pembuatan, serta jenis-jenis ramen dari berbagai daerah di Jepang. Kita juga bisa mencicipi 9 jenis ramen dari berbagai daerah di Jepang. Area ini sangat menarik karena didekorasi menjadi replika jalanan dan perumahan di Shitamachi, kota tuanya Tokyo, sekitar tahun 1958, ketika ramen sedang populer. Tiket masuknya 380 yen atau Rp53.000.

 

 

Cara ke Yokohama dari Tokyo bisa dibaca di artikel sebelumnya.

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Dada Sabra Sathilla, Roberto JR Saldana (Unsplash), www.compathy.net, www.japan-guide.com
Comment