PANDUAN CERDAS EKSPLOR RAJA AMPAT TERBARU 2024 (Bagian 1) 2024-06-19 00:35

Pemandangan spektakuler dari Puncak Wayag 2

 

Raja Ampat sudah semakin populer tidak hanya bagi kalangan penyelam. Tapi sayangnya, masih banyak yang nggak ngerti bagaimana cara mengeksplornya. Ada yang dengan pedenya membeli tiket pesawat promo ke Sorong (kota gerbang masuk ke Raja Ampat) seorang diri, tanpa ngajak-ngajak teman. Dia nggak paham kalau keliling Raja Ampat tuh harus sewa speedboat dan harga sewanya jutaan, apalagi ke Wayag minimal Rp15 juta. Berat kalau ditanggung sendirian. Dia juga nggak paham kalau di Raja Ampat belum ada sistem join tour yang berangkat setiap hari. Adanya join tour yang  berangkat hanya Sabtu atau Minggu dan kalau kuota minimum peserta terpenuhi. Itu pun day tour saja. Bisa sih kalau kebetulan beruntung ada grup lain yang mau ngajak gabung, Anda tinggal ikut patungan. Tapi kemungkinannya kecil sekali. Jadi, simak dulu ya panduan cerdas eksplor Raja Ampat berikut ini sebelum memutuskan pergi ke sana.

 

Pemandangan dari Puncak Wayag 1

 

Pemandangan dari Puncak Wayag 1

 

Baca juga: “Belum Sah ke Raja Ampat Kalau Belum ke Wayag Dooong….

 

INFO UMUM

Raja Ampat yang terletak di barat laut “kepala burung” Pulau Papua, Provinsi Papua Barat Daya (dulu masih tergabung dalam Provinsi Papua Barat), merupakan sebuah kabupaten. Terdiri dari 4 pulau utama yakni Waigeo, Batanta, Salawati, Misool, dengan total 2.713 pulau. Ibu kotanya yakni Waisai berada di Pulau Waigeo. Kota terdekat sebagai gerbang masuk ke Raja Ampat adalah Sorong, dengan bandaranya Domine Eduard Osok.

 

Raja Ampat berada di barat laut “kepala burung” Pulau Papua

 

Wilayah Kabupaten Raja Ampat

                                                

ZONA WAKTU

Waktu Indonesia Timur/WIT (GMT+9).

 

WAKTU TERBAIK

Antara Oktober hingga April. Hindari Juni-Agustus karena ombak biasanya tinggi, musim angin kencang.

 

Pergi di waktu terbaik, ombak tenang, cuaca cerah

 

DURASI IDEAL KELILING RAJA AMPAT

Minimal 6 hari untuk keliling kawasan utara saja atau kawasan selatan (Misool) saja. Kalau mau eksplor keduanya harus minimal 10-12 hari. Ini durasi yang dibutuhkan kalau mau puas dan nggak terburu-buru eksplornya.

 

Telaga Bintang, salah satu spot andalan di Raja Ampat kawasan utara

 

Misool dengan pulau-pulau karstnya yang unik

 

CARA KE RAJA AMPAT

Dari Jakarta ke Sorong:

Maskapai yang melayani rute Jakarta ke Sorong (Bandara Domine Eduard Osok) yaitu Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, dan Pelita Air. Durasi terbang: 4 jam (direct). Yang direct Garuda Indonesia, Batik Air, dan Pelita Air. Lion Air transit di Makassar. Harga tiket PP normal mulai Rp6,6 juta. Untuk bisa mengejar jadwal kapal Express ke Waisai, pilih jadwal pesawat yang tiba di Sorong maksimal pukul 07.30.

 

Bandara Domine Eduard Osok di Sorong

 

Dari Bali ke Sorong:

Garuda Indonesia memiliki jadwal penerbangan langsung dari Denpasar Bali ke Sorong, tiba di Sorong pukul 06.20. Lion Air juga ada penerbangan dari Denpasar ke Sorong yang tiba pagi hari tapi transit di Surabaya dan Makassar.

 

Baca juga: “Spill Bujet Raja Ampat dan Labuan Bajo yang Viral di Medsos, Validkah?

 

Dari Sorong ke Waisai (jalur laut):

- Naik kapal umum Express, durasi 2 jam, harga tiket Rp125.000 (ekonomi) sekali jalan, dan Rp250.000 (VIP) sekali jalan. Kapal berangkat setiap hari, dari Sorong ke Waisai maupun sebaliknya tiap pukul 09.00 dan 14.00. Kadang ada juga jadwal pkl.11.00. Jam keberangkatan kadang berubah. Cek lagi sebelum berangkat. Tiket kapal bisa dibeli di loket tiket di pelabuhan pada hari keberangkatan.

 

Kapal Express ke Raja Ampat

 

Tempat duduk Kapal Express nyaman

 

- Sewa speedboat, durasi 2 jam, harga sewa minimal sekitar Rp6-7 juta sekali jalan untuk kapasitas maksimal 10 penumpang dan kekuatan mesin kurang lebih 2 X 85PK. Speedboat yang lebih besar tentu ada, tapi harga sewanya lebih mahal.

 

Aneka speedboat siap mengantar ke tujuan di Raja Ampat

 

Dari Sorong ke Waisai (jalur udara): Raja Ampat bisa dicapai juga lewat udara, tepatnya melalui Bandara Kabare di Kecamatan Waigeo Utara dan Bandara Marinda di Waisai (Kecamatan Waigeo Selatan). Saat ini Susi Air terbang dari Sorong ke Bandara Kabare lalu lanjut ke Bandara Marinda setiap Selasa, Kamis, Sabtu. Pukul 07.00 dari Sorong, tiba di Marinda pukul 08.05. Sedangkan jadwal kembali dari Marinda ke Sorong via Kabare juga setiap Selasa, Kamis, Sabtu pukul 08.15, tiba di Sorong pukul 09.20. Harga tiket sekali jalan +/-Rp500.000. Call Center Susi Air Waisai: 0811 2113 080 dan 0811 2113 090. Susi Air Sorong: 0811 4806 707. Reservasi tiket: 0811 2123 934.

 

Baca juga: “Kisah Kecanduan Raja Ampat, Hidup Tak Pernah Sama Lagi Setelah Itu…

 

Dari Sorong ke Misool (jalur laut):

- Naik kapal ferry Fajar Baru 8, durasi 9-10 jam, harga tiket Rp250.000 sekali jalan. Sewa kabin Rp500.000/kabin isi 2 orang. Kapal berangkat dari Sorong setiap Senin pukul 22.00, tiba di Misool (Kampung Yelu di Misool Selatan) esok harinya, Selasa +/-pukul 07.00 atau 08.00. Kembali dari Misool ke Sorong setiap Kamis malam pukul 19.00. Tiba di Sorong esoknya, Jumat pukul 03.00 dini hari, Pastikan minimal 1 jam sebelumnya sudah naik ke kapal.  

Kabar gembira: Sebelum akhir tahun 2024 ini Kapal Fajar Indah II akan beroperasi lagi dengan rute Sorong-Misool PP, melengkapi jadwal Fajar Baru 8.

 

Grup Kapal Fajar untuk ke Misool

 

- Sewa speedboat, durasi 4-6 jam, harga sewa mulai sekitar Rp40 juta PP untuk kapasitas maksimal hingga +/-12 penumpang dan kekuatan mesin minimal 2 X 115PK (sudah termasuk biaya tunggu 3-4 hari di Misool, tapi belum termasuk biaya makan crew speedboat).

 

Info Tambahan:

- Kapal umum di Sorong berangkat dari Pelabuhan Rakyat Sorong.

Naik kapal umum dari Pelabuhan Rakyat Sorong

 

- Speedboat berangkat dari Pelabuhan Marina atau Pelabuhan Usaha Mina.

Pelabuhan Marina

 

- Dari Bandara Domine Eduard Osok ke area pelabuhan +/-15 menit berkendara.

 

 Bersambung ke sini

 

Berminat ke Raja Ampat? Hubungi Maya MyTrip di nomor WhatsApp 0811821006.

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Dok. MyTrip
Comment