INILAH CURUG KONDANG YANG COCOK BUAT DOING NOTHING

INILAH CURUG KONDANG YANG COCOK BUAT DOING NOTHING

Monday, 27-02-2017 | 23:05

 

Dalam perburuan curug kami yang pertama di Wana Wisata Gunung Bunder atau kawasan Gunung Salak Endah yang termasuk Taman Nasional Gunung Halimun-Salak di Kecamatan Pamijahan Bogor, Curug Kondang alias Curug Ngumpet 2 belum kami lirik. Kami lebih memilih ke Curug Seribu yang digadang-gadang paling bagus dan menantang di kawasan ini (baca di sini). Tapi dalam perburuan yang kedua mid Februari 2017 lalu, kami penasaran juga dengan curug yang gerbang masuknya pas di tikungan tajam dan menanjak ini.

Gerbang masuknya pas di tikungan

 

SUASANANYA COCOK BUAT SANTAI

Jalurnya rapi dan relatif datar

 

Dari sekian banyak curug yang ada di kawasan Gunung Salak Endah, kami jatuh cinta dengan curug ini. Pasalnya, ke sananya gampang, jalurnya relatif datar, dengan jalan setapak disusun rapi dari batu alam. Jalan kaki santai nggak sampai 10 menit, sudah tiba di area curug. Sepanjang jalan adem dan ijo royo-royo. Di hadapan curug ada gazebo yang pas banget buat santai doing nothing sambil memandangi curug setinggi kurang lebih 10 meter itu memancar deras. Sejuk jiwa raga deh pokoknya.

Gazebo di depan curug

 

Kolam alami yang terbentuk di bawah curug airnya sejuk buat berendam. Tapi hati-hati jangan melewati batas tali ya... Buat anak-anak, main airnya di aliran sungai dari curug ini aja, lebih aman. Ada beberapa cekungan-cekungan dangkal yang pas buat anak-anak.

Pas buat main-main air

 

Cekungan yang aman buat berendam

 

Kamar bilas, toilet, mushola dan warung makan lengkap ada di dalam area curug.

 

ADA WATER TREK DAN JALAN TEMBUS KE CURUG PANGERAN

Kalau sudah puas main air dan duduk bengong di Curug Kondang, coba lanjutkan ke Curug Pangeran atau Green Canyon Water Trek yang gerbangnya ada di sisi kanan yang akan kita lewati sebelum area utama curug. Tapi bayar lagi Rp 7.500 ya. Jarak ke water trek hanya 200 m. Sayang kami tak ke situ karena selain sedang tutup, hari juga sudah sore.

Pintu masuk ke Water Trek dan Curug Pangeran

 

RUTE KE SANA

Untuk mencapai kawasan Gunung Salak Endah sebenarnya ada beberapa alternatif. Tapi kami lebih suka lewat Dramaga. Jadi kalau dari Jakarta masuk tol Jagorawi arah Bogor/Ciawi, keluar di exit Sentul Selatan/City (Lingkar Bogor, Kd. Halang), belok kanan untuk mengambil tol Lingkar Bogor, keluarnya di Dramaga. Ketemu lampu merah, belok kiri ke arah Dramaga/Leuwiliang (Jl. Abdullah bin Nuh). Lurus saja  sampai ketemu pertigaan mentok, belok kanan, susuri Jl. Raya Dramaga. Sekitar 10 menit setelah melewati kampus IPB Dramaga ada pertigaan, dengan penanda DODIKLATPUR, di situ ambil ke kiri. Kita sudah memasuki Jl. Cicadas, daerah Ciampea. Sekitar 20 menit kemudian, ada percabangan, ambil yang kiri, itu kita sudah memasuki jalan Desa Gunung Bunder, alias Jalan Gunung Salak Endah. Kontur jalanan menanjak, sempit dan lika-liku. Kurang lebih berkendara 20 menit lagi, tibalah kita di gerbang masuk TN Gunung Halimun Salak. Di sini kita harus membayar tiket masuk taman nasional sebesar Rp 10.000/ orang dan Rp 10.000 untuk mobil. Harga yang tertera di tiket sih cuma Rp 5.000.

 

Kurang lebih 25 menit melintasi kawasan taman nasional, sudah terlihat di hadapan kami gerbang Curug Kondang. Persis pas sebelum tikungan menanjak ke kanan. Area parkir mobil terbuka di sebelah kanan jalan, kalau untuk motor ada area parkir beratap di kiri jalan. Mobil bayar Rp 10.000. Tiket masuk per orang juga Rp 10.000.

Area parkir mobil

 

Total perjalanan dari sejak keluar tol Dramaga di Jl. Soleh Iskandar ke sini sekitar 2,5 jam termasuk memperhitungkan macetnya Dramaga. Kalau macetnya parah ya bisa lebih lama.

Indahnya Curug Kondang

 

Baca tentang Curug Batu Ngampar di sini, Curug Goa Lumut Indah di sini.

 

Teks & Foto: Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


265

Back to Top