9 NEGARA + 1 KOTA TUJUAN WISATA FAVORIT TAHUN 2017

9 NEGARA + 1 KOTA TUJUAN WISATA FAVORIT TAHUN 2017

Wednesday, 18-01-2017 | 14:11

Osaka Castle di Jepang

 

Sudah merencanakan hendak ke mana lagi tahun 2017 ini, Trippers? Sudah mengantongi tiket ke mana aja yang dibeli dari tahun lalu? Atau masih bingung? Masih belum punya rencana? Yang belum punya rencana, intip deh daftar negara dan kota yang menurut pantauan MyTrip bakal jadi destinasi favorit para pejalan dari Indonesia berikut ini.

 

1. JEPANG

Shirakawago

 

Ah, Jepang sih memang sudah jadi favorit dari dulu. Iya betul. Bukan hanya karena banyaknya tawaran tiket pesawat murah ke Jepang, tapi karena Negeri Sakura ini menyajikan nuansa modern yang kencang sekaligus atmosfer tradisional yang kental. Apalagi ada sakura bermekaran saat musim semi yang jadi incaran dan impian banyak orang.

Kota-kota atau region favoritnya: Tokyo, Osaka, Kyoto, Hokkaido, Chubu, Nagano.

Obyek wisata yang hits: Harajuku, Shinjuku, Shibuya, Asakusa, Tokyo Disneyland, Osaka Castle, Shirakawago, Tateyama Kurobe Alpine Route, Bamboo Grooves Arashiyama.

Must do: Berendam di onsen, melihat Gunung Fuji dari Lake Kawaguchi, naik shinkansen, makan ramen dan sushi.

 

Lebih lengkap tentang Tokyo baca di sini.

 

2. IRAN

Persepolis

 

Terlepas dari kontroversi yang berkaitan soal agama, Iran terbukti adalah negara yang cantik dengan penduduk yang ramah, dan ehem, ganteng dan cantik-cantik! Desa tradisional berumur ribuan tahun dan makam pujangga Persia adalah andalan wisatanya. Dan primadonanya tentu saja Persepolis, reruntuhan ibu kota Kekaisaran Persia.

Kota-kota atau region favoritnya: Tehran, Shiraz, Isfahan, Kashan.

Obyek wisata yang hits: Persepolis, Grand Bazaar di Tehran dan Isfahan, Abyaneh, Kandovan.

Must do: Melihat sunset di Persepolis, menginap di desa tradisional, makan faloodeh, nongkrong di tea houses di Kashan.

 

Lebih lengkap tentang Shiraz baca di sini.

 

3. NEPAL

Annapurna

 

Negara ini memang belum recovery total akibat gempa besar yang menimpanya tahun 2015. Tapi siapa yang tahan godaan untuk tak mengunjunginya sesegera mungkin? Himalaya Range akan selalu menyihir para pejalan dari seluruh dunia. Ya memang, barisan pegunungan yang memiliki puncak tertinggi di dunia (Everest) ini bisa dilihat juga dari Tibet dan India, tapi kok rasanya Nepal terasa lebih hangat dan bersahabat ya... Trekking di Nepal, baik jalur pendek, menengah maupun panjang adalah pilihan tepat untuk menikmati Himalaya dengan harga murah.

Kota-kota atau region favoritnya: Kathmandu, Pokhara, Annapurna Region, Sarangkot, Nagarkot, Patan.

Obyek wisata yang hits: Kathmandu Durbar Square, Pasupathinath Temple, Boudhanath Stupa, Swayambunath Stupa, Thamel, Poon Hill, Phewa Lake, Devi’s Fall.

Must do: Naik Everest Flight, soft trekking di Annapurna Region, melihat sunset dan sunrise di Sarangkot, makan dal bhat.

 

Fakta-fakta unik tentang Nepal baca di sini.

 

4. OMAN

Wadi Bani Khalid

 

Negara Timur Tengah yang satu ini belum sering terdengar, apalagi sebagai destinasi wisata yang menarik. Padahal, nggak seperti negeri gurun pasir lainnya, Oman menyimpan sejuta kecantikan yang beragam. Ya, lansekap dan bentang alam yang beragam dipastikan akan menyedot turis datang ke suatu negara. Itulah Oman, yang mulai banyak diperbincangkan sejak tahun lalu dan tahun ini digadang-gadang akan jadi favorit para pejalan.

Kota-kota atau region favoritnya: Muscat, Jebel Akdhar (Green Mountain), Salalah, Sur.

Obyek wisata yang hits: Kota tua di Muscat, Muttrah Souq, Wahiba Sands, Masjid Agung Sultan Qaboos, Wadi Al Arbeieen, Wadi Bani Khalid.

Must do: Menonton Muscat Festival, mengunjungi wadi-wadi.

 

5. BHUTAN

Tiger’s Nest

 

Selain alamnya yang cantik, jualan Bhutan adalah statusnya sebagai negeri dengan penduduk paling bahagia di Asia bahkan di dunia. Untuk mengukur kebahagiaan penduduknya bahkan ada sensus untuk menentukan Gross National Happiness. Kebahagiaan itu terlihat jelas dari keramahan penduduknya dan keamanan di sana. Kalau boleh menyimpulkan, jarang lho ada negara Asia di mana turis merasa benar-benar aman. Inilah yang menjadi daya pikat Bhutan.

Kota-kota atau region favoritnya: Paro, Thimphu, Punakha, Bumthang, Phobjikha Valley.

Obyek wisata yang hits: Tiger’s Nest, Paro Dzong, Kuensel Phodrang, Sangaygang View Point, Dochu La Pass, Chimi Lhakhang (Divine Madman Monastery), Pele La Pass, Burning Lake (Membartsho), Gangtay Nature Trail.

Must do: Trekking ke Tiger’s Nest, berfoto di depan gambar kemaluan lelaki, makan ema datse, berfoto mengenakan pakaian tradisionalnya (gho untuk laki-laki dan kira untuk wanita), berendam di dotsho (traditional hot-stone bath).

 

Serba-serbi Bhutan baca di sini.

 

6. TURKI

Uchisar Castle

 

Memang tahun lalu Turki masih dilanda teror dan banyak yang ragu tentang keamanan di sana. Tapi bukan menafikan kondisi itu kalau MyTrip tetap memasukkannya dalam daftar destinasi favorit tahun ini. Turki adalah perpaduan keanggunan dan bentang alam spektakuler. Ditambah lagi posisi Turki yang berada di Benua Asia juga Benua Eropa, membuat kita langsung menginjak dua benua ini dalam sekali perjalanan ke satu kota saja, Istanbul.

Kota-kota atau region favoritnya: Istanbul, Cappadocia, Pamukkale, Ephesus, Izmir, Antalya, Bursa.

Obyek wisata yang hits: Hagia Sophia, Blue Mosque, Grand Bazaar, Dolmabahce Palace, Taksim Square, Goreme Open Air Museum, Pasabag (Monk) Valley, Uchisar Castle, Hierapolis, Cotton Castle, Selcuk.

Must do: Naik hot air balloon di Cappadocia, ikut cruise di Selat Bosphorus, mencoba turkish delights yang dari madu, makan baklava, makan pottery (testi) kebab, menginap di cave hotel di Cappadocia, menonton sufi dance.

 

Lebih lengkap tentang Cappadocia baca di sini.

 

7. SELANDIA BARU

Lake Tekapo

 

Kalau ada satu negara yang mewakili keragaman keindahan alam, selain negeri tercinta Indonesia, negara itu pastilah Selandia Baru. Rangkaian pegunungan salju, sabana luas yang diramaikan kehadiran domba dan sapi, danau biru kehijauan, hamparan perkebunan anggur, ngarai spektakuler, semuanya begitu menggairahkan. Kebudayaan Suku M?ori yang ditonjolkan dalam atraksi wisata juga menjadi daya magnet. Selandia Baru juga menawarkan beragam kegiatan pemicu adrenalin. Belum lagi tingkat keamanan yang sangat tinggi, patutlah negeri kiwi ini menjadi favorit.

Kota-kota atau region favoritnya: Queenstown, Auckland, Christchurch, Wellington, Rotorua.

Obyek wisata yang hits: Milford Sound, Lake Tekapo, Mt. Cook, Christchurch Gondola, Museum Te Papa Tongarewa, Franz Josef Glacier, Waitomo Caves, Hobbiton Movie Set, Abel Tasman National Park.

Must do: Naik scenic flight di Lake Tekapo dan Queenstown, naik Shotover Jet, menyetir dari Lake Tekapo ke Queenstown, cruise di Milford Sound, melihat kiwi di habitatnya, ikut wine tour, ikut stargazing night tour, makan Fergburger.

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor New Zealand”, “14 Wisata Gratis di New Zealand”, “10 Hal yang Harus Dilakukan di Queenstown”, “10 Hal yang Harus Dilakukan di Auckland”, “17 Alasan Untuk Mengunjungi Selandia Baru di Tahun 2017

 

8. AUSTRALIA

Sydney Opera House

 

Sebagai sebuah negara yang juga adalah benua, dengan daratan yang maha luas dan tentu juga lautan yang mengelilinginya, tentulah Australia menyajikan aneka ragam atraksi wisata. Dari wisata pulau sampai wisata gurun. Dari atraksi yang menampilkan budaya suku asli Aborigin hingga theme park modern. Letaknya yang tak terlalu jauh dari Indonesia juga menjadikan negeri kanguru ini diminati banyak pejalan dari negeri kita.

Kota-kota atau region favoritnya: Sydney, Gold Coast, Melbourne, Brisbane, Perth, Central Australia, Blue Mountains, Pulau Tasmania, Margaret River.

Obyek wisata yang hits: Surfers Paradise, Gold Coast Dreamworld, Great Barrier Reef, Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge, Bondi Beach, The Three Sisters, Uluru (Ayers Rock), Kings Canyon, Kings Park, Fraser Island, Great Ocean Road, Whitsunday Islands, Sovereign Hill.

Must do: Berfoto menggendong koala, dolphin feeding, snorkeling di Great Barrier Reef, menonton humpback whale, hangout di Surfers Paradise atau Bondi Beach, coffee shop hopping, naik scenic skyway.

 

9. PERU

Machu Picchu

 

Machu Picchu menjadi dream destination hampir semua orang. Demi melihat kemegahan reruntuhan Inca ini banyak orang rela merogoh kocek amat dalam. Ya bagi kita di Indonesia, untuk ke Peru memang sangat jauh dan tiket pesawatnya mahal. Tapi apa yang dijanjikan Peru, tak cuma Machu Picchu-nya, sungguh worth the money! Apalagi belakangan ini muncul primadona baru Peru yakni Rainbow Mountain (Vinicunca) yang warna-warni pelangi di pegunungannya membuat banyak orang termimpi-mimpi ingin ke Peru.

Kota-kota atau region favoritnya: Lima, Cuzco, Sacred Valley, Puno, Arequipa, Nazca.

Obyek wisata yang hits: Machu Picchu, Vinicunca (Rainbow Mountain), Colca Valley, Lake Titicaca, Uros Island, Plaza de Armas, Cross of the Condor (Colca Canyon), La Raya Pass, Maras Salt Mines, Ballestas Islands.

Must do: Menonton sunrise di Machu Picchu, naik kereta Vistadome ke Aguas Calientes, trekking ke Rainbow Mountain, belanja di Pisac Market, menyeruput teh koka.

 

Lebih lengkap tentang Machu Picchu baca di sini

 

10. DUBAI

Burj Al-Arab

 

Meski bukan ibu kota Uni Emirat Arab, Dubai mengalahkan Abu Dhabi dalam hal wisata. Segala yang ter-ter ada di Dubai. Hotel tertinggi, arena ski indoor terluas, pulau buatan terspektakuler, mal terbesar, semuanya bagai magnet yang menyedot turis seantero jagat tak terkecuali dari Indonesia. Apalagi sekitar akhir tahun lalu Dubai banyak membuka tempat-tempat wisata baru seperti Dubai Parks & Resorts yang tentunya akan tambah sempurna lagi di tahun ini. Inilah yang MyTrip perkirakan membuat Dubai akan menjadi favorit di tahun 2017 ini.

Obyek wisata yang hits: Burj Khalifa, Burj Al-Arab, Palm Islands , Dubai Mall, Mall of the Emirates, Dubai Parks & Resorts, Legoland Dubai, Riverland Dubai, Dubai Aquarium, Jumeirah Mosque.

Must do: Ikut desert safari, menikmati ketinggian di Burj Khalifa, naik hot air balloon.

 

Baca juga: “Panduan Mengeksplor Dubai Parks And Resorts”, “Ini Dia Obyek Wisata Baru di Dubai!”, “Panduan 48 Jam di Dubai

 

Ingin tur ke Dubai dengan harga terjangkau? Hubungi segera: mytrip@media.femalindo.com

Teks: Mayawati NH, berbagai sumber Foto: Mayawati NH, Zuriah Saibun, Istimewa, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


598

Back to Top