8 SPOT & 4 AKTIVITAS FAVORIT DI CORON FILIPINA 2020-03-31 00:00

Coron Bay dari Viewpoint

 

Coron adalah destinasi favorit di Filipina yang terkenal dengan surga wisata baharinya. Letaknya di Provinsi Palawan yang berada di sisi barat kepulauan Filipina dan diapit oleh Laut Cina Selatan dan Laut Sulu. Cara ke Coron dan bagaimana mengeksplornya telah dibahas di tulisan sebelumnya. Kali ini kita bahas spot dan aktivitas apa saja yang favorit di Coron.

1. MOUNT TAPYAS

Salib raksasa di puncak Mount Tapyas

 

Meski disebut “mount” (gunung) namun tempat ini sebenarnya bukit setinggi 210 m di Coron Town. Di puncaknya terdapat salib raksasa dan tulisan “Coron”. Di bawah salib terdapat viewing deck untuk menikmati view 360 derajat Coron Town berikut kepulauan di sekitarnya. Biasanya jadi tempat favorit pengunjung menikmati sunset. Namun untuk sampai ke titik tertinggi harus menuntaskan 724 undakan beton yang curam.
Tiket masuk: gratis.
 

2. KAYANGAN LAKE

Danau ini adalah satu dari 13 danau yang terdapat di Pulau Coron (pulau ini berseberangan dengan Pulau Busuanga tempat Coron Town bercokol). Pernah melihat foto ikonik wisata Coron berupa pemandangan Coron Bay berikut bukit-bukit karst dan perairan berwarna hijau turkuois dengan jejeran perahu bangka (perahu tradisional) di dermaga kayu dari ketinggian? Nah foto-foto itu dipotret di sini.

 

Dermaga di Coron Bay

 

Kayangan Lake adalah sebuah danau berair sangat bening yang tersembunyi di balik hutan dan perbukitan karst. Untuk ke sini perlu trekking 15 menit naik dan turun. Tempat ini merupakan primadona pelancong untuk berenang dan berleha-leha.

 

Kayangan Lake dan boardwalk-nya

 

Di sekeliling danau ada boardwalk. Dari atas dok kayu itu pengunjung bisa duduk-duduk sambil melihat pemandangan batu karst yang mengelilingi danau atau sesekali mengintip dasar air yang jernih. Dalamnya danau 40 meteran. Jadi meski layak untuk bermain air namun harap berhati-hati. Wajib pakai pelampung bagi yang berenang.
Tiket masuk: 300 peso per orang (tiket sudah termasuk jika mengambil paket wisata dari agen).

 

3. TWIN LAGOON

Formasi bukit karst di dekat Twin Lagoon

 

Dua laguna yang dipisahkan tebing karst ini juga terletak di Pulau Coron. Salah satu destinasi “must-see” di Coron. Laguna pertama tempat kapal-kapal bersandar membawa pengunjung. Sedangkan laguna kedua tersembunyi di balik bukit karst yang hanya bisa diakses melalui celah di bawah formasi batu jika air sedang surut. Atau jika air pasang pengunjung bisa melalui tangga kayu yang tersedia. Di sini selain berenang pengunjung juga bisa snorkeling.
Tiket masuk: 300 peso per orang (tiket sudah termasuk jika mengambil paket wisata dari agen).
 

4. ATWAYAN BEACH

Perahu bangka di Atwayan Beach

 

Pantai kecil ini terletak di salah satu ceruk Pulau Coron yang dibatasi dinding karst menjulang seperti benteng raksasa. Pantainya tidak seberapa luas namun selalu dijadikan tempat singgah karena tersedia banyak sekali pondokan di bibir pantai. Biasanya pondokan itu dijadikan tempat bersantap siang (dengan bekal makanan yang dibawa sendiri). Perairan di sini juga termasuk dangkal jadi cocok untuk berenang dan bermain air. 
Tiket masuk: 100 peso per orang (tiket sudah termasuk jika mengambil paket wisata dari agen).

5. CYC (CORON YOUTH CLUB BEACH)

Perairan di sekitar CYC Beach

 

Ini salah satu pantai yang jadi primadona liburan keluarga warga lokal maupun pelancong asing. Lokasinya tidak seberapa jauh dari Coron Town. Lansekapnya merupakan gabungan dari pasir putih, hutan bakau dan formasi karang. Perairan di sekitarnya sangat bening. Koral, ikan giru (lebih dikenal dengan nama nemo) dan bintang laut mudah terlihat di sini. Pantainya relatif dangkal sehingga aman direnangi.
Tiket masuk: gratis (satu-satunya pantai bebas biaya di Coron).
 

6. BANANA ISLAND

Dikenal penduduk lokal sebagai Pulau Dicalabuan, Banana Island ini terletak di selatan Coron Town (dapat ditempuh sekitar 2 jam-an naik perahu bangka) dan menjadi tujuan utama island hopping. Sekujur pesisirnya berupa pantai kecil-kecil. Pengunjung biasanya berkumpul di pesisir utara yang merupakan titik favorit.

 

Banana Island

 

Tersedia toilet yang cukup bersih serta pondokan-pondokan untuk bersantap siang dengan hidangan yang biasanya sudah disiapkan awak kapal. Di sini kita bisa mengisi kegiatan dengan berenang, snorkeling, bermain voli pantai atau sekadar berleha-leha di atas hammock.

Tiket masuk: 200 peso per orang (tiket sudah termasuk jika mengambil paket wisata dari agen).
 

7. MALCAPUYA ISLAND

Pantai di Malcapuya Island

 

Inilah highlight dari island hopping di Coron. Letaknya agak jauh ke selatan Coron. Diberkahi pantai yang memanjang di salah satu sisi dengan butiran pasirnya yang putih berkilau dan halus seperti tepung. Di belakangnya berjejer pohon kelapa. Perairannya tenang dan relatif tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Tersedia pondokan tak jauh dari bibir pantai. Cocok untuk berleha-leha sambil memandangi lansekap yang sangat memanjakan mata.
Tiket masuk: 200 peso per orang (tiket sudah termasuk jika mengambil paket wisata dari agen).

8. BULOG DOS ISLAND

Perairan di sekitar Bulog Dos Island

 

Terletak di sisi selatan Coron (tidak jauh dari Banana Island). Ukurannya sangat mungil bahkan bisa dikelilingi hanya dalam setengah jam saja. Di sisi utaranya terdapat bukit karang tempat kita bisa melihat keseluruhan sisi pulau yang dikelilingi perairan sebening kristal. Sementara di sisi selatan terdapat sandbar (gusung pasir) yang pasirnya sangat halus dan bisa dilalui saat surut. Gusung pasir ini menghubungkan pulau ini dengan Bulalaco Island di mana ada areal privat milik Two Seasons Resort di semenanjung terujung pulau tersebut.
Tiket masuk: 100 peso per orang (tiket sudah termasuk jika mengambil paket wisata dari agen).
 

AKTIVITAS YANG BISA DILAKUKAN DI CORON

1. ISLAND HOPPING

Paket-paket wisata dengan berbagai tujuan pulau banyak ditawarkan oleh agen-agen wisata lokal maupun penginapan. Harganya tergantung jarak dan tujuan. Harga per orang 650-1.500 peso untuk join trip.

 

Jika berombongan dan ingin privat bisa menyewa kapal di dermaga di dekat pasar tradisional. Harganya 3.000-3.500 peso (tergantung keahlian menawar). Kapal-kapal bangka sewaan tersebut berkapasitas 15-an orang.

 

Jejeran bangka (perahu tradisional) untuk ber-island hopping

 

Paket tur biasanya termasuk santap siang di salah satu pulau di mana menunya telah disiapkan awak kapal. Namun di pasar di dekat dermaga kita juga bisa membeli sendiri berbagai kebutuhan seperti ikan dan sayuran untuk dimasakkan.

 

Baca juga: "Alternatif Wisata Santai di Filipina: Guimaras"



2. DIVING DAN SNORKELING

Selain diberkahi keindahan terumbu karang, salah satu keunggulan perairan Coron adalah adanya banyak bangkai kapal sisa Perang Dunia II milik Jepang. Inilah yang menjadi alasan Coron diminati banyak pehobi wisata bawah laut terutama wreck diving. Titik penyelaman favorit antara lain di Skeleton Wreck, Lusong Gunboat Shipwreck dan Irako Maru.

3. BERENDAM DI HOT SPRING

Tidak jauh dari Coron Town (5 km, 20 menitan berkendara) terdapat Maqunit Hot Spring yaitu kolam air panas alami. Tempatnya cukup luas dan menghadap ke laut. Sangat ideal untuk dijadikan tempat meregangkan otot setelah seharian puas ber-island hopping. Tiket masuk: 200 peso per orang.

4. HELICOPTER RIDE

Jika punya bujet lebih cobalah layanan yang memanjakan mata dengan melihat pemandangan spektakuler aerial Coron dari ketinggian. Paketnya banyak ditawarkan agen-agen lokal dengan harga berkisar 10.000 peso per grup (3 orang).
 

Teks & Foto: Dammer Saragih
Comment
Lola

It’s the best time to make some plans for the future and it is time to be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or advice. Maybe you can write next articles referring to this article. I wish to read more things about it! It is perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy. I’ve read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I want to read more things about it! I’ll immediately snatch your rss feed as I can’t find your email subscription link or e-newsletter service. Do you have any? Please permit me know so that I may subscribe. Thanks. http://foxnews.org

2020-04-14
Dannielle

I will immediately clutch your rss feed as I can’t find your e-mail subscription hyperlink or newsletter service. Do you’ve any? Please let me know so that I could subscribe. Thanks. I’ve been surfing on-line more than 3 hours as of late, yet I never found any attention-grabbing article like yours. It is lovely price sufficient for me. In my opinion, if all site owners and bloggers made good content as you probably did, the web can be a lot more useful than ever before. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you penning this article and the rest of the website is extremely good. http://nissan.com

2020-04-14