PANDUAN CERDAS EKSPLOR TAIWAN

PANDUAN CERDAS EKSPLOR TAIWAN

Friday, 14-12-2018 | 10:43

Yehliu Geopark

 

Taiwan yang merupakan negara kepulauan bagi sebagian orang mungkin identik dengan serial legendaris Meteor Garden, ada yang mengingatnya karena landmark gedung Taipei 101, atau ada juga yang mengidolakannya karena street food dan pasar malamnya juara. Apa pun kesan Anda tentang Taiwan, pastinya negeri Chiang Kai Shek ini punya beragam tawaran yang sulit ditolak.

 

INFO UMUM

Letak: Taiwan atau nama resminya Republic of China/ROC berada di Asia Timur. Terdiri dari Pulau Taiwan (dulu disebut Formosa) sebagai pulau utamanya, Pulau Penghu, Kinmen, Matsu dan beberapa pulau kecil lainnya yang berada di antara Laut China Selatan, Laut China Timur dan Samudera Pasifik. Taiwan tidak berbatasan darat dengan negara mana pun. Tapi bertetangga dengan RRC di barat, Jepang di timur laut, Korea di utara, dan Filipina di selatan.

Luas: 36.192 km2 (1/3 luas Pulau Jawa).

Ibu kota: Taipei yang berada di bagian utara Pulau Taiwan.

Kota Taipei dikelilingi wilayah New Taipei City yang merupakan pengembangan dari Kota Taipei. New Taipei City paling utara adalah Keelung, lalu Yilan di bagian paling selatan, dan Taoyuan di barat daya.

Kota wisata lainnya: Taichung, Tainan, Kaohsiung, Hualien, Nantou.

Suku asli Taiwan: Suku bangsa Austronesia yang punya hubungan erat dengan suku Austronesia lainnya dari Filipina, Malaysia, Indonesia. Jadi jangan bingung kalau ada yang mirip orang Dayak baik karakter wajah maupun baju tradisionalnya.

 

Zona waktu: GMT+8 (sama dengan WITA).

Bahasa: Resminya Mandarin. Tapi sebagian besar penduduknya lebih suka bicara dalam bahasa Tai Yu (dialek Hokkien versi Taiwan).

Mata uang: New Taiwan Dollar (TWD atau atau sering disingkat NT).

Kode telepon: +886

Stop kontak: Dua lubang pipih; ada juga 3 lubang (dua lubang pipih plus 1 lubang bundar). Diperlukan travel adaptor.

Internet/Wi-Fi: Ada akses Wi-Fi i-Taiwan yang bisa dimanfaatkan dengan cara mendaftar dulu secara online. Aksesnya tersebar di beberapa tempat wisata dan stasiun transportasi. Silakan cek itaiwan.taiwan.net.tw

Kebiasaan tipping: Tidak terlalu diharapkan. Hotel maupun restoran sudah menambahkan 10% untuk jasa pelayanan. Taksi juga dibayar sesuai argo. Tapi jika ikut tur yang ada pemandu dan supir, tentu berlaku standar tip secara internasional atau sesusai petunjuk.

Makanan halal: Biro Pariwisata Taiwan dan Asosiasi Muslim China Taiwan telah menerbitkan sertifikat halal bagi restoran yang menyediakan makanan halal. Sertifikat tersebut terdiri dari Muslim Restaurant (MR), Muslim-Friendly Restaurant (MFR), Muslim-Friendly Tourism (MFT), Muslim Snack Shop (MSS), Halal Kitchen (HK). Informasi lebih detil silakan klik taiwan.net.tw - Travel Suggestions - Muslim Friendly Environment. Atau bisa ke situs Asosiasi Muslim China Taiwan www.cmainroc.org.tw

 

VISA

Pengajuan visa ke Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Gedung Artha Graha Lt.12, Jl. Jenderal Sudirman Kav.52-53, Jakarta 12190. Telepon (021) 515 1111.

 

Ada dua cara pengajuan visa Taiwan:

1. Grup berkualitas akan bebas biaya visa

Dengan mengambil paket wisata dari biro perjalanan yang ditunjuk, Anda dapat mengajukan visa turis tanpa surat keterangan kerja dan bukti keuangan, biaya visanya pun gratis. Untuk lebih jelas, silakan menghubungi Kantor Pariwisata Taiwan di Kuala Lumpur atau buka situs: http://www.taiwan.net.my/id

 

2. Mengajukan visa Taiwan dengan akses internet

WNI yang mempunyai visa Taiwan, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea dan Uni Eropa Schengen yang masih berlaku (termasuk PR) atau telah kadaluarsa dalam 10 tahun terakhir, dapat secara langsung mengajukan visa Taiwan di situs internet. Secara detilnya dapat dilihat di https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/ 

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

Best time to visit, terutama November. Secara umum September-November adalah musim gugur, udara relatif sejuk, nggak banyak hujan, tapi terkadang ada taifun, terutama September.

 

Kalau mau melihat sakura datanglah saat Maret-Mei, musim semi. Tapi cuaca sering berubah-ubah saat musim ini.

 

CARA KE TAIWAN

Dari Jakarta ke Taipei (Taoyuan Internasional Airport):

Pilihan maskapainya cukup banyak untuk rute dari Jakarta ke Bandara Taoyuan, antara lain AirAsia dan Scoot yang merupakan budget airline, juga Cathay Pacific, China Airlines, Eva Air, dan Garuda Indonesia yang merupakan full board airline. Harga normal budget airline PP mulai USD 200 dan full board airline mulai USD 350. Lama penerbangan langsung 5,5 jam.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA TAOYUAN KE PUSAT KOTA TAIPEI

Bisa naik Taoyuan Metro, hanya 37 menit mencapai pusat kota. Ada pilihan single journey ticket/one day pass, periodic ticket/group ticket, multi-ride ticket. Jam operasional dari pukul 06.00 hingga 23.00. Lengkapnya silakan buka: https://www.tymetro.com.tw/tymetro-new/en/index.php

 

TRANSPORTASI DI DALAM KOTA

Di Taipei pilihan transportasi cukup lengkap, ada metro (MRT), bus kota, taksi, penyewaan motor maupun sepeda. Jika kita berencana sering naik MRT, lebih baik beli Easy Card. Ada juga daily pass, seperti Taipei Pass dan pass di kota-kota lainnya. Tapi kalau nggak banyak keliling kota dengan transportasi publik tak perlu beli daily pass. Di kota-kota lain transportasinya kurang lebih sama.

 

 

TRANSPORTASI ANTARKOTA

  • Bus antarkota, salah satunya U Bus. Beroperasi 24 jam.
  • Bus pariwisata double decker.
  • Kereta konvensional, ada yang cepat, ada juga yang biasa.
  • Taiwan High Speed Rail (semacam shinkansen di Jepang).

Terminal bus dan stasiun kereta terkoneksi dengan underground passage.

 

MUST DO

  • Eksplor pasar malam yang ada di tiap kota. Yang terbesar dan terkenal: Shilin Night Market di Taipei. Sedangkan di Kaohsiung ada Liuhe Seafood Night Market.
  • Belanja atau sekadar window shopping di Ximending, Taipei, semacam Harajuku-nya Taiwan.

 

MAKANAN DAN MINUMAN YANG PERLU DICICIP

Stinky toufu

  • Ji pai (crispy chicken cutlet).
  • Chou doufu (stinky tofu/tahu bau).
  • Bubble tea aneka rasa. Favorit: Taro Pearl Milk Tea.
  • Niu rou mian (beef noodle).
  • Lu wei (masakan rebusan kecap).
  • Mang guo bing (es serut dengan topping potongan mangga).
  • Xiao long bao (sejenis dumpling).
  • Lu rou fan (daging babi cincang kecap khas Taiwan).

 

Warning! Kecuali jenis dessert atau minuman, beberapa jenis makanan di Taiwan mengandung babi.

 

Baca juga: "8 Best Taiwan Street Food. Jangan Lewatkan yang No.8"

 

PENGINAPAN

Hotel *3 di Taipei tarifnya mulai NT 2.000/kamar. Di kota lain lebih murah.

Backpacker hostel: mulai NT 600/kamar.

Rekomendasi: Di Taipei, bagi yang suka belanja, menginaplah di kawasan Ximending sehingga bisa memanfaatkan sisa waktu di malam hari untuk belanja-belenji di area ini yang ramainya di malam hari ini.

 

TEMPAT-TEMPAT WISATA POPULER

Taipei: National Palace Museum, Chiang Kai Shek Memorial Hall, Taipei 101, National Revolutionary Martyrs’ Shrine, Taipei Zoo, Yehliu Geopark (tepatnya di daerah Wanli, 1,5 jam dari Taipei), Maokong Gondola , Long Shan Temple, Elephant Mountain, Yangmingshan National Park (45 menit dari Taipei).

Taichung: Gaomei Wetland, Lavender Cottage, Rainbow Village, Maple Garden, The National Museum of Natural Science, Xinshe Sea of Flowers.

Tainan: Qigu Salt Mountain, Anping Harbor, The Grand Matsu Temple, Taiwan Confucian Temple, Beimen Crystal Church.

Kaohsiung: Fo Guang Shan, Love River, Lotus Pond, Cijin Island, Takao Railway Museum.

 

Fo Guang Shan

 

Hualien: Taroko Gorge National Park, Farglory Ocean Park.

Nantou: Sun Moon Lake, Formosa Aboriginal Cultural Village, Qing Jing Farm (Sheep Farm Little Swiss Garden).

Chiayi: Ali Mountain (Alishan).

Teks: Mayawati NH Foto: Taiwan Tourism Bureau

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


555

Back to Top