PANDUAN CERDAS EKSPLOR VIENNA

PANDUAN CERDAS EKSPLOR VIENNA

Friday, 29-09-2017 | 00:24

 

Vienna, kota yang identik dengan musik klasik, Mozart, wiener schnitzel, dikenal memiliki kualitas hidup yang baik. Ada banyak alasan untuk mengunjunginya, mulai dari budaya yang kaya, tradisi yang masih bertahan, arsitektur yang menakjubkan, kafe khas serta cara hidup masyarakatnya. Vienna juga memiliki banyak tempat wisata menarik seperti museum kontemporer, tempat belanja, restoran hingga sudut-sudut kotanya yang eksotis.

 

SEJARAH SINGKAT

Selama abad ke-19 Vienna merupakan ibu kota Kekaisaran Austria dan kemudian Austro-Hongaria (1867–1918), dan pernah menjadi salah satu kota terbesar di Eropa. Setelah pemisahan Kekaisaran Austro-Hongaria dalam Perang Dunia I, Vienna menjadi ibu kota Republik Austria. Pada tahun 2011 kota ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Bangunan peninggalannya didominasi gaya Barok yang sebagian besar diciptakan di masa Ratu Maria Theresia (1740-1780) dan Kaisar Franz Joseph I (1848-1916).

 

Maria-Theresien-Platz

 

LETAK GEOGRAFIS

 

Letak Austria: Di Eropa Tengah, terkurung wilayah daratan yang berbatasan langsung dengan Jerman dan Ceko di utara, Swiss dan Liechtenstein di barat, Italia dan Slovenia di selatan, Hongaria dan Slovakia di timur. Republik Austria memiliki 9 states, dan Vienna sebagai ibu kota negara.

Letak Vienna: Di sisi timur laut wilayah Austria, dekat Bratislava di Slovakia.

Luas Vienna: 414,65 km2 (bandingkan dengan Jakarta yang luasnya 740 km2).

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

April (permulaan musim semi) hingga Oktober (memasuki musim gugur) karena nggak terlalu dingin. Saat musim panas suhu udara bisa mencapai 30 derajat.

 

VISA

Permohonan Visa Schengen bisa melalui Kedutaan Austria di:

Jl. Diponegoro 44, Menteng, Jakarta Pusat 10310

Telp: (021) 23554005

Faks: (021) 31904881

Email: jakarta-ob@bmeia.gv.at

Website: www.austrian-embassy.or.id

 

Kita diwajibkan langsung ke kedutaan dengan menyerahkan formulir visa yang sudah diisi disertai kelengkapan dokumen.

 

ZONA WAKTU

GMT+1 (6 jam lebih lambat dari WIB) saat musim gugur dan dingin. Saat musim semi dan panas GMT+2.

 

BAHASA

Bahasa Jerman. Tapi tak perlu khawatir karena semua petunjuk juga tertulis dalam bahasa Inggris.  Begitu juga sebagian warganya bisa berbahasa Inggris.

 

KODE TELEPON

Austria: +43

Vienna: 1

 

MATA UANG

Euro (EUR). EUR 1= +/-Rp 15.900

 

 

CARA KE VIENNA

Hampir semua maskapai internasional melayani rute menuju Vienna International Airport dari Jakarta, antara lain Emirates, KLM, Lufthansa, Etihad, Qatar Airways, Turkish Airlines. Rata-rata harga tiket pesawat Jakarta-Vienna PP USD 1.250-1.450 untuk kelas ekonomi. Lama penerbangan +/-18 jam sudah termasuk transit.

 

DARI BANDARA KE PUSAT KOTA

Butuh waktu +/-16 menit dengan kereta cepat CAT (City Airport Train) yang stasiunnya terhubung langsung dengan bandara. Cukup membeli tiket di mesin yang berada di stasiun kereta atau di tempat pengambilan bagasi di bandara. Harga tiket EUR 12 sekali jalan atau EUR 17 PP.

 

VIENNA CARD

Sama seperti negara Eropa lainnya yang memiliki pass card bagi turis untuk memudahkan mereka menikmati segala fasilitas, Vienna juga memiliki Vienna Card yang dapat dibeli online maupun di pusat informasi turis di pusat kota. Kartu ini tersedia untuk minimal 48 jam hingga 72 jam. Lewat buku panduannya kita dapat mengetahui tempat-tempat yang bisa dikunjungi dan moda transportasi yang dapat digunakan tanpa membayar lagi. Kartu ini juga memberikan diskon tiket masuk beberapa tempat wisata. Website: www.viennapass.com

 

HOP ON HOP OFF BUS

Selain berjalan kaki, salah satu alternatif mengelilingi Vienna adalah dengan bus wisata. Dengan Hop on Hop off Bus ini kita bisa naik dan turun sesukanya di tempat wisata yang dilewati. Ada 5 pilihan rute: red line, yellow line, blue line, green line dan grey line.

 

VIENNA TOURISM CENTER

Albertinaplatz, Ecke Maysedergasse, 1010 Vienna

Letaknya di depan Museum Albertina.

www.wine.info

 

SISTEM TRANSPORTASI

Trem di Vienna

 

Bus, kereta bawah tanah (U-Bahn), Rapid transport line (S–Bahn), trem dan kereta api regional akan membawa kita ke mana saja di kota dalam waktu singkat. Sistem transportasi ini dioperasikan Wiener Linien dan terbagi dalam 8 zona.

 

Satu tiket dapat digunakan di semua sistem transportasi dan harganya tergantung zona yang dilalui. Tiket selain dapat dibeli di mesin tiket di stasiun, juga dapat dibeli online dan bervariasi jenisnya. Untuk turis, bisa menggunakan single ticket, 24-72 jam, weekly pass, dan kalau kita menggunakan Vienna Card, nggak perlu lagi membeli tiket transportasi.

 

KULINER

Cobalah wiener schnitzel (biasanya menggunakan daging babi), chicken schnitzel, apple struddle dan sacher torte. Hampir semua restoran maupun kafe yang ada di pusat kota menyajikan makanan ini.

 

Wiener schnitzel

 

Berikut beberapa restoran dan kafe yang dapat dicoba:

Figlmueller

Restoran yang memiliki dua cabang di Vienna ini dikenal sebagai home of schnitzel lebih dari 100 tahun.

 

Gasthaus Pfudl

Salah satu restoran sekaligus tavern yang menyajikan makanan otentik Viennese dan berada di Distrik 1.

 

Zanoni & Zanoni

Kafe ini memiliki beberapa cabang di pusat kota Vienna. Di sini kita bisa menikmati dessert seperti es krim gelato, frozen yoghurt, cake dan apple struddle.

 

Cafe Sacher

Kafe yang wajib dikunjungi saat ada di Vienna, tetapi harus rela antre panjang untuk bisa mencoba sachertorte-nya yang terkenal sejak 1832. Didesain dengan interior klasik, menjadikannya tepat untuk menikmati suasana Viennese coffee-house.

 

Aida

Kafe yang juga menyajikan aneka dessert, mulai cokelat, cake, apple struddle dan juga menu sarapan ini sudah ada sejak 1913. Dibandingkan dengan kafe-kafe lain, desain interior Aida memang terlihat lebih kuno dengan warna pink sebagai ciri khasnya.

 

PENGINAPAN

Rekomendasi hotel:

Hotel Sacher

Merupakan salah satu hotel bintang lima terbaik di Austria. Lokasinya tak jauh dari Vienna Opera House. Harga kamar per malam untuk superior mulai EUR 485 sudah termasuk sarapan hingga EUR 6.650 untuk kamar presidential suite.

 

Meininger Hotel

Terdapat beberapa lokasi di Vienna, salah satunya dekat central station. Lebih seperti budget hotel dengan gaya modern minimalis dan harga terjangkau. Berkisar mulai EUR 17/orang/malam untuk satu tempat tidur di dorm area. Sementara untuk private double bed room berkisar EUR 31,50/orang atau EUR 63/kamar.

 

NH Hotel

Hotel berbintang empat yang lokasinya di salah satu area pusat perbelanjaan Mariahilfer. Di sekitarnya juga banyak terdapat restoran, kafe, dan bar. Cuma 5 menit menggunakan kereta bawah tanah (U3) dari alun-alun Stephansplatz. Harga kamarnya mulai EUR 69 untuk kamar standar hingga EUR 134,80 untuk kamar superior.

 

OBYEK WISATANYA

Schönbrunn Palace

 

Stephansplatz & Stephansdom, Mariahilfer Strasse, The Vienna Naschmarkt, Schönbrunn Palace, Teater Marionette, Hofburg-Imperial Palace, Vienna’s Ringstrasse, Lower Belvedere dan Upper Belvedere, Rathaus Vienna, Austrian National Library, Art and History Museum (Kunsthistorisches Museum) & Natural History Museum, Leopold Museum, Mumok, Albertina Museum

 

REKOMENDASI ITINERARY

Hari 1: Terbang dari Jakarta ke Vienna dengan penerbangan malam

Hari 2: Tiba di Vienna

             Hop on hop off tour

             Sightseeing di Stephansplatz & Stephansdom

             Makan es krim di Zanoni & Zanoni

Hari 3:  Hofburg Vienna        

             The Vienna Naschmarkt

             Schonbrunn Palace

             Makan wiener scnitzel di Figlmuller

Hari 4: Lower & Upper Belvedere              

             Sightseeing di Mariahilfer Strasse

             Makan sacher torte di Cafe Sacher

Hari 5: Albertina Museum

             Austrian National Library

             Sightseeing di Vienna Ringstrasse

Hari 6: Museum Quartier       

             Belanja oleh-oleh

Hari 7: Kembali ke Jakarta

 

Teks: Regina Sari Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


912

Back to Top