PANDUAN CARA KE OKAYAMA & TRANSPORTASI DALAM KOTANYA 2021-02-26 19:00

Cantiknya Okayama dengan kastil dan tamannya

 

Bosan dengan destinasi Jepang yang umum? Cobalah berwisata ke Okayama. Mudah mencapainya. Cukup naik bus malam dari Shinjuku Station di Tokyo, sampailah di Okayama! Pilihan naik pesawat juga tentunya tersedia.

 

Baca juga: “Mari Mengenal Okayama dari Kastil dan Tamannya Yang Terindah

 

CARA KE OKAYAMA DENGAN PESAWAT

- Dari Tokyo (Bandara Haneda) ke Okayama Airport (OKJ) Trippers bisa menumpang pesawat ANA dan JAL dengan biaya terendah 12.290 yen hingga lebih dari 43.290 yen sekali jalan (tergantung kelasnya). Perjalanan ditempuh 1 jam 15 menit.

- Dari Osaka ke Okayama harus transit di Haneda, kemudian dilanjutkan ke Okayama dan biayanya cukup mahal sekitar 100.000 yen.

 

Okayama Airport sendiri berjarak 10 km ke arah barat laut dari Okayama Station, tempat Shinkansen berhenti.

 

CARA KE OKAYAMA DENGAN KERETA

Dari Tokyo Station menuju Okayama Station melalui Sanyo Shinkansen Line. Ada 5 jenis kereta yang melayani perjalanan ke Okayama yaitu Nozomi, Mizuho, Sakura, Hikari dan Kodama. Kereta yang langsung dari Tokyo menuju Okayama hanya jenis Nozomi (3 jam 20 menit) dan Hikari (lebih dari 4 jam), dengan biaya mulai 16.300 yen sekali jalan. Sedangkan jenis kereta Kodama dan Hikari dari Tokyo harus berganti kereta di Shizuoka atau di Shin-Osaka, tanpa ada perbedaan biaya yang berarti. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di JR Tours website.

 

Bagi pemilik Japan Rail Pass, hanya berlaku untuk jenis kereta Hikari, Kodama, dan Sakura Shinkansen. Tidak berlaku untuk Nozomi dan Mizuho Shinkansen.

 

Bila biaya yang menjadi pertimbangan, coba naik kereta lokal dengan biaya sekitar 12.000 yen tapi makan waktu 12 jam.

 

 

CARA KE OKAYAMA DENGAN BUS UMUM

Ada 3 jenis bus umum yang melayani rute Tokyo–Okayama:

1. Ryobi Bus (bus malam) dengan tarif 6.200–10.080 yen sekali jalan dan tergantung dari tempat keberangkatan. Lama perjalanan 11 jam.

2. Odakyu Bus (bus malam) dengan tarif 11.000-12.000 yen sekali jalan. Lama perjalanan 9 jam.  Website by 'KHOBHO'.

3. Willer Bus (bus malam) dengan tarif sekitar 9.900 yen sekali jalan. Untuk Willer Express Bus yang langsung ke Okayama Station (tidak ada jemput dan antar penumpang di mana pun) biayanya mulai 5.440 yen sekali jalan. Lama perjalanan 10 jam.

 

Lebih lengkap, silakan baca di sini:

Cek https://www.city-cost.com/blogs/City-Cost/wX9XM-money_transportation_tokyo_okayama

 

Baca juga: "6 Atraksi Wisata Wajib di Kawaguchiko Gunung Fuji"

 

TRANSPORTASI DI DALAM KOTA OKAYAMA

- Naik kereta untuk ke tempat-tempat yang agak pinggiran, seperti Kibitsu Jinja atau Uno Port. Atau naik tram, misalnya dari Okayama Eki Mae Station jurusan Higashiyama. Turun di Shiroshita Station (sekitar 200 yen). Ada dua line/jurusan tram:

   1. Higashiyama Line: Okayama-Ekimae —Yanagawa — Higashiyama

   2. Seikibashi Line: Okayama-Ekimae — Yanagawa — Seikibashi

- Cara pembayaran/pembelian tiket: Bisa memakai IC Card (kartu pass untuk transportasi di seluruh Jepang), dapat dibeli di stasiun kereta/MRT.

- Ferry dari Uno Port menuju Miyanoura Port atau Honmura Port di Naoshima Island. Tidak tercover JR Pass.

 

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

Prefektur Okayama memiliki keunikan masing-masing di setiap musim. Tetapi disarankan untuk mengunjungi Korakuen Garden saat musim gugur, karena taman ini memiliki pemandangan daun momiji berwarna merah yang sangat terkenal keindahannya.

 

DURASI IDEAL EKSPLOR OKAYAMA

3-4 hari untuk mengelilingi Okayama dan pulau sekitarnya.

 

Baca juga: "Sebelum ke Yokohama, Baca Dulu Panduan Ini Ya"

 

MAKANAN

Okayama cukup terkenal dengan seafood-nya seperti gurita dan oyster. Bisa coba Barazushi, seperti sashimi yang ditaruh di atas semangkuk nasi panas. Bisa juga mencoba anggur Okayama dan peach-nya yang terkenal di Jepang.

 

Kurs yen: +/-Rp130

 

Catatan: Semua harga yang dicantumkan bisa berubah sewaktu-waktu.

 

 

Teks: Fidelia Alamsjah Foto: www.okayama-japan.jp
Comment