BENARKAH JALAN-JALAN KE OSLO MAHAL?

BENARKAH JALAN-JALAN KE OSLO MAHAL?

Monday, 27-05-2019 | 22:46

Opera House, salah satu objek wisata di Oslo

 

Oslo, ibu kota Norwegia, selalu berlangit kelabu saat musim dingin yang penuh salju. Tapi jangan dulu berpikir nggak cocok berwisata ke kota berpenduduk terbanyak di Norwegia ini saat musim dingin. Justru menyenangkan karena suasananya tenang dan damai. Di musim lain pun tentunya sama menarik dengan pengalaman yang berbeda. Tapi, katanya ke Oslo mahal?

 

Baca juga: "10 Daya Tarik Norwegia, yang No.3 Paling Instagrammable!"

 

MUSIM DINGIN DI NORWEGIA

Norwegia sebagai negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia, merupakan negara 4 musim. Pada musim dingin kita bisa merasakan suasana terang yang hanya beberapa jam saja dan juga salju. Saat akhir November misalnya, langit terang mulai jam 10 pagi dan menjelang jam 4 sore sudah gelap. Suhu udara 0 derajat Celcius dan akan semakin dingin di bulan Desember.

 

Baca juga: "Svalbard Norwegia, Tempat di mana Polar Bear Lebih Banyak dari Manusia"

 

MATA UANG

Krona Norwegia (NOK). NOK 1= +/-Rp 1.650.

NOK sulit didapatkan di money changer di Indonesia, jadi bawalah Euro atau USD dan tukarkan saat tiba di Oslo. USD 1= +/-NOK 8,50. EUR 1= +/-NOK 9,75.

 

ZONA WAKTU

GMT+1 (lebih lambat 6 jam dari WIB)

 

VISA

Schengen Visa dan aplikasi diajukan ke VFS.

Kuningan City Mall 1st floor

Jl. Prof.Dr. Satrio Kav 18, Setiabudi - Kuningan

Jakarta 12940

Helpline number: (021) 30418705

 

CARA KE OSLO

Tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Oslo. Alternatifnya:

- Dari Singapura dengan Norwegian Air. Durasi 20-22 jam termasuk transit di London Gatwick. Harga tiket PP normal EUR 765 (sekitar Rp 12,3 juta). Harga bisa lebih murah jika beli jauh-jauh bulan.

- Dari Hong Kong dengan Aeroflot. Durasi 14-16 jam termasuk transit di Moskow. Harga tiket PP normal sekitar Rp9 juta-an.

- Jika ke Oslo sekalian dibarengi dengan jalan-jalan keliling negara-negara Skandinavia, alternatif lainnya naik Singapore Airlines dari Jakarta ke Stockholm, Swedia (transit di Singapura dan Moskow). Durasi total termasuk transit 17-23 jam. Harga tiket PP normal Rp14 jutaan.

- Jika ke Oslo digabungkan dengan ke Kopenhagen, Denmark, kita bisa memilih DFDS Seaways Mini Cruise yang melayani rute Kopenhangen ke Oslo (Cara ke Kopenhagen dari Jakarta bisa dibaca di MyTrip vol 28/2016). Dengan cruise satu malam ini kita bisa menikmati pemandangan cantik fyord Oslo, dan tentunya juga menikmati fasilitas dan suasana di dalam kapal cruise, di antaranya buffet dinner, belanja barang bebas pajak yang juga banyak diskon, kasino atau sekadar main game. Rute ini tampaknya rute favorit penduduk lokal saat akhir pekan --mereka pulang pergi dengan kapal ini dan hanya main beberapa jam di Oslo atau sebaliknya. Harga tiket variatif tergantung jenis kamar dan waktu (akhir pekan paling mahal). Cek www.dfdsseaways.com

 

DFDS Seaways

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA OSLO KE TENGAH KOTA

Dari Gardermoen Airport (bandara utama Oslo) ke Oslo Central Station dengan Flytoget Express Train, waktu tempuh 19 menit dan harga tiket sekali jalannya NOK 180. Tiket dapat dibeli di mesin tiket.

 

TRANSPORTASI DI DALAM KOTA

Transportasi umum bus dan tram. Bersih dan teratur. Namun jika bepergian pada musim dingin disarankan menggunakan city tour. Boleh coba H.M.K Oslo Citysightseeing selama 4 jam 45 menit dengan harga NOK 450 (www.sightseeingoslo.com).

 

REKOMENDASI HOTEL

  • Thon Hotel Opera (*4,5), Dronning Eufemias Gate 4, 0191 Oslo. Terletak 300 m dari Opera House, dan dari lantai 2 hotel dapat menuju Oslo Central Station dengan berjalan kaki +/-100 m saja. Harga +/-USD 250/malam.

Thon Hotel Opera

 

  • First Hotel Millennium Oslo (*3,5), Tollbugaten 25, 0157 Oslo. Terletak 200 m dari shopping street dan 700 m dari Oslo Central Station. Harga +/-USD 170/malam.

 

MAHALKAH OSLO?

Ya, di Norwegia secara keseluruhan biaya hidup memang tinggi dan pajaknya pun tinggi (pajak penghasilan 40%). Harga makanan misalnya, rata-rata 3-4 kali lipat harga makanan di mal-mal Jakarta. Makan berdua dengan hanya 2 menu dan minum teh saja bisa Rp500.000. VAT (PPN) makanan 25%.

 

Penduduknya yang sedikit membuat hidup di sini nyaman dan cenderung sepi. Oslo yang penduduknya terbanyak aja tampak sepi tapi sentuhan modern terasa terutama transportasi umumnya.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

Oslo Opera House, City Hall, Ostbanhallen, Holmenkollen, Vigeland Sculpture Park, Fram Museum, Viking Museum. Baca lengkapnya di tulisan berikutnya.

 

 

 

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, Shutterstock, www.thonhotels.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


763

Back to Top