24 NEGARA DAN JULUKANNYA (Bagian 3-Tamat)

24 NEGARA DAN JULUKANNYA (Bagian 3-Tamat)

Sunday, 29-05-2016 | 18:41

Ternyata tidak hanya orang saja yang mempunyai nama lain atau alias (a.k.a), negara pun memiliki julukan tersendiri. Entah karena mitos, sejarah, budaya, seni, cinderamata, desain, bangunan dan masih banyak alasan lain yang menjadikan negara tersebut mempunyai julukan tersendiri. Coba simak 30 negara yang tersebar di seluruh muka bumi ini mendapat julukan karena apa?

17. MYANMAR = NEGERI SERIBU PAGODA

Myanmar merupakan negara berbasis kerajaan yang terakhir kali diduduki oleh Inggris. Pada masa perang rakyat Myanmar menggunakan pagoda untuk menandakan kemenangan. Seiring zaman pagoda pun menjadi budaya di seluruh Myanmar. Terdapat ribuan pagoda di Myanmar, dari yang kecil hingga berupa tempat tinggal. Pagoda tertua dan terbesar adalah Pagoda Shwedagon dengan usia sekitar 2.500 tahun. Namun Pagoda Sule yang mempunyai tinggi 48 m bersepuhkan emas dan berusia 2.000 tahun dianggap lebih memberikan ciri khas sebagai Pagoda Myanmar.

 

18. UNI SOVIET (RUSIA) = NEGERI TIRAI BESI

Ini adalah strategi atau upaya Uni Soviet pada tahun 1946 untuk memutuskan hubungan dengan negara-negara Eropa Timur yang diduduki negara Barat. Winston Churchill (PM Inggris tahun 1940-1945) pencetus istilah “Tirai Besi” ini berhasil menguasai Rumania, Bulgaria, Polandia dan juga Hungaria. Walaupun Uni Soviet  kini sudah tidak ada lagi alias bubar tahun 1991 dan menyisakan negara-negara merdeka dengan negara terbesarnya Rusia, dunia tetap menjuluki Rusia Negeri Tirai Besi.

 

19. SELANDIA BARU = NEGERI KIWI

Ada kisah tentang seorang lelaki kelahiran Skotlandia yang pada permulaan tahun 1900 membuat semir sepatu yang mampu membuat sepatu bersinar, tahan air, awet dan lembut, dan dinamakan dengan semir Kiwi. Sebutan itu ia berikan sebagai bentuk penghargaan bagi negara calon istrinya yang berasal dari Oamaru, Selandia Baru. Semir sepatu itu menjadi populer selama masa Perang Dunia I. Pasukan Amerika dan Inggris menyukai semir tersebut dan akhirnya menyebut orang-orang Selandia Baru dengan sebutan kiwi. Di sisi lain, kiwi juga merupakan nama jenis burung yang tidak dapat terbang, dan hanya hidup di Selandia Baru. Meskipun terlihat lemah namun burung ini telah berendemik selama jutaan tahun dan selamat hingga kini. Karena semangat burung kiwi inilah penduduk di Selandia Baru menjadikannya simbol dari usia, ras, gender dan kepercayaan.

 

20. SINGAPURA = FINE COUNTRY (NEGERI 1001 DENDA)

Negeri yang besarnya tidak lebih luas dari Kota Padang ini mempunyai banyak aturan yang harus dipatuhi, baik oleh wisatawan maupun penduduk lokalnya. Semua aturan/larangan itu dibuat untuk kenyamanan bersama. CCTV ada di setiap pelosok untuk memantau. Hukuman berupa denda atau penjara sangat tegas dilaksanakan. Jarang terlihat polisi berseragam, namun jangan kaget bila saat Anda melakukan kesalahan, hanya dalam beberapa detik atau menit sudah ada polisi “preman” yang menghampiri Anda. Dan, Anda pun kena denda!


21. SPANYOL = NEGERI MATADOR

Matador secara harafiah mempunyai arti “pembunuh”. Merupakan kebudayaan Negara Spanyol, berupa pertarungan antara manusia (torero) dengan banteng. Bagi torero sendiri pertarungan melawan banteng merupakan kebanggaan dan lambang kejantanan, di mana pada akhirnya hampir selalu dimenangkan oleh torero. Torero termuda bernama Michelito Lagravere berusia 11 tahun dan sanggup membunuh banteng dengan berat 272 kg --tidak hanya 1 banteng, melainkan sekaligus 6 banteng! Sampai saat ini kegiatan ini masih ada dan menjadi ajang menarik banyak wisatawan seluruh dunia.

 

22. THAILAND = NEGERI GAJAH PUTIH

Gajah putih sebenarnya tidaklah putih melainkan abu-abu pucat. Konon kabarnya Dewa Indra mempunyai gajah yang dinamakan Airawatadan dan dinobatkan sebagai raja dari seluruh gajah. Dalam ajaran agama Hindu dan Buddha dianggap bahwa gajah putih adalah hewan suci. Pada kerajaan Thailand, semakin banyak sebuah kerajaan memiliki gajah putih, semakin besar pula kekuatan yang dimilikinya.

 

23. TIBET = NEGERI ATAP DUNIA

Disebut Atap Dunia karena ketinggian rata-rata di sana di atas 4.000 mdpl. Puncak-puncak gunungnya malah mencapai lebih dari 8.000-an mdpl dengan Everest yang tertinggi (8.848 mdpl). Banyak wisata manakjubkan di pegunungan Tibet ini salah satunya adalah Nam Tso Lake.  Danau seluas +/-2 km2 dan berada di ketinggia 4.718 mdpl ini merupakan danau air asin tertinggi di seluruh dunia. Ada juga Gunung Kailash yang merupakan gunung suci bagi penganut Hindu –di sekitarnya terdapat 5 kuil eksotis yang tidak kalah menariknya. Semua itu terasa dekat dengan birunya langit, seakan-akan Tibet menyangga langit agar tidak runtuh.

 

24. YUNANI = NEGERI PERADABAN/ NEGERI PARA DEWA

Sistem kepercayaan masyarakat pada peradaban Yunani Kuno adalah memuja banyak dewa atau Politeis. Uniknya mereka menyimbolkan para dewa-dewi itu dengan bentuk mirip manusia karena mereka percaya bahwa dewa mempunyai sifat yang hampir sama seperti manusia yaitu baik dan jahat. Perbedaannya adalah mereka lebih kuat dan hidup abadi. Mereka juga percaya bahwa dewa-dewi itu sangat berperan dalam perang dan kehidupan sehari-hari. Peradaban Yunani Kuno ini merupakan peradaban tertua di dunia, akar dari penyebaran ke seluruh bangsa di dunia, khususnya Eropa. Banyak bangunan yang tersisa di Negara Yunani menggambarkan area pemujaan kepada para dewa dan dipercaya hingga kini masih dalam perlindungan kekuatan para dewa sehingga tidak runtuh.

Teks: Fransiskus Ipang K Foto: Istimewa, Hemawati NH, Mayawati NH, Positively Wellington Tourism Shutterstock

1 COMMENTS


Yati Pratondo May 29, 2016 Reply

Yg blum spanyol tibet n yunani.


545

Back to Top