ALTERNATIF WISATA DI SALATIGA: SENDANG SENJOYO

ALTERNATIF WISATA DI SALATIGA: SENDANG SENJOYO

Friday, 30-11-2018 | 08:54

Ribuan ikan koi di Sendang Senjoyo

 

Barangkali ada yang belum tahu, dulunya tempat ini biasa dipakai untuk mandi atau mencuci pakaian. Tapi kini tidak lagi, sebab Sendang Senjoyo sudah dipermak ulang menjadi destinasi wisata alam layaknya Tirta Gangga di Kabupaten Karangasem, Bali.

 

Sendang Senjoyo terletak di Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kota Salatiga dan merupakan wilayah yang sangat penting bagi masyarakat Salatiga dan sekitarnya. Bagaimana tidak, sumber mata air untuk Salatiga dan sekitarnya sepenuhnya bergantung pada aliran Sendang Senjoyo tersebut. Jadi walaupun secara administratif masuk Kabupaten Semarang, Sendang Senjoyo lebih dekat ke Salatiga daripada Kota Semarang.

 

 

Airnya sangat jernih, sejuk, selalu mengalir tiada henti serta dinaungi pepohonan besar yang konon telah berusia ratusan tahun. Tempat ini memang sangat cocok dinikmati untuk mencari ketenangan sembari menikmati secangkir kopi di siang hari.

 

Belum lama ini Sendang Senjoyo telah mengalami perkembangan dalam hal pariwisata. Setidaknya ada 2 kolam alami yang kini dipergunakan sebagai tempat berkembang biaknya ribuan ikan koi. Ikan-ikan tersebut tidak untuk dipancing melainkan sebagai penghias Sendang Senjoyo yang selama ini hanya dikenal sebagai tempat untuk mandi dan mencuci pakaian. Jadi ini bukan kolam pancing ya...

 

Di sini para pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan masuk ke dalam kolam yang berisi ribuan ikan koi sambil menaburkan makanan ikan. Nantinya ikan-ikan tersebut akan berenang mengelilingi atau mendekati tempat makanan itu ditaburkan.

 

 

Pengunjung juga bisa memanfaatkan waktu untuk berenang ke dalam air Sendang Senjoyo yang sangat jernih. Kesejukan makin terasa oleh tiupan angin sepoi yang menerobos melalui celah ranting-ranting pepohonan besar.

 

Baca juga: "Bingung Liburan Keluarga di Mana? Miniatur Desa di Sleman Ini Boleh Juga"

 

Sendang Senjoyo ini termasuk destinasi wisata dengan biaya murah dan sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Beberapa fasilitas umum telah disediakan, seperti tempat sewa celana renang, kamar mandi, warung tradisional yang menjajakan makanan tradisional seperti aneka gorengan ataupun jagung bakar.

 

Untuk memasuki lokasi ini hanya perlu mengeluarkan biaya Rp2.000 per orang sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Sementara untuk harga makanan ikan hanya sebesar Rp2.000. Sendang Senjoyo sangat mudah diakses melalui Bandara Adi Sumarmo Solo dengan jarak 45 km atau sekitar 1 jam berkendara. Ya, lewat Solo, bukan Semarang, karena lebih dekat dari Solo. Dari Semarang jaraknya 65 km.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


161

Back to Top