CARI TEMPAT FOTO HITS YANG GRATIS? COBA KE LOS MBAKO DI KLATEN

CARI TEMPAT FOTO HITS YANG GRATIS? COBA KE LOS MBAKO DI KLATEN

Friday, 02-11-2018 | 21:54

 

Buat kalian yang hobi cekrak-cekrek upload, mendingan main ke sini aja deh. Ada salah satu tempat hits gratis di Jawa Tengah yang lumayan cakep buat jadi background foto kalian, namanya Los Mbako. Memang sih bangunan ini bukanlah bangunan mewah, melainkan hanya sebuah bangunan sederhana yang cukup besar, dengan ukuran panjang berkisar 100 m, lebar 18 m dan tinggi 12 m.

 

Los Mbako atau dalam bahasa Indonesia berarti gudang tembakau ini selain ada di Kabupaten Jember, Jawa Timur juga ada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sejak zaman penjajahan Belanda Klaten memang menonjol dalam hal kualitas tembakaunya. Tak ayal tembakau Klaten pun banyak dipilih dan diminati untuk dijadikan rokok maupun cerutu kelas dunia. 

 

Bangunan tradisional ini berbahan dasar utama bambu kuning sebagai rangka bangunan, plastik hitam sebagai dinding dan jerami kering sebagai atapnya. Model lantainya pun berbentuk panggung, supaya saat musim hujan tiba tembakau-tembakau yang tersimpan akan terhindar dari genangan air.

 

 

Sebenarnya bangunan ini dipakai untuk pengeringan sekaligus penyimpanan tembakau setelah dipetik. Tembakaunya pun nggak asal-asalan, hanya tembakau kelas satu jenis Vorstenlanden-lah yang layak masuk ke tempat ini.

 

Baca juga: "Spedagi, Sensasi Bersepeda Bambu di Desa Kandangan"

 

Los Mbako bisa ditemukan di area persawahan di pinggir jalan pedesaan di Klaten, antara lain di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo dan di Desa Birin, Kecamatan Kebonarum, serta ada juga di daerah Jatinom, Kecamatan Ngawen.

 

Los Mbako dengan kesederhanaannya ternyata memiliki daya tarik tersendiri, lokasinya yang berada di tengah hamparan sawah membuat nuansa alami semakin kental. Hal inilah yang lantas mendorong banyak orang untuk menyempatkan mampir sejenak ke Los Mbako meski hanya untuk berfoto-foto saja.

 

Los Mbako yang menjadi favorit adalah yang berada di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo. Di daerah ini bangunannya masih terlihat baik, nampak kokoh dan terawat.

 

Buat kalian yang tertarik buat foto-foto di sini, kalau dari Jakarta terbang dulu ke Bandara Adi Soemarmo Solo, dari situ berkendara menuju Desa Karanglo dengan jarak 30 km atau sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan.

 

Desa Karanglo memang merupakan area persawahan, jadi nggak perlu khawatir buat nyari-nyari letak Los Mbako-nya, sebab di mana ada sawah, di situ ada Los Mbako.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


744

Back to Top