PANDUAN CERDAS EKSPLOR LOMBOK

PANDUAN CERDAS EKSPLOR LOMBOK

Wednesday, 27-09-2017 | 22:56

Bukit Pergasingan, primadona baru Lombok

 

Apa saja yang bisa ditawarkan Lombok? Banyak... Ada banyak! Budaya Sasak, pantai-pantai cantik berkarakter, gili-gili beratmosfer liburan, Gunung Rinjani, bukit berpemandangan aduhai, air terjun, tebing-tebing, kain tenun, ayam taliwang yang pedas meriah, dan masih banyak lagi. Yuk rencanakan liburan eksplor Lombok dengan membaca dulu panduan cerdas berikut ini.

 

INFO UMUM

Pulau Lombok berada di antara Pulau Bali di sebelah barat dan Pulau Sumbawa di sebelah timur. Bersama Pulau Sumbawa, Lombok termasuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Di bagian barat dan timur Lombok ada beberapa pulau kecil yang biasa disebut gili.

 

Ibu kota Provinsi NTB adalah Mataram. Tapi gerbang masuk ke Lombok via udara bukan lagi Bandara Selaparang di Mataram, melainkan Lombok International Airport (LOP) di Praya, Lombok Tengah sejak November 2011.

                                                

ZONA WAKTU

WITA

 

WAKTU TERBAIK

Untuk island hopping: sepanjang tahun, asal di bawah jam 3 sore untuk menghindari ombak karena angin

Untuk mendaki Gunung Rinjani: Mei-September

Untuk tur biasa: sepanjang tahun

 

Gunung Rinjan

 

DURASI IDEAL KELILING LOMBOK

Sulit sebenarnya untuk menentukan berapa hari durasi ideal keliling Lombok, apalagi kalau mau puas eksplor semuanya karena Lombok sangat luas dan banyak sekali objek wisatanya. Tapi kalau hanya yang umum aja, biasanya agen travel menjual paket Lombok 4 hari. Dalam 4 hari Anda sudah bisa wisata budaya (Desa Sade, ke tenun ikat dan gerabah), ke pantai-pantai di pesisir selatan (Kuta, Tanjung Aan), dan eksplor sehari semalam ke gili (yang favorit: Gili Trawangan).

 

CARA KE LOMBOK

Dari Jakarta via udara:

Penerbangan langsung Jakarta-Lombok dilayani oleh Garuda, Citilink, Lion Air, Batik Air. Tiket PP harga normal paling murah mulai Rp 1,5 juta. Durasi terbang: 2 jam.

Dari Bandara LOP ke Senggigi atau Mataram atau tujuan lain bisa dengan taksi atau mobil sewa. Kalau mau naik Bus DAMRI juga ada dengan rute ke Senggigi (Rp 40.000) dan ke Mataram (Rp 30.000), ke Lombok Timur (Terminal Pancor) Rp 35.000. Bus berangkat tiap 1 jam.

 

Dari Bali via laut:

1. Dengan kapal feri dari Pelabuhan Padang Bai (Bali) ke Pelabuhan Lembar (Lombok). Feri berangkat tiap jam, 24 jam non stop.Lama penyeberangan: 4-5 jam.

Harga tiket sekali jalan:

-          Pejalan Kaki : Rp 46.000 (dewasa), Rp 29.000 (anak-anak)

-          Sepeda motor (termasuk penumpang): Rp 129.000

-          Mobil pribadi sejenis sedan (termasuk penumpang): Rp 917.000

 

2. Dengan fast boat. Dari Dermaga Benoa atau Padang Bai (Bali) ke Gili Trawangan/Gili Air/Senggigi (Lombok). Ada banyak perusahaan yang menawarkan fast boat dengan harga yang kurang lebih sama. Lama penyeberangan: 2 jam. Harga tiket sekali jalan mulai Rp 450.000. Harga biasanya termasuk penjemputan di hotel di Bali.

 

CARA KELILING LOMBOK

Angkutan umum yang disebut bemo hanya melayani rute-rute di kota seperti Mataram, Ampenan,  Cakranegara dan Senggigi yang semuanya berada di Lombok Barat. Kalau yang melayani antar wilayah ada sejenis engkel (minibus). Jumlah angkutan umum nggak banyak dan pastinya makan waktu lama. Jadi untuk keliling Lombok direkomen untuk sewa mobil (berikut supir) atau sewa sepeda motor atau naik taksi kalau masih di seputaran kota.

-          Sewa mobil: Rp 500.000-700.000/hari (12 jam) sudah termasuk supir dan bahan bakar (jenis Avanza/APV). Biaya sewa nggak hanya tergantung dari lama pemakaian, tapi juga tujuan.

-          Sewa motor: Rp 70.000-80.000/hari (di luar BBM).

-          Ke Gili Trawangan bisa naik taksi dulu ke Pelabuhan Bangsal, baru kemudian naik public boat, ongkosnya Rp 15.000 per orang. Durasi: 30-45 menit. Atau bisa carter boat dengan harga mulai Rp 500.000 sekali jalan.

-          Keliling Gili Trawangan dengan carter cidomo (sejenis dokar), atau sepeda, atau jalan kaki.

-          Sewa boat di Lombok Timur ada yang dengan sistem per orang Rp 50.000-100.000 (tergantung berapa gili yang hendak dituju) atau sewa satu boat sekitar Rp 500.000 untuk maksimal 8 orang.  

-          Ongkos naik fast boat dari Teluk Nara atau Senggigi ke Gili Trawangan harganya variatif banget, tergantung jenis boatnya dan negosiasi kita dengan kapten boatnya. Mulai dari Rp 100.000 per orang sampai malah di atas Rp 350.000.

-          Sewa glass bottom boat keliling 3 gili (pkl.08.00-15.00) Rp 1.300.000 (untuk 2-4 orang) atau Rp 1.550.000 (untuk 5 - 10 orang).

 

Glass bottom boat

 

WAKTU TEMPUH DENGAN MOBIL:

LOP-Pantai Kuta: 30 menit

LOP-Bangsal: 2 jam

LOP-Senggigi: 1,5 jam

LOP-Mataram: 1 jam

LOP Desa Senaru: 2,5-3 jam

LOP-Desa Sembalun: 2,5-3 jam

Senggigi-Desa Senaru: 2-2,5 jam

Senggigi-Desa Sembalun: 2-2,5 jam

Senggigi-Pantai Kuta: 2 jam

Senggigi-Tanjung Ringgit (atau area Lombok Timur: 3 jam

Senggigi-Bangsal: 45 menit

Pantai Kuta-Tanjung Aan: 15 menit

Pantai Kuta-Pantai Mawun: 30-45 menit

 

Pantai Kuta

 

WAKTU TEMPUH 3 GILI DENGAN PUBLIC BOAT:

Gili Trawangan-Gili Meno: 20 menit

Gili Trawangan-Gili Air: 45 menit (bisa lebih lama kalau public boat menurunkan penumpang dulu di Gili Meno)

 

PENGINAPAN

Hotel atau villa banyak terdapat di Lombok. Area favoritnya di Senggigi atau Gili Trawangan. Tarif per malam tergantung kelasnya. Yang menginginkan kenyamanan (tapi bukan mewah) siapkan bujet Rp 400.000-500.000 per malam. Untuk budget travelesrdi kawasan strategis Senggigi dan Gili Trawangan masih bisa ditemukan penginapan seharga Rp 200.000 per malam dengan AC.

 

KULINER

Makanan khas Lombok yang harus dicoba:

-          Ayam taliwang: ayam utuh berukuran kecil yang dimasak dengan bumbu khas dan dibakar, lalu dicocol dengan sambal yang khas pula.

-          Pelecing kangkung: kangkung direbus, biasanya dicampur toge juga, lalu disiram dengan sambal tomat yang pedas, dan ditaburi kacang goreng.

-          Sate rembiga: sate daging sapi yang sudah dibumbui pedas manis yang disajikan tanpa cocolan, hanya dengan lontong atau pelecing kangkung.

-          Sate bulayak: satenya biasa –ada daging sapi maupun ayam, tapi yang khas adalah cocolannya –bukan sambal kacang maupun kecap— tapi campuran santan dan kemiri; dimakan bersama bulayak –sejenis ketupat tapi bentuknya memanjang seperti lepet dan dibungkus dengan daun aren.

-          Nasi balap puyung: nasi campur ala Lombok, lauknya kurang lebih sama dengan nasi campur/rames pada umumnya, tapi biasanya ayamnya disuwir, ada kacang kedelai goreng, serundeng, dan khasnya terletak pada sambalnya. Yang terkenal Nasi Puyung Inaq Esun.

 

Nasi balap puyung

 

-          Beberuk terong: sejenis karedok, tapi bahan utamanya terong mentah, dicampur kacang panjang, disiram bumbu sambal tomat.

 

Pusat kuliner malam di Mataram: Taman Udayana di Jl. Udayana. Banyak warung tenda menjual beragam makanan. Buka dari sore sampai malam kecuali malam Jumat.

 

OLEH-OLEH

- Lombok terkenal dengan kerajinan mutiara baik air tawar maupun air laut. Harga untuk kualitas bagus cukup mahal. Apalagi mutiara air lautnya. Untuk  sepasang anting dengan model satu mutiara dihargai lebih dari Rp 2 juta. Setiap pembelian mutiara air laut disertai sertifikat keasliannya. Kalau sekadar asal beli mutiara sebagai kenang-kenangan, pilih aja mutiara air tawar. Harga cincinnya ada yang kisaran Rp 100.000-200.000 ribu.

- Gerabah, terutama kendi maling, di Desa Banyumulek.

- Kain tenun atau songket Sasak di Desa Sukarara atau Desa Sade.

 

Kain tenun Lombok

 

- Dodol rumput laut, dodol tomat.

- Madu Lombok atau Madu Sumbawa

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

Lombok Barat: Pantai Senggigi, Pura Batu Bolong, Desa Banyumulek (kerajinan gerabah), Taman Narmada, Pura Lingsar, Hutan Pusuk, Pantai Sekotong, Pantai Nambung, Gili Nanggu, Gili Kedis, Gili Tangkong, Gili Sudak, Gili Layar.

Lombok Utara: Bukit Malimbu, Gunung Rinjani, Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Sekeper, Air Terjun Penimbungan Torean, Air Terjun Tiu Teja, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air.

 

Gunung Rinjani

 

Lombok Tengah: Desa Sade (kampung adat suku Sasak), Desa Sukarara (tenun tradisional), Pantai Selong Belanak, Pantai Kuta, Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai Batu Payung, Pantai Seger, Pantai Semeti, Pantai Mawun, Pantai Mawi, Pantai Gerupuk, Air Terjun Benang Kelambu, Air Terjun Benang Stokel, TWA Gunung Tunak (termasuk Pantai Bilasayak), Pantai Pengempos (Pengolong).

 

Pantai Mawi

 

Pantai Bilasayak di TWA Gunung Tunak

 

Lombok Timur: Tanjung Ringgit, Pantai Tangsi (Pink Beach), Pantai Perak, Pantai Tanjung Beloam, Pantai Surga, Pantai Cemara, Bukit Pergasingan, Air Terjun Mangku Sakti, Bukit Nanggi, Bukit Anak Dara, Bukit Selong, Desa Adat Beleq, Gili Sunut, Gili Bidara, Gili Kapal, Gili Kondo, Gili Petagan, Gili Sulat, Gili Lawang, Gili Lebur, Gili Lampu, Gili Penyu. 

 

Tanjung Ringgit

 

Bukit Pergasingan

Teks: Adi Pamungkas, Mayawati NH, Rahma FDP Foto: Dok. MyTrip, Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo, Shutterstock, Ubbun Trekking Guide

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


986

Back to Top