UDAH KE RAJA AMPAT? BELUM SAH KALAU BELUM KE MISOOL (Bagian 1)

UDAH KE RAJA AMPAT? BELUM SAH KALAU BELUM KE MISOOL (Bagian 1)

Friday, 25-03-2016 | 15:43

Laguna Yapap yang kece badai

 

Beberapa tahun belakangan ini makin banyak orang yang ngetrip ke Raja Ampat di Papua Barat. Tapi sebagian besar masih hanya keliling bagian utara saja, dengan highlight Wayag dan Fainemo. Belum banyak yang ke Misool. Itu karena di antara ketiga pulau lainnya di Kabupaten Raja Ampat yakni Waigeo, Batanta dan Salawati, jarak Misool paling jauh dari Kota Sorong (kota gerbang masuk Raja Ampat), +/-190 km ke selatan. Kalau dengan speedboat sewaan waktu tempuhnya 4-5 jam. Kalau naik kapal feri umum +/-8-10 jam.

 

Di sekitar Misool ada banyak pulau-pulau kecil. Salah satunya Pulau Harapan Jaya di sisi timur Misool. Pulau inilah yang menjadi tujuan wisatawan yang datang ke Misool karena ada homestay di situ.

 

Cara Ke Misool:

Dari Jakarta terbang ke Sorong. Maskapai yang melayani: Sriwijaya, Garuda Indonesia, Lion, Xpress Air. Durasi penerbangan langsung +/-4 jam, tapi karena waktu transit yang variatif, total perjalanan bisa 6-9 jam. Harga tiket PP mulai Rp 3,9 juta.

 

Nah dari Sorong ke Misool lanjut dengan perjalanan laut:

  • Naik kapal feri umum. Berangkat tiap Senin dan Jumat jam 11 malam dari Sorong; kembali dari Misool tiap Kamis pagi dan Sabtu siang. Harga tiket sekali jalan Rp 200.000 (ekonomi). Jadwal rentan berubah sewaktu-waktu.
  • Naik speedboat Sebaiknya berangkat dalam rombongan 10-15 orang, karena harga sewa PP dengan waktu tunggu di Misool selama 4 hari sekitar Rp 40-50 juta.

 

Penginapan:

Homestay yang pertama kali ada di Misool adalah Harfat Jaya Homestay di Pulau Harapan Jaya. Mampu menampung +/-30 orang. Harganya Rp 400.000-500.000/orang termasuk makan 3X. Fasilitas sangat basic, tak ada AC, hanya kipas angin, kamar mandi ada yang sharing di luar, ada juga yang di dalam. Hubungi Pak Harun di 081344353030 untuk reservasi Harfat Jaya Homestay.

Sunrise di depan penginapan di Pulau Harapan Jaya

 

Keliling Misool:

Naik speedboat sewaan. Harga per hari +/-Rp 3 juta termasuk bensin. Harfat Jaya Homestay menyediakan speedboat sewaan sekaligus ABK dan pemandu.

 

Tips:

  • Pakai kostum pantai setiap hari.
  • Pakai sendal gunung karena di beberapa tempat kita harus mendaki bukit karang tajam.
  • Bawa peralatan snorkeling. Kalau nggak punya bisa sewa dari homestay dengan harga Rp 100.000/hari, plus sewa life vest Rp 30.000/hari.
  • Bagi yang hobi motret, bawa 2 kamera: DSLR dan kamera tahan air (atau kamera dengan underwater casing).

 

Durasi Ideal Keliling Misool:

3 atau 4 hari kalau hanya untuk snorkeling dan eksplor tempat-tempat yang disebutkan di atas. Kalau menyelam 6-7 hari.

 

Waktu Terbaik:

Oktober-April.

 

Kenapa belum sah ke Raja Ampat kalau belum ke Misool. Emang ada apa aja di Misool?  Tunggu lanjutannya di bagian 2 ya!

(Bersambung ke sini)

Teks: Mayawati NH Foto: Dok.Harfat Jaya Homestay, Mayawati NH, Yuhsie Lohanda

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


274

Back to Top