YOGYAKARTA SPECIAL TRIP: GOWES & VW TOUR VIEW MERAPI PLUS AKTIVITAS BUDAYA & KULINER KHAS 2023-06-27 22:25

Gowes dengan view Merapi

 

Liburan ke Jogja? Ah, bosen. Masak Jogja lagi? Jangan menampik dulu…. Pemandangan alam atau bangunan bersejarah di Yogyakarta memang tetap itu-itu aja. Tapi kalau cara menikmatinya berbeda, apalagi bersama teman-teman satu frekuensi, tentu lain cerita. MyTrip telah merancang khusus sebuah paket trip yang destinasinya ‘hanya’ Yogyakarta --tepatnya Kabupaten Sleman bagian utara-- tapi diisi dengan ragam kegiatan yang akan tambah merekatkan persaudaraan maupun pertemanan. Apa saja kegiatannya?

 

Baca juga: "10 Tourist Attractions in Yogyakarta (Bagian 1)"

 

GOWES SANTAI, BANYAKAN FOTO-FOTO DENGAN VIEW MERAPI

Aktivitas keluar keringat tapi nggak ngoyo-ngoyo amat dan bisa dilakukan dengan fun apa lagi kalau bukan bersepeda alias gowes. Sepeda dan helm dipinjamkan. Trippers tinggal pakai kostum yang cocok --jangan lupa yang colorful! Karena di tengah-tengah gowes kita akan banyak berhenti foto-foto di spot cantik. Hasil foto lebih mentereng kalau pakai kostum ngejreng.

 

Rutenya dipilihkan yang lebih banyak turunan daripada tanjakan. Jadi cocok buat pemula atau yang gowesnya biasa tipis-tipis aja. Kondisi jalan juga relatif tidak sibuk karena jalanan desa. Semuanya aspal, nggak ada jalur offroad. Pemandu akan menemani sekaligus memastikan keamanan kita.

 

Dari penginapan Trippers akan diajak naik mobil dulu ke lokasi start di tempat yang cukup tinggi, yakni Batu Alien Cangkringan. Ada waktu buat berpose-pose dulu di beberapa wahana foto yang ada di sini. Yang utama tentu berfoto dengan si batu aliennya yang memang mirip wajah alien. Mobil akan mengawal kita selama gowes. Jadi yang capek di tengah-tengah bisa langsung loading. Jangan malu-malu, Kawan…

 

Salah satu wahana foto di Batu Alien Cangkringan

 

Berfoto di samping si batu alien. Bisa lihat “wajah aliennya”?

 

Perhentian pertama adalah Galeri Omahku Memoriku Merapi. Sebuah rumah warga yang separuh hancur akibat letusan Gunung Merapi tahun 2010 dan dijadikan galeri untuk menyimpan benda-benda rumah tangga yang rusak dan dibalut abu vulkanik. Banyak sudut dramatis buat berfoto tentunya. Bisa sekalian mampir ke Pusat Oleh-Oleh Merapi maupun Kedai Merapi tepat di depan galeri.

 

Galeri Omahku Memoriku Merapi

 

Rumah yang separuh rusak dijadikan galeri

 

Gerbang gagah The Lost World akan Trippers lewati tapi tidak masuk ke dalam ya. Cukup berfoto di gerbangnya.

 

The Lost World, di gerbangnya saja

 

Lalu yang tak kalah menarik, Plunyon Kali Kuning. Bagian atas jembatan maupun bawahnya sangat Instagrammable apalagi manakala cuaca cerah, Gunung Merapi memamerkan dirinya. Meski posisinya tak setinggi Bukit Klangon, Plunyon Kali Kuning ini memang spot untuk menikmati pemandangan Merapi. Trippers juga bisa menjajal berjalan di canopy trail-nya.

 

Bagian atas jembatan Plunyon Kali Kuning

 

Bagian bawah jembatan Plunyon Kali Kuning, wajib foto di sini!

 

Berjalan di canopy trail-nya

 

Memandang Merapi di Plunyon Kali Kuning

 

Photo stop selanjutnya di Kali Kuning, tempat jeep-jeep dalam Lava Tour Merapi melakukan manuver. Dan terakhir Jembatan Gantung Kali Boyong.

 

Kali Kuning

 

Jembatan Gantung Kali Boyong

 

Rute tambahan dimungkinkan kalau masih ada waktu. Bisa ke Grojogan Watu Purbo atau makan duren di satu tempat yang koleksi durennya lengkap dari berbagai daerah di Indonesia. Siapa yang tahan godaannya?

 

VW SAFARI TRIP DENGAN HIGHLIGHT PETIK SALAK MADU YANG MUANISSSS POLL

Rute VW Safari Trip atau VW Tour yang MyTrip pilihkan bukan di sekitaran Candi Borobudur. Mainnya di Sleman Utara. Trippers akan dijemput langsung dengan mobil VW klasik di penginapan. VW-nya di-setting terbuka, bahkan kaca depan pun diturunkan supaya bisa lebih jelas kalau difoto oleh tim dokumentasi. Untuk menahan panas dan buat sekalian bergaya, Trippers akan dipinjamkan topi caping warna-warni. Satu VW hanya bisa diisi 4 orang: 1 di kursi depan di samping bapak supir, 3 di kursi belakang.

 

Dijemput langsung dengan VW klasik di penginapan

 

Pakai topi caping

 

Tujuan pertama adalah Embung Kaliaji di Wonokerto Kecamatan Turi. Di sini Trippers akan disuguhkan kelapa muda dan jadah tempe.

 

Disediakan kelapa muda di Embung Kaliaji

 

Jadah tempe

 

Berikutnya, inilah highlight-nya. Petik salak dan memakannya langsung! Tempatnya di Wisata Petik Salak Organik KT Kusuma Mulya. Selain organik, jenis salaknya juga istimewa: salak madu. Manis dan enaknya melampaui salak pondoh. Percayalah!

 

Petik salak madu

 

Makan siang termasuk dalam paket VW Tour. Trippers akan dimampiri di restoran bernuansa alam yang sangat asri. Omah Partoredjan namanya, di Pancoh Kulon, masih di Turi, Sleman. Sajiannya ikan nila bakar yang sangat gurih, disandingkan dengan tumis daun pepaya, sayur lodeh, sambal. Masih ada lagi camilan pisang goreng. Kenyang paripurna.

 

Omah Partoredjan nan asri

 

Menu makan siang

 

Tujuan pamungkas adalah Nawang Jagad. Ini juga merupakan spot untuk melihat Gunung Merapi sekaligus Bukit Turgo. Sayang saat MyTrip ke sini turun hujan dan berkabut. Jadi Merapi-nya enggan menyembul dari balik lautan kabut.

 

Nawang Jagad saat berkabut

 

MEMBATIK ATAU ECO PRINT, JEMPARINGAN, DAN FUN GAMES

Untuk trip 3 hari 2 malam, selain gowes dan VW tour, masih ada lagi kegiatan membatik atau membuat eco print yang dilaksanakan di Desa Wisata Kembangarum. Sedangkan jemparingan atau memanah ala keraton digelar di Embung Kaliaji. Trippers bakal dipinjamkan baju keraton lho untuk kegiatan ini, biar afdol. Serasa jadi abdi dalem sungguhan.

 

Fun games diadakan guna menambah akrab antar peserta. Akan ada beberapa permainan kreasi baru yang bukan itu-itu aja.

 

HIBURAN MUSIK AKUSTIK DAN MENONTON RAMAYANA

Dua malam yang tersedia akan diisi dengan musik akustik di tengah suasana api unggun, dan menonton Ramayana Ballet.

 

KULINERNYA?

Hari pertama makan siang disajikan di Desa Wisata Kembangarum dengan salah satunya menu spesial olahan salak. Makan siang hari kedua Trippers akan diajak wisata kuliner olahan bebek areh, sekalian melihat proses memasaknya di dapur tradisional.

 

MENGINAPNYA DI MANA?

MyTrip pilihkan di Omah Ucok. Sebuah penginapan tipe vila yang desain dan interiornya sangat apik dan suasananya sangat homey. Bersahaja sekaligus berkelas. Pilihan yang lebih ‘kembali ke desa’ bisa di Desa Wisata Kembangarum.

 

Suasana Omah Ucok, ada halaman luas, kolam renang

 

Ruang publik yang bisa dipakai kongkow-kongkow di Omah Ucok

 

Tempat alat makan dan drink station di Omah Ucok

 

Desa Wisata Kembangarum

 

Bagaimana? Tertarik ke Jogja lagi? Segera hubungi MyTrip di 0811821006.

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Lelampahan, Mayawati NH
Comment