TAIWAN GENCAR PROMOSIKAN MUSLIM FRIENDLY TOURISM DAN LEISURE FARM 2020-02-26 00:00

 

Sepanjang 2019 lalu total jumlah orang Indonesia yang berwisata ke Taiwan mencapai sekitar 230.000 orang. Meningkat 8-9% dari tahun sebelumnya. Tentu hal ini sangat menggembirakan bagi Taiwan Tourism Bureau. Tapi mereka tak berpuas sampai di situ saja. Serangkaian promosi terus gencar diluncurkan. Kerja sama dengan maskapai dan banyak travel agent di Indonesia juga terus ditingkatkan salah satunya dengan menawarkan aneka insentif menarik agar para travel agent makin giat lagi menjual paket-paket wisata ke Taiwan.

 

Pada kesempatan Taiwan Tourism Wokshop di The Westin Jakarta Senin tanggal 24 Februari 2020, selain diungkapkan berita gembira tentang peningkatan signifikan jumlah wisatawan Indonesia ke Taiwan, juga diangkat dua hal yang sedang gencar dikampanyekan, yakni Muslim Friendly Tourism dan Leisure Farm.

 

 

Perwakilan dari Chinese Muslim Association Taiwan membabarkan dengan amat gamblang apa saja yang sudah dilakukan dan fasilitas apa saja yang tersedia untuk membuat Taiwan makin ramah bagi wisatawan Muslim. Diterangkan bedanya Muslim Restaurant yang mendapat sertifikat Halal dengan Muslim Friendly Restaurant yang mendapat sertifikat Salam. Muslim Restaurant pemiliknya Muslim dan semua menunya halal. Sedangkan Muslim Friendly Restaurant pemiliknya nonMuslim dan masih menyajikan menu nonhalal, tetapi dilakukan pemisahan yang jelas untuk alat masak, kulkas penyimpan bahan makanan, maupun alat makannya. Dijelaskan juga bagaimana hotel yang Muslim Friendly tak hanya memberi tanda arah kiblat di dalam kamar tapi juga salah satunya menyingkirkan alkohol dari minibar. Dan sebagainya.

 

Taipei Grand Mosque

 

Pokoknya terlihat jelas dan terbukti (MyTrip mengalami sendiri waktu diundang liputan ke Taiwan Desember 2019), Taiwan Tourism sangat serius dalam memberikan kenyamanan bagi wisatawan Muslim yang datang ke negaranya. Satu hal lagi, tersedia aplikasi  Halal.TW App dalam bahasa China, Inggris, Melayu, dan Indonesia, yang akan sangat membantu wisatawan Muslim yang berlibur di Taiwan untuk mencari restoran, hotel dan masjid.

 

 

Untuk Leisure Farm, diluncurkan program yang menarik, di mana satu orang akan mendapatkan cash NT 500 jika mengikuti 3 kegiatan leisure farm yakni wisata ke kebun bunga atau memancing (ada 50 pilihan), menginap minimal 1 malam di leisure farm (16 pilihan), ikut demo masak ala Taiwan (14 pilihan).

 

 

Baca juga: "Sejarah Stinky Tofu dan Tempat Terbaik Untuk Mencicipinya di Taipei"

 

Tahun 2020 Taiwan Tourism juga meluncurkan Tahun Pariwisata Pegunungan, dengan mengedepankan Yushan (3.952 mdpl), gunung tertinggi di Taiwan. Selain itu Taiwan Tourism juga tetap konsisten memperkenalkan desa-desa kecil yang menarik dari segi budaya maupun pemandangan alamnya.

 

 

Lebih lengkap tentang Taiwan Muslim Friendly Tourism silakan baca di MyTrip Vol 42 (Feb-Maret 2020).

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Taiwan Tourism Bureau
Comment