BENARKAH KOTA JIUFEN DI TAIWAN VERSI NYATA DARI FILM ANIME SPIRITED AWAY? 2020-05-14 00:00

Inilah Kota Jiufen yang populer berkat film Spirited Away

 

Taiwan tak cuma terkenal karena xiao long bao dan bubble tea saja. Sebuah kota kecil di New Taipei City, Jiufen, menjadi magnet turis karena dianggap sebagai kota versi dunia nyata dari film anime peraih Piala Oscar, Spirited Away. Turis asal Korea Selatan dan Jepang berduyun-duyun mendatangi Jiufen untuk melihat kemiripan kota ini dengan set lokasi di film tersebut. Selain itu juga untuk menikmati teh di rumah-rumah teh, karena Jiufen juga terkenal dengan teh dan kulinernya. Jiufen kini dikenal sebagai destinasi wisata yang populer di Taiwan berkat Spirited Away. Tapi benarkah kota pegunungan ini adalah kota inspirasi dari film anime tersebut?

 

Jiufen terletak di pegunungan

 

Tahun 2001, Studio Ghibli mengeluarkan film anime fantasi berjudul Sen to Chihiro no Kamikakushi atau Spirited Away dalam bahasa Inggris. Filmnya melejit dan sukses di pasaran bahkan memenangkan Academy Awards sebagai Best Animated Feature pada tahun 2003. Entah dari mana asalnya, kemudian berembus kabar bahwa kota yang menjadi lokasi sentral anime tersebut ada di Taiwan. Jumlah turis yang berkunjung ke Jiufen pun melonjak berkali-kali lipat. Jalanan utama di Jiufen tak pernah sepi dari turis. Bahkan untuk sekadar jalan-jalan dengan nyaman pun susah.

 

Baca juga: “Ini Dia Cara ‘Keliling’ Taiwan Hanya dengan Rp245.000

 

Jiufen berada di kawasan pegunungan di Distrik Ruifang, New Taipei City. Atraksi utama di kota ini adalah Jiufen Old Street, sebuah jalanan kecil atau gang yang berisi toko suvenir dan jajanan tradisional Taiwan, serta rumah-rumah minum teh. Salah satu rumah teh di Jiufen, A-Mei Tea House menjadi landmark Jiufen yang paling terkenal dan sering muncul dalam brosur dan iklan wisata Jiufen. Rumah kayu klasik Tiongkok yang dihiasi banyak lampion berwarna merah ini menjadi sangat terkenal berkat kemiripannya dengan bath house, lokasi sentral dalam cerita Spirited Away.

 

A-Mei Tea House, penuh lampion berwarna merah

 

Banyak turis yang menyesaki Jiufen Old Street dan mengunjungi A-Mei Tea House karena kedua tempat ini dinilai sebagai lokasi versi nyata dari film Spirited Away, selain untuk shopping dan menikmati teh tentunya. Tak jarang, agar bisa duduk dan menikmati teh di A-Mei Tea House kita mesti mengantre. Meski rumah teh ini hanya menyediakan teh tanpa makanan sama sekali, tapi selalu penuh dengan pengunjung yang penasaran serta ingin berfoto selfie tentunya. Di Jiufen Old Street juga terdapat banyak kios yang menjual suvenir bertema Spirited Away.

 

Rumah teh dan toko-toko suvenir

 

Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di Jiufen adalah wisata kuliner. Kuliner yang terkenal di sini di antaranya adalah kedai dessert Ah Gan Taro Balls. Ah Gan Taro Balls menjadi sangat terkenal karena taro balls-nya dinilai memiliki tekstur yang chewy, tidak keras tapi juga tak terlalu lunak. Kuliner lainnya yang juga terkenal di Jiufen adalah nasi babi cincang (lu rou fan) dan a-zhu peanut ice cream.

 

Jangan lupa makan taro balls

 

Selain itu, kita juga bisa mengunjungi bekas tambang emas di Jiufen yang kini sudah diubah menjadi museum bijih emas. Sebelum terkenal sebagai kota versi dunia nyata Spirited Away, Jiufen dulunya memang dikenal sebagai distrik tambang emas sejak akhir masa Dinasti Qing. Kemudian pada masa pendudukan Jepang Jiufen berkembang pesat sebagai kota tambang emas.

 

Kini, Jiufen terkenal sebagai kota wisata dan kota versi dunia nyata Spirited Away, meski sang kreator, Hayao Miyazaki telah membantah bahwa ia terinspirasi Jiufen saat membuat film anime tersebut. Image Jiufen terlanjur melekat dengan filmnya.

 

Baca juga: “Sejarah Stinky Tofu dan Tempat Terbaik untuk Mencicipinya di Taipei

 

Untuk menuju Jiufen, dari Taipei kita bisa naik MRT blue line ke Stasiun Zhongxiao Fuxing, keluar lewat exit 1, lalu naik bus 1062 tujuan Jiufen Old Street Station. Tiketnya NTD 101 atau sekitar Rp51.000 per orang dan bisa dibayar dengan cash atau menggunakan EasyCard ke driver. Perjalanannya memakan waktu 1 jam 30 menit. Selain itu kita juga bisa menuju Jiufen dari Taipei dengan naik taksi, sewa mobil, atau ikut tur dengan shuttle bus. Tur biasanya menuju ke beberapa tempat wisata di dekat Jiufen seperti Shifen dan Yehliu Geopark.

 

Penerbangan langsung dari Jakarta ke Taipei dilayani maskapai EVA Airways, China Airlines, Batik Air. Kita juga bisa terbang dengan maskapai lainnya dengan transit di Kuala Lumpur atau Singapura.

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Dada Sabra Sathilla, Taiwan Tourism Bureau
Comment