GUA KERAMAT DI MISOOL TERNYATA BERTETANGGA DENGAN GUA LAIN YANG TAK KALAH KEREN 2020-02-12 15:25

Kolam hijau toska di Gua Keramat 2

 

Gua Keramat pastilah dituju para wisatawan yang datang ke Misool Raja Ampat Papua Barat. Namanya sudah ngetop. Tapi keberadaan gua lain yang letaknya di sekitar belakang Gua Keramat rasanya sih belum banyak yang tahu. Dan pastinya belum banyak yang pernah ke sini. Nah, mari Trippers berkenalan dengan gua yang buat praktisnya dinamai saja Gua Keramat 2.

 

Saat rombongan trip saya ke sini November 2018, bahkan Indra sang pemandu lokal di Misool saja belum lama tahu, di area belakang Gua Keramat ada gua lain yang tak kalah keren. Jadi tak heran kalau kami sangat excited saat diajak ke sana.

 

Walaupun tergolong masih baru saat itu, tapi sudah dibangun dermaga di mulut gua. Jadi begitu turun dari speedboat, kami bisa meloncat ke dermaga kayunya. Jalan sedikit saja sudah langsung ketemu mulut guanya. Celah masuknya sempit, jadi sebelum masuk, kami nggak tahu suasana di dalam gua seperti apa. Nggak susah tapinya untuk melewati celah sempit itu, cukup merunduk sedikit.

 

Celah masuk dan keluar gua

 

Begitu melewatinya langsung tampaklah area utama gua. Cukup besar dan tinggi, dengan stalagtit stalagmit dan serakan bebatuan besar di dasar gua. Nggak gelap karena cahaya matahari masih masuk dari lubang yang cukup besar di atasnya. Jadi memang ini bukan gua tertutup.

 

Area utama Gua Keramat 2, ada lubang besar di atasnya

 

Sama dengan Gua Keramat, di dalam Gua Keramat 2 ini juga ada kolam alaminya. Bedanya, kolam alami di sini hanya menutupi bagian gua sebelah kanan dan agak jauh ke bawah. Bagian lainnya kering, berupa bebatuan. Kalau Gua Keramat ‘kan semua bagian guanya berupa air, hanya ada daratan sedikit di sisi kiri dan saat masuk.

 

Baca juga: “Ada Lafaz ‘Allah’ dan Makam Pembawa Agama Islam di Gua Keramat Misool

 

Waktu kami datang sih, yang berani melompat ke dalam air hanya kru speedboat, orang lokal. Ada juga yang turun ke air tapi nggak dengan melompat, melainkan menyusuri dinding  batunya. Segar sekali tampaknya berenang di situ. Lain kali ke sini lagi saya coba ah!

 

Bisa berenang dan turun ke bawah

 

Tapi jangan sedih kalau nggak berani turun apalagi melompat. Foto-foto saja, banyak sudut keren di seantero gua.

 

Berpose di tepi kolam di dalam Gua Keramat 2

 

Banyak spot foto di dalam gua

 

Spot foto di dalam gua

 

Baidewei, kata Indra, di bagian kiri gua ini ada jalur masuk yang cukup panjang, dan di ujungnya ada kolam atau laguna lagi yang lebih besar. Aha! Makin penasaran ‘kan... ‘kan.... Nanti kalau saya berkesempatan ke sana saya ceritain ya!

 

Cara ke Misool baca di sini.

Teks: Mayawati NH Foto: Indra Franzpower, Mayawati NH
Comment
Florida

Tabelul celor mai ridicate Afaceri si Companii de victorie din Romania le descoperi pe Concept Romania. Scrie si tu despre Afacerea ta, gratuit ACUM. Cum sa ti promovezi afacerea online intr un mod eficient pe Concept.ro Cele mai prezente stiri si informatii de actualitate acum pe www.concept.ro. Lectureaza cele mai largi elemente din toate sferele de activitate. Elemente practice, elemente si dezvelire care au zguduit societatea. Articole despre electronice Concept.ro pune la dispozitie stimulare online gratuita Afacerilor din Romania. Brandul tau este pregatit pentru Marketingul Afiliat pe Concept.ro Puteti expunerea oricate Firme sau Paragrafe doriti. Daca aveti o Companie online prezenta pe Concept este important. In speranta unei cooperari de succes, va multumim si va stam la dispozitie. Redacteaza acum liber un Editorial Articole despre sectorul financiar

2021-08-28