KABUPATEN BERAU TAK HANYA PUNYA DERAWAN. ADA APA LAGI YANG MENARIK? 2020-07-28 00:00

Pesona Berau lainnya, Pulau Manimbora

 

Lewat Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau di Kalimantan Timur dikenal luas baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Ada 4 buah pulau utama yang selalu menjadi incaran, yakni Pulau Derawan, Sangalaki, Kakaban, dan Maratua. Tapi Berau yang beribu kota di Tanjung Redep juga memiliki daerah lain yang tak kalah moncer. Ada Kecamatan Talisayan yang terkenal dengan hiu pausnya. Masih ada pula Kecamatan Batu Putih yang mengandalkan Pulau Manimbora yang dijuluki Pulau SpongeBob. Ada lagi Kecamatan Biduk Biduk yang menawarkan Labuan Cermin.

 

CARA KE BERAU

Belum ada penerbangan langsung dari Jakarta dan kota-kota besar lainnya ke Bandara Kalimarau Berau di Tanjung Redep, jadi transit dulu di Bandara APT Pranoto Samarinda atau Bandara Sepinggan Balikpapan.

 

Dari Bandara Kalimarau naik mobil sewaan untuk melanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam menuju Dermaga Tanjung Batu. Dermaga ini sebagai titik awal menuju Kepulauan Derawan, Talisayan, Batu Putih dan Biduk Biduk.

 

Baca juga: “Siapa Bilang ke Derawan Tanpa Ikut Tur Itu Susah?

 

OBJEK WISATANYA:

PULAU DERAWAN

Adalah tempat pertama yang dipilih sekaligus sebagai homebase selama mengeksplor Kepulauan Derawan karena posisinya terdekat dengan Dermaga Tanjung Batu. Pulau berpenghuni ini menawarkan berbagai penginapan berupa cottage apung dengan tarif menengah ke bawah.

 

Pulau Derawan nan jernih

 

Meski didominasi penginapan, Pulau Derawan tetap menarik terutama pada pagi hari. Pada sekitar pukul 06.00 kawanan penyu biasanya akan mampir sejenak ke pinggir cottage untuk mencari makan.

 

PULAU SANGALAKI

Pulau ini merupakan yang terdekat dengan Pulau Derawan. Dikenal sebagai rumah pengembangbiakan penyu hijau atau Chelonia mydas. Pihak pengelola membuka kesempatan bagi wisatawan untuk melepasliarkan tukik.

 

Snorkeling bersama pari manta

 

Pulau Sangalaki juga dikenal sebagai habitat ikan pari manta. Kalau beruntung, Trippers bisa snorkeling dan melihat dari dekat ikan yang lebarnya bisa mencapai 7 m ini.

 

Baca juga: “Itinerary Eksplor Kepulauan Derawan 3 Hari

 

PULAU KAKABAN

Di tengah Pulau Kakaban terdapat danau berair payau yang merupakan habitat ubur-ubur jenis Cassiopea yang tidak menyengat. Trippers bisa berenang bersama kawanan ubur-ubur bening berwarna oranye di sini. Ingat, berenangnya nggak boleh memakai kaki katak ya.

 

Berenang bersama ubur-ubur di Kakaban

 

Setelah tiba di dermaga di Pulau Kakaban, Trippers harus sambung jalan kaki melalui lintasan kayu untuk sampai di danau sekitar 10 menit.

 

PULAU MARATUA

Merupakan pulau berpenghuni dan dikenal sebagai pulau dengan resor mewahnya. Penginapan apung Maratua Paradise Resort yang sekilas mirip di Maldives semakin elok bersanding manis dengan putihnya pasir pantai. Pengunjung umum tetap bisa singgah sejenak di resor ini dengan membayar untuk mendapatkan minuman dan camilan.

 

Maratua Paradise Resort

 

Pulau Maratua memiliki banyak spot penyelaman, di antaranya Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden dan The Channel.

 

Baca juga: “Ngapain Diving di Sipadan Malaysia, di Maratua Aja!

 

GUA HALO TABUNG

Gua yang berada di Pulau Maratua ini dikenal juga dengan sebutan Gua Haji Mangku. Di dalamnya terdapat air yang sangat jernih, dingin dan berwarna hijau kebiruan. Biasanya para pengunjung akan merasakan sensasi menegangkan dengan cara melompat dari pinggir tebing dari ketinggian 5 m dan air berkedalaman 17 m. Cara lain yang lebih mudah dan aman yakni dengan menuruni anak tangga, selanjutnya perlahan mulailah berenang ke dalam kolam.

 

Berenang di Gua Halo Tabung

 

Hal yang perlu diperhatikan, meski trekking hanya beberapa menit, tetaplah memakai alas kaki, sebab batuan karang sepanjang treknya sangatlah tajam. Selain itu bagi pengunjung yang tidak bisa berenang hendaknya mengenakan jaket pelampung.

 

GUSUNG SANGGALAU

Gusung pasir tak berpenghuni ini dekat dari Pulau Derawan. Perlu diperhatikan, gusung ini tidak bisa dikunjungi sepanjang waktu. Mendekati sore hari tepatnya pukul 18.00 air akan mulai pasang sehingga pulau pasir ini akan tenggelam.

 

Gusung Sanggalau

 

Panorama di sini bak gurun pasir putih nan halus yang dikelilingi air pantai bergradasi hijau kebiruan dan disempurnakan oleh birunya langit. Banyak pengunjung yang memanfaatkan lokasi ini untuk berfoto cantik.

 

Baca juga: "Hiu Pausku Sayang, Pygmy Seahorseku Malang"

 

HIU PAUS TALISAYAN

Talisayan berbatasan langsung dengan Kecamatan Kepulauan Derawan. Yang jadi andalan adalah hiu paus yang panjangnya bisa sampai 16 m. Trippers bisa dengan mudah menyaksikan beberapa hiu paus di bawah bagan milik para nelayan.

 

Berenang bersama hiu paus di Talisayan

 

Hiu paus hanya akan muncul di permukaan pada pukul 05.00 hingga 08.00. Selanjutnya setelah kenyang makan ikan-ikan kecil di bawah bagan mereka akan kembali ke kedalaman. Hiu paus adalah jenis hiu paling ramah dibanding saudara-saudaranya, jadi aman berenang bersamanya. Tapi harus mengikuti aturan ya.

 

PULAU MANIMBORA

 

Dari kejauhan saja keindahannya sudah tampak. Gugusan pulau mini di Kecamatan Batu Putih ini semakin sempurna dengan hiasan beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi, daun yang melambai di sela birunya langit, pasir putih yang polos, serta air laut yang bergradasi hijau kebiruan. Di pulau ini pengunjung bisa bersantai sambil mengelilingi pulau dengan berjalan kaki.

 

LABUAN CERMIN

Tempat wisata di Kecamatan Biduk Biduk ini memukau karena kejernihan airnya. Saking jernihnya, Trippers bisa melihat tanah, batu-batu ataupun ranting-ranting yang berserakan di dasar danau. Kita juga bisa menyaksikan dengan jelas bayangan kapal di air, seolah berhadapan dengan cermin.

 

Labuan Cermin, airnya super jernih

 

Uniknya lagi, airnya dua rasa sebab memang merupakan lokasi bertemunya air asin dan tawar. Bagi yang bisa berenang bisa merasakan langsung keunikan ini. Disediakan pula persewaan kano dengan harga Rp50.000 per jamnya.

 

Berenang di Labuan Cermin

 

PENGINAPANNYA

Lokasi menginap terbaik dan termudah adalah di Pulau Derawan. Terdapat beberapa penginapan apung dengan harga terjangkau, mulai Rp400.000 per malam.

 

Baca juga: "100+ Destinasi Wisata Domestik yang Bisa Jadi Pilihan di Era Next Normal. Bagian 8: Kalimantan"

 

GAMBARAN ITINERARY (4D3N)

Hari 1

- Penerbangan dari kota asal menuju Berau (Tanjung Redep)

- Perjalanan darat dari Tanjung Redep ke Dermaga Tanjung Batu

- Perjalanan laut dari Dermaga Tanjung Batu ke Pulau Derawan

- Check in penginapan di Pulau Derawan

 

Hari 2

- Island hopping: Whale Shark Talisayan, Pulau Manimbora dan Labuan Cermin

- Kembali ke penginapan di Pulau Derawan

 

Hari 3

- Check out

- Island hopping: Pulau Sangalaki, Kakaban, Maratua, Gua Halo Tabung dan Gusung Sanggalau

- Perjalanan laut ke Dermaga Tanjung Batu

- Perjalanan darat dari Dermaga Tanjung Batu ke Tanjung Redep

- Check in penginapan di Tanjung Redep

 

Hari 4

- Check out

- Penerbangan dari Berau ke kota asal

 

INFORMASI TAMBAHAN

- Sewa speedboat isi 3 orang 2 hari Rp6.000.000.

- Sewa speedboat isi 8 orang 2 hari Rp8.500.000.

Kontak sewa speedboat: Haji Jubair (082157186409)

- Sewa mobil antar jemput Bandara Kalimarau (Tanjung Redep) ke Tanjung Batu PP Rp800.000.

Kontak sewa mobil: Farid (085246690627)

- Penginapan di Pulau Derawan: Cottage 88 (08115991689), Derawan Dive Resort (081217681188).

- Persiapan bekal makan siang untuk island hopping bisa memesan di Haji Jubair, dengan harga Rp40.000 per porsi.

Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya, Mayawati NH, Timmi Febrin, Yudhi Rizal
Comment