SIAPA BILANG KE DERAWAN TANPA IKUT TUR ITU SUSAH? 2019-10-07 10:25

Maratua Paradise Resort di Pulau Maratua

 

Minat masyarakat Indonesia terhadap kegiatan wisata memang makin meningkat. Terutama saat libur panjang, usaha jasa paket wisata pun disibukkan oleh banyak pesanan, bahkan kerap kali sampai menolak karena saking penuhnya peminat. Tapi orang-orang yang mulai melakukan perjalanan mandiri juga tak kalah banyak. Memang ada tempat tertentu yang sulit kalau jalan sendiri, tapi bukan tidak mungkin. Ke Derawan di Kabupaten Berau Kalimantan Timur misalnya. Nah kali ini MyTrip akan berbagi tips berlibur di Kepulauan Derawan tanpa jasa agen tur atau trip organizer.

 

Sebelumnya akan dikupas terlebih dahulu secara ringkas mengenai tempat wisata terbaik di Kepulauan Derawan:

1. Pulau Derawan

 

Pulau yang didominasi penginapan bertarif menengah ke bawah dengan konsep rumah apung ini biasanya menjadi basecamp. Pertimbangannya harga terjangkau dan akses paling dekat dari Dermaga Tanjung Batu (sebagai titik awal penyeberangan ke Pulau Derawan).

 

2. Pulau Sangalaki

 

Di pulau ini berdiri kantor Stasiun Monitoring Penelitian Penyu. Selain sebagai tempat perkembangbiakan penyu, tempat ini juga dimanfaatkan sebagai pusat edukasi bagi pengunjung. Untuk berkunjung ke sini dikenai tarif Rp7.500 per orang. Di sini kita juga bisa snorkeling, free diving ataupun diving terutama untuk melihat pari manta.

 

3. Pulau Kakaban

 

Di tengah Pulau Kakaban terdapat danau berair payau yang dihuni koloni ubur-ubur tak beracun. Kita bisa berenang di sini tapi dilarang menggunakan fins demi kelangsungan ubur-ubur. Ke sini hanya diminta mengisi buku tamu dan membayar biaya sukarela.

 

4. Pulau Maratua

 

Di pulau berjuluk Maldives van Borneo ini terdapat Maratua Paradise Resort. Bagi yang ingin mampir untuk berfoto, cukup membayar Rp40.000 per orang, dengan suguhan roti dan secangkir teh. Pulau Maratua memiliki banyak spot selam, di antaranya Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden dan The Channel Spot.

 

5. Gua Halo Tabung

 

Dulunya familiar dengan nama Gua Haji Mangku. Di dalam gua terdapat air yang sangat jernih, dingin dan berwarna kebiruan. Masuk ke air bisa dengan melompat dari pinggir tebing dari ketinggian 5 m atau menuruni anak tangga. Tiket masuk ke gua yang berada di Pulau Maratua ini Rp20.000 per orang.

 

6. Gusung Sanggalau

 

 

 

Pulau pasir tak berpenghuni ini berada tak jauh dari Pulau Derawan. Tak bisa sewaktu-waktu dikunjungi. Mendekati sore sekitar pukul 18.00, air akan mulai pasang sehingga pulau pasir akan tertutup air. Panorama di sini bak gurun pasir putih nan halus dikelilingi air pantai bergradasi hijau kebiruan dan disempurnakan oleh birunya langit.

 

Hal-hal penting yang perlu disiapkan dan direncanakan untuk melakukan trip mandiri eksplor Kepulauan Derawan:

1. Transportasi Darat

Transportasi darat diperlukan untuk menuju Dermaga Tanjung Batu dari Bandara Kalimarau Berau dengan jarak sekitar 95 km dan butuh 3 jam berkendara. Rekomendasi sewa mobil: Pak Farid (No. HP 0852-4669-0627. Harga sewa untuk rute Bandara Kalimarau-Dermaga Tanjung Batu PP Rp800.000.

 

2. Penginapan

Banyak sekali penginapan di Pulau Derawan. Namun ada baiknya pesanlah jauh-jauh hari daripada kehabisan tempat. Kalian bisa menginap di Cottage 88 dengan menghubungi nomor HP 0811-5991-689. Tarif per malamnya mulai Rp400.000 hingga Rp600.000.

 

Cottage 88 di Pulau Derawan

 

3. Speedboat

Untuk island hopping kalian bisa menyewa speedboat milik Haji Jubair (No. HP 0821-5718-6409). Tarifnya bervariasi, untuk penumpang 2 sampai 3 orang dibanderol Rp2.000.000, sementara penumpang 5 sampai 8 orang dipatok Rp4.000.000. Sewa speedboat ini berlaku 1 hari.

 

4. Makan saat Island Hopping

Bekal makan pagi dan siang sangat perlu untuk island hopping. Bisa memesan sekalian dengan pemilik speedboat dengan tarif Rp40.000 untuk 2 kali makan per orang.

 

Untuk perjalanan mandiri eksplor Derawan perlu mengumpulkan sedikitnya 6 orang supaya biaya sewa speedboat menjadi ringan. Lebih ringan lagi kalau bisa 8 orang. Dan supaya biaya bisa ditekan semurah mungkin, durasi trip cukup 3 hari, termasuk pergi dan pulang ke Jakarta atau kota asal. Waktu harus dimanfaatkan seefektif mungkin, itinerary dibuat padat, seperti ini:

 

Hari 1

- Penerbangan Jakarta-Balikpapan

- Penerbangan Balikpapan-Berau

- Perjalanan darat Tanjung Redep (Berau) ke Tanjung Batu

- Perjalanan laut Tanjung Batu ke Pulau Derawan

- Menginap di homestay di Derawan

 

Hari 2

- Jam 7 pagi sudah harus berangkat island hopping dengan urutan: Sangalaki, Kakaban, Gua Halo Tabung di Maratua, Maratua Paradise Resort (ganti baju di sini), Gusung Sanggalau.

- Jam 4 sudah harus selesai dari spot terakhir untuk kembali ke Dermaga Tanjung Batu

- Perjalanan darat Tanjung Batu ke Tanjung Redep

- Menginap di homestay di Tanjung Redep (diperkirakan tiba di Tanjung Redep pukul 8 malam)

 

Hari 3

-  Naik taksi dari homestay ke Bandara Kalimarau Berau

-  Penerbangan Berau-Balikpapan

- Penerbangan Balikpapan-Jakarta

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya, Deby Aprilia
Comment