SAN FRANCISCO KOTA TERMAHAL DI USA TAPI BANYAK OBJEK WISATA GRATISNYA 2019-12-18 00:00

Golden Gate Bridge

 

Kota yang terletak di pantai barat Amerika dan termasuk negara bagian California ini adalah kota termahal di USA. Letaknya yang dekat samudera membuatnya memiliki musim panas yang sejuk dan juga kabut musim panasnya yang khas menghiasi foto-foto Golden Gate Bridge, landmark San Francisco. Mari kita jelajahi objek-objek dan lokasi menariknya yang kebanyakan tempat terbuka yang tak memberlakukan tiket masuk alias gratis.

 

Cara ke San Francisco baca di sini.

 

GOLDEN GATE BRIDGE

Jembatan berwarna merah yang kokoh dan cantik ini menghiasi kota ini sejak tahun 1937. Panjangnya 1,6 km, menghubungkan Kota San Francisco dengan wilayah Marin Country.

 

Ada banyak spot untuk berfoto dengan latar jembatan ini, di antaranya Vista Point (dapat dicapai dengan naik hop on hop off bus) dan Battery Spencer, juga Sausalito (terletak di Marin Country, di seberang kota San Francisco; untuk ke spot ini tidak ada kendaraan umum).

 

PIER 39, FISHERMAN’S WHARF

Ini kawasan pertokoan dan rumah makan dengan pemandangan puluhan anjing laut yang asyik bersantai di dermaga. Dengan suaranya yang khas seperti orang cegukan, kawanan anjing laut ini menjadi tontonan gratis setiap orang yang datang ke tempat ini.

 

Kawanan anjing laut di dermaga

 

Pemandangan teluk dengan Pulau Alcatraz yang bersejarah juga membuat tempat ini semakin menarik. Bagi yang mau mengunjungi Pulau Alcatraz yang merupakan bekas penjara kelas kakapnya USA di masa lalu dapat memesan online setidaknya 3 bulan di muka di www.alcatrazcruises.com.

 

Salah satu tempat makan yang layak dicoba di Pier 39 adalah aneka jajanan seafood segar dan Boudin Bakery dengan makanan khasnya roti asam diisi sup krem yang bernama Clam Chowder. Di seberang lokasi ini berjejer aneka tempat atraksi berbayar seperti Madame Tussauds dan Ripley’s Believe It or Not!

Jam buka: rata-rata toko buka pkl.10.00-21.00.

Ke sana: dapat dicapai dengan hop on hop off bus, tram arah Fisherman’s Wharf, Cable Car arah Bay Area.

 

CABLE CAR

 

Ini adalah kendaraan unik bersejarah yang dimiliki kota ini, berupa cable car yang dioperasikan secara manual. Beroperasi sejak tahun 1873, kendaraan ini menjadi ajang atraksi yang sangat diminati turis sehingga banyak yang rela antre panjang untuk mencobanya. Saat ini ada 3 lines dari 23 yang dibangun tahun 1873 dan halte utamanya ada di Powel Street di dekat Union Square.

 

UNION SQUARE

Area seluas 1,1 ha ini adalah area umum yang dikelilingi pertokoan, hotel dan teater. Di tengah area terdapat Dewey Monument setinggi 26 m yang di atasnya ada patung The Goddess of Victory. Monumen ini didedikasikan untuk Admiral George Dewey, pahlawan pada masa Perang Manila Bay antara Spanyol dan Amerika.

Ke sana: Dapat ditempuh dengan hop on hop off bus, kereta BART dan Cable Car.

 

LOMBARD STREET

Jalanan meliuk-liuk dan menurun tajam sebanyak 8 tikungan di perumahan mewah San Francisco ini adalah atraksi unik kota ini. Ide dari Carl Hendry yang dibangun tahun 1922 di Russian Hill ini masih terawat, dikelilingi bunga-bunga cantik dan rumah-rumah kecil mewah bertingkat yang harganya wowww banget!

Lokasi: Russian Hill dan dapat dicapai dengan hop on hop off bus.

 

Baca juga: "13 Landmark Dunia yang Paling Sering Buat Selfie"

 

THE PALACE OF FINE ART

Bangunan cantik bergaya Eropa yang saat ini banyak digunakan untuk foto prewed dan foto ultah 16 tahun anak gadis Mexico (budaya mereka perayaan ultah meriah untuk anak gadis umur 16 tahun, bukan 17 tahun). Awalnya dibangun tahun 1915 lalu direnovasi tahun 1965 dan 2009.

Lokasi: Lyon Street di Marina District dan hanya dapat dicapai dengan kendaraan pribadi.

 

TWIN PEAKS

 

Dua bukit ini adalah tempat strategis melihat pemandangan 360 derajat Kota San Francisco yang tampak berkilauan saat malam hari. Dua bukit kembarnya setinggi 200 m juga dikenal dengan nama "Eureka" & "Noe". Angin di lokasi ini cukup kencang dan tidak ada sarana rumah makan. Kamar kecil dengan pembersih otomatis tersedia gratis tapi antrean bisa cukup panjang.

Lokasi: Twin Peaks Boulevard dan hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi.

 

SAUSALITO, KOTA DI SEBERANG SAN FRANCISCO

Kota pelabuhan Sausalito layak dikunjungi saat liburan ke San Francisco. Terlihat pemandangan dermaga penuh kapal pesiar seperti di Gold Coast Australia, juga deretan toko makanan. Ice Cream Lapperts adalah es krim khas kota ini yang harus dicoba. Variasi rasanya unik seperti kelapa mangga, kopi dengan campuran kelapa, dll.

 

 

Di pinggir pantai seberang pertokoan yang tidak jauh dari toko es krim saat akhir pekan ada Bapak Bill Sondak asal Manado yang sudah bertahun-tahun melakukan pertunjukan balancing rock. Kita bisa memberinya uang sebagai apreasi dengan membeli foto yang sudah disediakannya.

Lokasi: Marin County, di seberang Kota San Francisco dan dapat dicapai dengan hop on hop off bus. Banyak juga turis yang bersepeda dari San Francisco ke kota ini melalui Golden Gate Bridge lalu balik ke San Francisco dengan naik kapal ferry.

 

San Francisco juga adalah kota besar terdekat yang menjadi tempat keberangkatan menuju Yosemite National Park. Tentang Yosemite bisa dibaca di artikel selanjutnya.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, Shutterstock
Comment