BERTANDANG KE ISTANA RATU COKELAT DI CEBU: RALFE GOURMET CASA DE CACAO 2020-03-14 06:00

Sang Ratu Cokelat sedang membuat sikwate

 

Kalau Trippers ikut tur di Cebu Filipina dan salah satu objek yang dituju adalah Ralfe Gourmet Casa de Cacao, mungkin respons spontannya, “Tempat apa ini?” Melihat namanya, respons selanjutnya, “Ada hubungannya dengan cokelat?” Iya betul sekali! Jadi para penggemar cokelat pasti seneng banget ke sini! Dan ya, justru jangan melewatkan tempat ini kalau ke Cebu.

 

Berkunjung ke tempat berupa rumah tua bergaya Spanyol nan luas ini harus reservasi dulu 5 hari sebelumnya. Rumah ini merangkap sebagai pabrik pembuatan cokelat secara tradisional sekaligus ruang pamer. Jadi wisatawan yang datang ke sini tak hanya bisa mendengarkan sejarah perkembangan dan tradisi cokelat di Filipina, tapi juga bisa melihat langsung proses pembuatan tablea (tablet cokelat), hingga icip-icip tentunya.

 

Begitu masuk ke halamannya, kita langsung disambut oleh Raquel T.Choa, Sang Ratu Cokelat, pemilik dan penggagas tempat ini. Kita akan diajak berkeliling dulu, melihat proses pembuatannya dari mulai penjemuran biji cokelat, pembakaran (disanggrai di atas tungku besar dengan api dari kayu bakar), pelepasan kulit, penumbukan secara tradisional di lumpang khusus, sampai dicetak menjadi tablet cokelat (tablea). Dari tablea ini barulah dibuat aneka olahan cokelat dari kue-kue hingga minuman. Penumbukan secara tradisional didemonstrasikan sendiri oleh Raquel, dan pengunjung pun bisa ikutan mencobanya.

 

Demo penumbukan tablea

 

Sebelumnya Raquel, dengan gaya bicara seperti sedang mendongeng, penuh intonasi dan penghayatan, secara detil menceritakan bagaimana cokelat pertama kali dibawa dari Semenanjung Yukatan Meksiko ke Batangas di Filipina. Raquel juga bercerita tentang ‘pertemuannya’ dengan legenda cokelat Maria Cacao yang akhirnya membuatnya jatuh cinta dan mendarmabaktikan hidupnya untuk cokelat.

 

Baca juga: "Apa yang Menarik di Cebu Filipina? Rumah Bergaya China Tertua Ini Jawabannya"

 

Di ruang tamu utama dengan meja bundar tempat Raquel bercerita disajikan aneka jenis kue cokelat ataupun cokelat batangan yang bisa kita cicipi. Tapi hati-hati, ada potongan cokelat yang pahiiiit banget! Yang paling enak sih saat kita disajikan minuman sikwate (hot chocolate) yang diolah oleh Raquel sendiri dengan penuh cinta. Pokoknya puas lah, dapat ilmu sekaligus perut kenyang.

 

Sang Ratu Cokelat menyiapkan sikwate

 

Ini dia sikwate-nya

 

Lengkapi juga perjalanan cokelat Anda dengan mampir ke The Chocolate Chamber di Robinsons Galleria Cebu, 22 General Maxilom Ave Ext, Cebu City. Di outlet yang jam bukanya dari pukul 10.00-21.00 ini Anda bisa memesan aneka makanan dan minuman yang tentunya semua terbuat dari cokelat. Pizza-nya pun dari cokelat!

 

Alamat: 3349 Topaz St., Casals’ Village, Mabolo, Cebu City 6000

Paket tur per orang: 1 orang: PHP 4.800, 2-3 orang: PHP 3.000, 4-5 orang: PHP 2.100,  6-10 orang: PHP 1.800, 11-15 orang: PHP 1.500.

Jam buka: 10.00-17.00

Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Cara dan panduan ke Cebu baca di sini.

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment
Zachery

Thank you for posting this awesome article. I'm a long time reader but I've never been compelled to leave a comment. I subscribed to your blog and shared this on my Facebook. Thanks again for a great article! https://inveska.ca

2020-06-17