PANDUAN MENIKMATI GUNUNG FUJI DENGAN CARA SANTAI 2020-05-31 00:00

Gunung Fuji dan sakura bermekaran

 

Dari sekian banyak ikon wisata Jepang, Gunung Fuji pastinya berada di urutan teratas. Simbol pariwisata Jepang yang paling terkenal ini tak cuma terlihat agung tapi juga cantik memukau dengan salju yang menyelimuti puncaknya. Setiap tahun ada lebih dari 30.000 turis yang datang khusus untuk mendaki Gunung Fuji, dan lebih banyak lagi yang liburan ke Jepang demi menikmati gunung ini dan alam di sekitarnya yang menawan. Terletak di perbatasan Prefektur Yamanashi dan Shizuoka, Gunung Fuji atau yang lebih akrab disebut dengan Fujisan bisa dicapai dengan one day trip dari Tokyo. Tapi untuk bisa menikmatinya dengan santai sekaligus mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitarnya Trippers perlu menyediakan waktu beberapa hari di sini.

 

Gunung Fuji sebenarnya adalah gunung berapi aktif yang terakhir kali meletus pada tahun 1707. Tak cuma anggun dan indah, Fujisan juga merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan tinggi 3.776 mdpl. Tak cuma dikagumi, tapi juga disembah sebagai gunung sakral di Jepang.

 

Baca juga: "Sebelum ke Yokohama, Baca Dulu Panduan Ini Ya"

 

VIEW POINT UNTUK MELIHATNYA

Untuk menikmati keindahan Fujisan dari dekat, ada beberapa view point yang bisa dipilih untuk dikunjungi dan dijadikan area menginap. View point pertama adalah area 5 danau atau Fujigoko di sekitar Fujisan yakni Danau Kawaguchi (Kawaguchiko), Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji.

 

Gunung Fuji dari Danau Shoji

 

Di antara 5 danau, Kawaguchiko menjadi view point yang paling accessible dari Tokyo serta memiliki banyak atraksi yang ditujukan untuk turis asing. Danau Kawaguchiko juga sering menjadi base pendakian dan populer untuk acara kemping dan memancing.

 

Gunung Fuji dari Kawaguchiko

 

Selain itu, Hakone, sebuah resor pemandian air panas yang berada di dekat Fujisan juga termasuk view point terbaik untuk menikmati Fujisan.

 

Trippers juga bisa melihat view Gunung Fuji dari dalam shinkansen saat menuju Osaka, Kyoto, dan Nagoya dari Tokyo. Duduklah di kursi sebelah kanan agar bisa melihat Fujisan dengan jelas, terutama di sekitar Stasiun Shin-Fuji.

 

WAKTU TERBAIKNYA

Waktu terbaik untuk melihat Gunung Fuji adalah saat cuaca dingin di musim dingin dan gugur. Tepatnya saat subuh dan late evening hours. Saat musim panas dan tengah hari Gunung Fuji sering tak kelihatan jelas karena tertutup kabut.

 

Bagi Trippers yang ingin mendaki Fujisan, datanglah di bulan Juli dan Agustus. Di kedua bulan ini pendakian dibuka secara resmi.

 

 

CARA KE KAWAGUCHIKO DARI TOKYO

Ada dua cara yang bisa dipilih untuk menuju view point Danau Kawaguchiko dari Tokyo:

1. Shinkansen dan kereta lokal

Cara ini bisa dipilih kalau Trippers sudah membeli JR Pass sebelum terbang ke Jepang. Dari Stasiun Shinjuku Trippers bisa naik shinkansen Kaiji Ltd. Express tujuan Stasiun Otsuki. Selanjutnya Trippers perlu ganti naik kereta lokal Fujikyu Railway Line tujuan Stasiun Kawaguchiko. Kereta Fujikyu tidak di-cover oleh JR Pass jadi Trippers mesti beli tiket di loket tiket. Harganya 1.440 yen atau sekitar Rp201.000. Tapi kalau Trippers punya JR Tokyo Wide Pass, bisa naik kereta Fujikyu for free. Lama perjalanan 2 jam 50 menit.

 

2. Bus

Dari Stasiun Shinjuku Trippers perlu menemukan gedung Shinjuku Expressway Bus Terminal yang berada di seberang stasiun. Bus akan berangkat dari sini menuju Stasiun Kawaguchiko. Perjalanannya memakan waktu 1 jam 45 menit, tiketnya 2.000 yen atau sekitar Rp280.000. Tiket bus bisa dibeli online di https://highway-buses.jp/course/kawaguchiko.php

 

Baca juga: "5 Atraksi Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan di Yokohama"

 

Tips: Bila Trippers ingin memaksimalkan JR Pass maka sebaiknya ambil pilihan pertama dengan shinkansen. Tapi ini juga berarti waktu tempuhnya lebih lama, cuma bebas dari macet. Sementara itu kalau naik bus, waktunya lebih pendek tapi kadang terjadi kemacetan terutama saat rush hours. Kalau Trippers hanya memiliki 1 hari untuk trip ke Fujisan, sebaiknya naik shinkansen atau bus terpagi. Jadwal terpagi bus adalah pukul 07.30.

 

BISAKAH JALAN KAKI DI SEKITAR KAWAGUCHIKO?

Jawabannya bisa. Tapi area di sekitar Danau Kawaguchiko ini tidak kecil. Jadi kalau Trippers memiliki waktu beberapa hari dan ingin mengunjungi banyak tempat wisata, sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli bus pass. Dengan bus pass Trippers bisa naik bus sepuasnya keliling Kawaguchiko dan Gunung Fuji. Harganya 1.500 yen atau sekitar Rp210.000 dan berlaku selama 2 hari. 

 

Danau Kawaguchiko

 

Pass bisa dibeli di depan Stasiun Kawaguchiko. Biasanya ada beberapa petugas yang menawarkan bus pass ke para turis yang baru saja turun dari kereta. Pilihlah red line karena jalur bus di Danau Kawaguchiko adalah red line. Tapi bus pass juga bisa dipakai untuk naik bus di green dan blue line. Kedua jalur ini melewati danau-danau lainnya di area 5 danau.

 

Cara lainnya untuk menikmati liburan di Kawaguchiko dan Gunung Fuji adalah dengan naik sepeda. Cara ini bisa dipilih kalau Trippers punya waktu yang cukup dan ingin exercise selama liburan. Biaya sewa sepeda selama 1 hari 1.500 yen atau sekitar Rp210.000.

 

Tentang atraksi wisata menarik di Kawaguchiko bisa dibaca di artikel selanjutnya.

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Shutterstock
Comment
Katrina

Hi, I do think this is an excellent site. https://www.tailoredsuitparis.fr

2020-09-08
Lacy

Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. https://lascootershop.ca

2020-06-29