PANDUAN CERDAS EKSPLOR BELITUNG 2020-09-01 00:00

Pantai Batu Berlayar, pulau mini dengan hamparan batu-batu granit raksasa

 

Belitung yang sejak November 2017 ditetapkan sebagai salah satu Geopark Nasional memang belum berhasil menjadi UNESCO Global Geopark. Tapi pesona Bumi Laskar Pelangi tak terbantahkan. Bukan hanya pantai berbatu granit raksasa dan pasir putih, Belitung juga memiliki objek wisata lainnya dan tentu saja kuliner yang maknyus. Layak untuk dikunjungi lagi dan lagi. 

 

TENTANG BELITUNG

Belitung masuk dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pecahan dari Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi ke-31 ini resmi terbentuk tahun 2000 dan terdiri dari dua pulau besar yakni Bangka dan Belitung. Pulau Belitung sendiri dibagi menjadi dua kabupaten yakni Belitung dan Belitung Timur.

 

BAHASA

Belitung memiliki bahasa khas sendiri yakni Bahasa Melayu Belitung. Penamaan Belitong pun (ya, aslinya disebut Belitong, bukan Belitung) berasal dari Bahasa Melayu lokal.

 

MASYARAKAT BELITUNG

Satu yang cukup menyolok dari Belitung adalah keharmonisan masyarakatnya yang berasal dari suku Melayu, Tionghoa, Jawa, dan ada juga yang berasal dari Bugis dan Madura. Semuanya melebur menjadi satu, saling bertoleransi.

 

CARA KE BELITUNG

Dari Jakarta ke Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung yang menjadi gerbang masuknya, hanya butuh terbang 50-60 menit dengan naik berbagai pilihan maskapai serta harga yang bersahabat, mulai Rp350.000-an sekali jalan. Bandar udara di Tanjung Pandan kini telah ditingkatkan menjadi Bandar Udara Internasional H.A.S Hanandjoeddin.

 

Baca juga: “100+ Destinasi Wisata Domestik yang Bisa Jadi Pilihan di Era Next Normal. Bagian 7: Sumatera

 

TIPS BAGI INDEPENDENT TRAVELERS

Belitung sangat menyenangkan dan aman untuk dieksplor sendiri. Bagi yang senang solo traveling ataupun berdua disarankan menyewa motor. Jalanan Belitung rata-rata beraspal mulus. Selain itu, hampir semua tempat wisata memiliki akses yang mudah. Kalaupun nyasar, tanya saja pada warga,  mereka pasti akan membantu. Harga sewa motor mulai Rp70.000 dan mobil mulai Rp500.000. Butuh kontak penyewaan kendaraan, pemandu, kapal ataupun jasa tur? Silakan hubungi: Alfin (081373540500) atau Sofhian (081949296969).

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Musim kemarau, Juni hingga September adalah saat terbaik. Sementara Oktober hingga Maret sering hujan, jadi jika ingin mengunjungi pantai dan pulau di sekitarnya, selalu hati-hati karena kondisi laut yang bergelombang.

 

PENGINAPAN

- Arumdalu Private Resort

 

Hanya menyediakan vila sebanyak 10 unit, mengusung luxury resort yang go green. Masing-masing vila dilengkapi kolam renang pribadi.

Alamat: Jl. Batu Lubang, Membalong 33452, Belitung.

 

- Hotel Lux Melati

Hotel bintang dua yang berdekatan dengan Warung Kong Djie pertama ini merupakan hotel andalan di tengah pusat kota Tanjung Pandan. Kamarnya luas dengan fasilitas yang sangat memadai serta didukung staf yang ramah.

Alamat: Jl. Melati No.72, Tanjung Pandan 33411, Belitung.

 

- Leebong Resort

Rumah pohon di Leebong Resort

 

Jangan lewatkan menginap di vila yang dibangun di atas pohon dan menggunakan bahan-bahan kayu. Selain menginap di rumah pohon, nikmati juga berbagai wahana permainan air yang ada di resor ini seperti kayak atau banana boat.

Alamat: Pegantungan, Badau 33452, Belitung.

 

- Fairfield by Marriott Belitung

Menawarkan desain lokal yang elegan yang terinspirasi dari rumah panggung. Elemen kayu dan warna cokelat tampak kentara di setiap sudutnya. Hotel ini memiliki kolam renang yang langsung menghadap laut.

Alamat: Jl. Pattimura No. 1 Tanjung Pendam, Belitung.

 

Baca juga: “13 Destinasi Wisata Indonesia yang Membangkitkan Semangat Patriotisme

 

KULINER LOKAL BELITUNG

Hampir di semua lokasi wisata di Belitung terdapat pedagang makanan sehingga wisatawan yang berpelesir tak perlu takut kelaparan. Malah terbilang banyak sekali pilihan makanan lokal yang enak.

 

- Mie Belitung

Mie Belitung yang terkenal adalah Mie Atep. Kuah kentalnya yang terbuat dari racikan udang adalah kunci kelezatannya. Selain itu, mi kuning yang ditaburi potongan bakwan, tahu, toge, dan kentangnya juga makin membuat ngiler. Di Mie Atep Belitung juga tersedia nasi tim.

Alamat: Jl. Sriwijaya No.27, Tanjung Pandan, Belitung/

 

- Kopi Kong Djie

Kopi lokal yang sukses membuka bisnis franchise ini telah memiliki lebih dari 10 warung kopi yang tidak hanya ada di Belitung, tetapi juga di Jakarta. Nggak hanya kopi saja yang tersedia, namun ada juga berbagai minuman lainnya. Tapi jika ingin mencicipi segelas Kopi Kong Djie dari warung pertamanya, melipirlah ke Jalan Siburik Barat, Tanjung Pandan.

Alamat Kopi Kong Djie yang lain: Jl. Pangeran Diponegoro Pangkal Lalang, Belitung.

 

- Kopi Ake

 

Merupakan salah satu warung kopi tertua di Belitung dan hanya ada satu-satunya di Jalan Veteran, Tanjung Pandan. Dibuka tahun 1911, warung kopi ini dulunya dikenal sebagai tempat istirahat para pekerja kantor timah yang ada di depannya. Meski perusahaan timahnya udah nggak ada, kebiasaan minum kopi tetap melekat. Itulah kenapa mulai pukul 6 hingga 11 malam, Willy, yang merupakan generasi ke-4 warung ini, tetap melayani para pelanggan setianya.

 

- Gangan

Adalah menu sup ikan berwarna kuning khas Belitung. Yang digunakan ikan ketarap, tenggiri ataupun ikan lainnya. Gangan juga dicampur potongan buah nanas sehingga rasanya sedikit asam dan bisa pula pedas. Meski begitu, ada juga variasi Gangan Darat yang mengganti ikan dengan daging sapi atau hewan di darat lainnya.

Resto yang direkomendasi: Dapoer RR di Jl. Pattimura, Tanjung Pendam, Belitung.

 

- Bedulang

Dulang adalah wadah besar yang terbuat dari kayu, kuningan, atau besi. Sedangkan makan bedulang adalah cara makan tradisional yang menggunakan dulang yang biasanya diadakan saat pernikahan, pesta adat, dll.

 

Menu Bedulang

 

Restoran Belitong Timpo Duluk menyediakan paket bedulang dan makanan khas Belitung lainnya. Paket bedulang untuk 4 orang terdiri dari Ikan Gangan, Sate Ikan, Ayam Ketumbar, sayur dan lalapan. Makin spesial lagi jika memakannya dengan sambal serai nikmat.

Alamat Belitong Timpo Duluk: Jl. Pilang, Dukong, Tanjung Pandan, Belitung.

 

- Nasi Gemok

 

Ibarat Nasi Uduk Jakarta atau Nasi Kucing di Jogja, begitulah arti Nasi Gemok bagi warga Belitung. Bedanya, Nasi Gemok dibungkus dengan daun simpor. Di dalamnya terdapat nasi putih hangat dan ikan bebulus renyah yang merupakan salah satu ikan khas Belitung. Selanjutnya, tinggal menyiramnya dengan kuah ikan yang gurih dan sedikit asam.

Rekomendasi Nasi Gemok: Kopi Ake dan Warung Mak Janah (di samping Kopi Ake).

 

- Ketam

 

Ketam yang sekilas mirip perkedel ini diolah dari daging kepiting yang disuwir-suwir lalu dicampur tepung lantas digoreng. Hampir di setiap restoran terdapat menu ini. Jika ingin rasa ketam yang sedikit berbeda, cobalah memesannya di RM. Nelayan, RM. Ratu Rasa dan RM. Sari Laut. O ya, ketam bisa dijadikan oleh-oleh dengan membelinya dalam kondisi beku.

 

Baca juga: “6 Kuliner Andalan Belitung, No.4 Pasti Bikin Kekenyangan

 

OLEH-OLEH

- Kumbe

Beli aneka oleh-oleh di Kumbe

 

Puluhan UKM yang ada di Belitung bersatu dan membentuk sebuah toko oleh-oleh yang dinamakan Kumbe. Toko ini menjual segala jenis produk lokal yang cocok dijadikan oleh-oleh, mulai dari batik lokal dengan motif Kantong Semar, kerupuk cumi dan aneka kerupuk lainnya, kopi dan kerajinan tangan lainnya. Kita juga bisa menyewa pakaian tradisional Belitung yakni Baju Kurung, lalu berfoto di sini. 

Alamat: Jl. Merdeka No.12, Tanjung Pandan, Belitung.

Jam buka: 08.00-20.00

 

- Batu Satam

Bagi pecinta bebatuan, satam atau yang dikenal dengan berlian hitam merupakan salah satu barang unik yang hanya ditemukan di Belitung. Bebatuan langka ini berwarna hitam. Karena langka, harganya pun sangat mahal, mencapai jutaan rupiah untuk ukuran sebesar kelereng. Oleh pengrajin, satam dimodifikasi menjadi ornamen untuk perhiasan, namun ada juga yang menjual batunya saja.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

KABUPATEN BELITUNG:

Kecamatan Tanjung Pandan: Pantai Tanjung Pendam, Danau Kaolin, Rumah Adat Belitung, Pantai Gusong Bugis (Belitung Mangrove Park).

Kecamatan Sijuk: Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang dan pulau-pulau di sekitarnya, Pulau Lengkuas, Balancing Rock, Mangrove Sungai Padang, Pantai Batu Bedil, Kelenteng Pat Tiya, Tanjung Binga, Pantai Bukit Berahu, Bukit Peramun.

 

Pulau Lengkuas dan mercusuarnya

 

Kecamatan Membalong: Batu Baginde, Pantai Penyabong.

Kecamatan Badau: Batu Mentas, Museum Badau, Pulau Leebong, Pasar Rimba Alam Bahagia.

 

KABUPATEN BELITUNG TIMUR: Kota Manggar, SD Muhammadiyah Gantong “Laskar Pelangi”, Museum Kata Andrea Hirata, Pantai Burung Mandi, Vihara Buddhayana/ Vihara Kwan Im, Pantai Serdang, Nam Salu Open Pit, Pulau Ayam Besar, Pulau Ayam Kecil (Gusong), Kampoeng Ahok.

 

Bahasan lebih detil tentang objek wisatanya bisa dibaca di artikel selanjutnya.

 

 

Teks: Lenny Lim, Mayawati NH (Maya The Dreamer), Raiyani Muharramah Foto: Haryanto, Hendri Yuliansyah, Lenny Lim, Dok. Arumdalu Private Resort
Comment
Veronique

It's perfect time to make some plans for the future and it's time to be happy. I have read this post and if I could I desire to suggest you few interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I want to read more things about it! It is appropriate time to make some plans for the future and it is time to be happy. I’ve read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or advice. Maybe you could write next articles referring to this article. I desire to read even more things about it! Hi there! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to check it out. I'm definitely loving the information. I'm bookmarking and will be tweeting this to my followers! Outstanding blog and brilliant design. http://linux.com/

2020-09-12
Parbriz Citroen C Crosser Enterprise 2018

Simply desire to say your article is as surprising. The clearness on your post is simply excellent and that i could think you're a professional in this subject. Well together with your permission allow me to clutch your RSS feed to stay up to date with approaching post. Thank you one million and please carry on the rewarding work. https://vanzari-parbrize.ro/parbrize/parbrize-citroen.html

2020-09-06