YUK, BERKENALAN LEBIH JAUH DENGAN MOBIL AVANZA 1.5G M/T TERBARU 2020-12-09 06:00

 

Berbicara mengenai mobil Avanza tentu bukanlah suatu hal yang asing. Mobil Avanza telah malang melintang di dalam dunia otomotif Indonesia. Mobil ini identik dengan mobil keluarga karena memiliki kapasitas penumpang yang cukup banyak dengan desain mobil yang elegan dan memberikan kesan modern. Kesan modern dalam setiap mobil Avanza dapat terlihat langsung dari desain body-nya yang selalu inovatif dan berbeda dari yang lain. Desain interiornya juga tak kalah menarik dari desain eksteriornya.

 

Mulai dari fitur hiburan hingga fitur keamanan sudah ditambahkan ke dalam desain interior mobil ini. Selain itu, harga mobil Avanza juga sangat terjangkau.Tentu bagi Anda yang sering bepergian bersama keluarga memiliki mobil ini akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Jika Anda tertarik dengan mobil Avanza ini, bisa berkenalan dengan salah satu tipenya, yaitu Avanza 1.5G M/T pada ulasan berikut ini.

 

1. Kapasitas Mesin

Kapasitas mesin Avanza seri 1.5G M/T sebesar 1.500 cc. Merupakan kapasitas terbesar di antara mobil Avanza yang lain. Avanza seri terbaru ini sudah menggunakan tipe mesin dual VVT-i  dengan 4 cylinder  dan sudah dilengkapi dengan DOHC. Bahan bakar mobil ini adalah bensin dan sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi atau yang lebih dikenal dengan electronic fuel injection. Dengan teknologi tersebut pembakaran bahan bakar menjadi lebih irit dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 45 liter. Daya pacu mobil ini 104/6.000 ps/rpm. Daya pacunya cukup besar mengingat kapasitas mobil ini bisa menampung hingga maksimal 7 orang. Kekuatan torsi maksimalnya mencapai 13.9/4.200 kgm/rpm.

 

2. Dimensi Mobil

Avanza adalah mobil yang dikenal sebagai salah satu mobil dengan kapasitas yang cukup besar tetapi desain mobilnya tetap ramping dan tidak memakan tempat. Tentu Anda penasaran bukan mengenai dimensi mobil ini? Tipe mobil Avanza 1.5G M/T dimensi panjangnya 4.190 mm dan lebarnya 1.660 mm. Dari segi tinggi, mobil ini memiliki tinggi sekitar 1.695 mm dengan jarak sumbu rodanya sebesar 2.655 mm. Dengan dimensi tersebut tidak heran jika mobil ini bisa tetap tampil ramping meski memiliki kapasitas penumpang yang lumayan banyak, yaitu 7 orang.

 

3. Desain Eksterior

Pada bagian depan mobil ini menggunakan headlamp yang memiliki dua lapisan dengan menggunakan lampu LED yang akan membuat pencahayaan yang dihasilkannya semakin terang terutama pada saat malam hari. Desain eksterior bagian depan juga semakin ditonjolkan dengan adanya lekukan pada bagian bumper depan dengan ditambah adanya cover foglamp yang membuat tampilan mobil ini semakin kokoh dan tegas. Beralih ke bagian kaki mobil atau ban. Desain ban mobil Avanza ini mengalami beberapa perubahan, untuk bagian velg dan bannya sudah dilengkapi dua fitur, yaitu efek putar 3 dimensi dan memiliki kisi yang dapat membuang kelebihan tekanan udara pada ban. Adanya kedua fitur tersebut membuat performa mobil semakin dinamis. Sementara desain bagian belakang mobil menggunakan high mount stop  lamp.

 

4. Desain Interior

Dari segi eksterior sudah dibahas, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas bagian dalamnya atau desain interior. Mobil Avanza ini sudah dilengkapi AC digital plus head unit yang akan membuat bagian dalam mobil menjadi lebih nyaman dan dingin terutama saat berada di dalam suhu yang panas. AC ini telah dipasang secara rapi pada bagian dalam mobil. Bagian dasbor sudah dilengkapi panel layar atau canter facia yang membuat Anda lebih nyaman untuk melihat GPS ataupun hanya untuk mendengarkan musik saat dalam perjalanan. Pada desain spidometer, mobil Avanza ini sudah menggunakan desain spidometer terbaru yang dilengkapi cahaya putih yang dipadukan dengan iluminasi warna biru sehingga membuat mata menjadi lebih nyaman saat melihat ke arah spidometer.

 

5. Fitur Keamanan

Fitur keamanan mobil Avanza yang pertama adalah child lock. Fitur ini memberikan jaminan keamanan bagi Anda yang memiliki anak kecil dan sering diajak bepergian. Fitur ini memungkinkan anak Anda lebih aman dan tidak bisa membuka pintu mobil sendiri dari bagian dalam. Dengan mengaktifkan child lock pada bagian pintu akan membuat pintu mobil hanya bisa dibuka dari bagian luar. Fitur ini akan sangat membantu untuk keselamatan anak Anda agar tidak bisa membuka pintunya sendiri.

 

Fitur lain yang akan membuat mobil Anda tetap aman adalah adanya alarm mobil yang akan meningkatkan sistem keamanan mobil saat di tempat parkir. Untuk membuat tingkat keamanan semakin tinggi, mobil ini juga dilengkapi anti theft device yang akan membuatnya tetap aman meskipun ditinggal pergi jauh.

 

Fitur keamanan yang lain adalah adanya engine immobilizer yang akan membuat mobil tetap aman dan terhindar dari pencurian karena fitur ini membuat mobil hanya bisa dihidupkan dengan kunci yang asli saja. Selain kunci yang asli mobil tidak akan bisa dihidupkan atau digunakan.

 

6. Fitur Hiburan

Fitur hiburan tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan. Demi kenyamanan Anda sebagai pengguna, mobil ini dilengkapi dengan beberapa fitur hiburan dan cara pengaplikasian yang mudah. Fitur yang pertama adalah touch screen head unit yang akan membuat Anda lebih nyaman dan mudah untuk mengaplikasikannya. Head unit tersebut juga didukung dengan adanya 6 speaker yang terpasang pada bagian pintu mobil sehingga Anda akan lebih nyaman saat mendengarkan musik. Pengoperasian head unit ini juga bisa dilakukan melalui setir. Bagian setir sudah dilengkapi fitur pengontrol head unit sehingga Anda tidak perlu lagi menjulurkan tangan saat berkendara untuk mengecilkan volume ataupun mengganti lagu. Anda hanya cukup memencet tombol yang terletak pada setir.

 

Fitur yang kedua adalah t-link with mirracast yang akan membuat Anda bisa dengan mudah melihat tampilan smartphone Anda pada layar head unit. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda hanya cukup mengaktifkan bluetooth yang ada pada smartphone Anda.

 

7. Harga

Mobil Avanza saat ini tampil dengan lebih gahar dan modern. Desain-desain kekinian yang dihadirkan membuat tampilan mobil menjadi lebih segar. Tidak hanya itu, mobil Avanza juga dilengkapi beragam fitur yang mendukung desain-desain yang telah dihadirkannya. Dengan beragam fitur yang dimiliki mobil Avanza dibandrol dengan harga mulai dari 222 juta-an rupiah untuk tipe tertingginya, yaitu Avanza 1.5G M/T dan untuk tipe di bawahnya dibandrol dengan harga mulai dari 190 juta-an rupiah.

 

Lakukan Beberapa Tips Merawat Mobil Avanza Ini Jika Anda Ingin Mobil Anda Tahan Lama

Setelah melihat beragam spesifikasi dan fitur yang dimiliki mobil Avanza terbaru tentu Anda juga harus mengetahui bagaimana cara perawatan yang tepat. Perawatan pada setiap mobil tentu berbeda-beda begitu pula dengan mobil Avanza. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar mobil tetap awet dan tidak mudah mengalami kerusakan pada saat digunakan. Untuk perawatan mobil Avanza Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

1. Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil sebelum digunakan adalah tips pertama yang harus Anda lakukan ketika memiliki mobil Avanza. Anda bisa memanaskan mobil sekitar 5-10 menit sebelum digunakan. Tujuannya untuk membuat kondisi mesin siap digunakan beraktivitas. Sebelum memanaskan mobil ada baiknya Anda melakukan pengecekan sederhana terlebih dahulu kondisi air radiator dan olinya.

 

2. Penggantian Komponen

Komponen mobil Avanza harus diganti secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada bagian komponen yang lain. Komponen mobil Avanza cukup beragam, mulai dari rem, timing belt hingga ban mobil. Anda harus memperhatikan waktu penggantian setiap komponen tersebut dengan seksama. Komponen mobil yang tidak diganti secara rutin akan menyebabkan beragam permasalahan, seperti kehabisan oli, radiator yang kering, hingga mobil tiba-tiba mogok pada saat digunakan. Kelalaian dalam penggantian komponen akan memberikan dampak pada Anda sendiri. Jadi, perhatikan kapan waktu untuk mengganti dan melakukan servis ke bengkel.

 

3. Penggantian Oli

Oli adalah pelumas bagi mobil yang akan mendukung sistem kerja mesin mobil agar menjadi lebih ringan dan mudah dioperasikan. Anda harus mengganti oli pada mobil Avanza secara rutin. Penggantian oli pada mobil akan membuat sistem kerja mesin tetap optimal sehingga kondisi pembakaran pada mesin dapat berjalan lancar dan normal. Kondisi oli juga akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Jika bahan bakar mobil Avanza tiba-tiba boros maka bisa jadi salah satunya disebabkan oleh kondisi oli yang sudah kotor dan residu pembakaran menumpuk di dalamnya. Pastikan pula kualitas oli dan tipenya pada saat melakukan penggantian. Setiap jenis mobil memiliki tipe olinya sendiri sehingga Anda harus memperhatikannya dengan lebih seksama.

 

4. Pengecatan

Pengecatan pada mobil Avanza bisa Anda lakukan jika mengalami goresan atau lecet selama pemakaian. Anda juga bisa menggunakan coating untuk membuat kondisi cat mobil Avanza tetap mulus seperti baru dan terhindar dari goresan-goresan tipis. Anda bisa melakukan pengecatan ulang jika warnanya sudah mulai pudar.

 

5. Membersihkan Filter Udara

Filter udara adalah salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan. Filter udara yang kotor akan membuat performa mobil menjadi lebih lambat dan tarikan gasnya menjadi tersendat-sendat. Tarikan gas yang lebih lambat dan tersendat akan membuat mesin bekerja lebih berat. Filter udara yang kotor juga akan berdampak pada kondisi AC yang menjadi kurang maksimal. Jadi lakukan pembersihan filter udara secara rutin.

 

6. Bersihkan Bagian Interior

Bagian interior mobil Avanza juga harus dirawat dengan baik. Anda bisa melakukan vacuum pada bagian jok dan lantai mobil untuk menghilangkan debu. Pada bagian dasbor Anda bisa menyikatnya di bagian sela-sela dan mengelapnya dengan lap yang lembab untuk bagian yang lebih lebar. Pembersihan bagian interior akan membuat Anda lebih nyaman saat berada di dalam mobil.

Demikian ulasan mengenai mobil Avanza dan tips untuk merawatnya agar lebih awet dan nyaman untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.  Melalui ulasan di atas Anda bisa mengetahui sedikit lebih banyak mengenai mobil Avanza, mulai dari spesifikasi hingga harga.

Teks: Istimewa Foto: carmudi.co.id
Comment