7 OBJEK MENARIK DI KARANGANYAR SOLO. YANG No.7 BIKIN BETAH 2020-03-26 00:00

Candi Ceto

 

Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah diberkahi udara sejuk dan pemandangan menawan berkat adanya Gunung Lawu. Gunung setinggi 3.265 mdpl ini berada di 3 kabupaten yakni Kabupaten Ngawi dan Magetan di Provinsi Jawa Timur serta Kabupaten Karanganyar di Provinsi Jawa Tengah. Banyak wisata alam yang beraada di dataran tinggi Karanganyar. Apa saja?

 

1. CANDI CETO

Susunan bangunannya bertingkat, semakin ke belakang semakin tinggi, dan ada teras-terasnya yang masing-masing dibatasi pintu selebar jalan setapak. Di candi ini kita bisa melihat relief yang menggambarkan kisah Sudamala.

 

Karena berada pada ketinggian 1.470 mdpl, udara di sekitar sangat sejuk. Jika cuaca sedang cerah, kita bisa menyaksikan Gunung Lawu dari sini.

 

Candi Ceto berlokasi di Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Tiket masuknya Rp10.000 untuk domestik dan Rp30.000 untuk mancanegara.

 

2. KEBUN TEH KEMUNING

 

Luas perkebunan teh mencapai 1.051 ha dan berada pada ketinggian hingga 1.540 mdpl, di lereng Gunung Lawu bagian barat, di Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso. Suasana di sini begitu asri. Tanaman teh terhampar di sepanjang jalan. Belum lagi ditambah dengan kesejukan udaranya dengan suhu rata-rata 22° C.

 

Baca juga: "Kuliner yang Pas Buat Tombo Kangen di Solo"

 

3. AIR TERJUN JUMOG

Air terjun ini tingginya sekitar 30 m dengan debit air yang tidak begitu deras. Selain bisa merasakan sensasi kesegaran air dan kesejukan khas pegunungan, pengunjung juga bisa menghabiskan waktu untuk berenang di dalam kolam alami tepat di bawah air terjun meski harus tetap menjaga diri.

 

 

Air Terjun Jumog berada pada ketinggian 1.000 mdpl dan letaknya cukup tersembunyi dengan dikelilingi perbukitan. Untuk mencapai lokasi sangat mudah, melewati jalan landai sejauh kurang lebih 100 m dari pintu masuk.

 

Air Terjun Jumog beralamat di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Tiket masuknya Rp10.000 per orang.

 

4. TELAGA MADIRDA

 

Telaga Madirda terletak di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, tepatnya di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 900 mdpl. Selain sebagai tempat wisata, Telaga Madirda juga menjadi tempat upacara keagamaan, seperti Melasti yang digelar menjelang Hari Raya Nyepi. Saat ini Telaga Madirda sedang pada tahap pembangunan, sehingga untuk mengunjunginya masih gratis.

 

5. AIR TERJUN GROJOGAN SEWU

 

Air terjun yang terletak di Desa Beji Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar ini memiliki debit air yang sangat deras. Air terjun setinggi 80 m dan berada pada ketinggian 1.100 mdpl ini memiliki 2 pintu masuk. Pintu pertama jalurnya 1.250 anak tangga. Sementara pintu kedua jalurnya cukup landai sejauh 200 m. Tiket masuk per orang Rp20.000 untuk domestik dan Rp110.000 untuk mancanegara.

 

6. AIR TERJUN JURANG SUNDO

Keunikan air terjun yang berada di ketinggian 1.800 mdpl ini terletak pada 2 buah kolam buatan tepat di sampingnya. Kolamnya dihuni ratusan ikan koi. Sehingga selain bisa menikmati panorama air terjun, pengunjung juga berkesempatan memberi makan ikan sembari berfoto dengan latar belakang air terjun setinggi 9 m.

 

 

Lokasi air terjun berjarak sekitar 150 m dari lokasi parkir dengan akses jalan yang cukup baik. Berada di Desa Nglurah Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Saat ini Air Terjun Jurang Sundo masih pada tahap peningkatan akses jalan dan sarana prasarana. Oleh sebab itu masih gratis.

 

7. NDORO DONKER

Tak lengkap jika belum mencicipi hasil olahan dataran tinggi Kabupaten Karanganyar, apa lagi kalau bukan tehnya. Silakan mengunjungi kedai teh Ndoro Donker. Rasakan kesan yang berbeda, di mana teh alami bisa dinikmati sambil merasakan kesejukan alam di tepi Kebun Teh Kemuning.

 

 

Selain tersedia tempat duduk yang luas, terdapat pula rumah-rumah kecil yang bisa dipilih sebagai tempat bersantai. Bangunan rumah mungil tersebut memiliki bentuk yang unik dilengkapi dengan hiasan mobil VW dan juga tanaman hias. Harga teh siap minum di Ndoro Donker dibanderol mulai Rp10.000 hingga Rp55.000. Terdapat pula makanan besar dan juga camilan seperti tempe goreng dan pisang keju. Ndoro Donker terletak di Desa Puntukrejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

 

Baca juga: "Itinerary Liburan ke Solo 3 Hari"

 

CARA KE KARANGANYAR

Dataran tinggi Karanganyar mencakup Kecamatan Jenawi, Ngargoyoso dan Tawangmangu. Untuk mencapainya lebih mudah melalui Bandara Adi Sumarmo Solo yang berada di Boyolali. Sesampainya di bandara, lanjutkan perjalanan dengan mobil atau sepeda motor sewaan selama 1,5 jam berkendara.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya
Comment