13 TIPS TRAVELING DI ERA NEW NORMAL. YUK DISIMAK... 2020-06-15 00:00

Keindahan Misool di Raja Ampat

 

Per hari ini, 15 Juni 2020, beberapa provinsi membuka kembali objek-objek wisatanya. PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah juga sudah dilonggarkan atau malah sudah tak diberlakukan. Ada juga yang tetap PSBB tapi secara proporsional sesuai level kewaspadaan tiap daerah. Era New Normal dimulai bertahap. Kita-kita ini yang sudah ‘tertahan’ di rumah 3 bulan lebih pasti sudah nggak sabar ingin ngetrip lagi, ya kan? Tapi jangan hanya berpikir mau ngetrip ke mana, karena di era ini banyak peraturan atau protokol kesehatan yang harus dipatuhi demi keselamatan bersama. Jadi apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan bagi yang hendak berwisata di era new normal ini? Berikut MyTrip rangkum tips-tipsnya ya.

 

Bekas penjara di Pulau Galang, Batam

 

1 Cari tahu aturan ter-update seputar bepergian di masa new normal baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan moda transportasi umum (darat, laut udara). Cari tahunya di mana? Secara online tentu saja. Pantau grup-grup WhatsApp yang Anda ikuti, dan tengok beranda media sosial, pasti nggak bakal ketinggalan berita deh. Dewasa ini ‘kan informasi di dunia maya begitu deras, jadi kalau kita mengikuti terus, pasti dapat informasi update-nya.

 

2. Cari tahu lokasi wisata di zona mana saja di provinsi Anda yang sudah buka. Karena katakanlah provinsi Anda masih membatasi jalur keluar masuk, jadi untuk sementara Anda hanya bisa mengunjungi objek wisata di dalam provinsi sendiri.

 

Danau Love atau Danau Imfote di Kabupaten Jayapura

 

3. Be resourceful! Selain cek aturan seputar protokol kesehatan, juga cari tahu segala hal tentang objek wisata tujuan. Supaya tahu kondisi dan apa yang hendak dilakukan di sana. Coba gunakan mesin pencari di website ini untuk mencari info yang Anda butuhkan.

 

4. Saat bepergian, pastikan HP memiliki kuota internet yang cukup karena kemungkinan besar Anda akan banyak mengandalkan internet kalau misalnya objek yang Anda datangi ternyata masih tutup, Anda harus cari alternatif lain saat itu juga. Nggak mungkin hanya mengandalkan Wi-Fi.

 

5. Untuk day trip bawalah bekal makanan dan minuman sendiri.

 

 

6. Bawa semua perlengkapan wajib di masa pandemi ini: tisu basah, tisu kering, hand sanitizer, desinfektan semprot, sabun cair, kotak P3K. Kalau punya, bawa juga termometer.

 

Baca juga: "Saat Harus Libur dari Liburan Karena Corona, Enaknya Ngapain Ya?"

 

7. Bagi sahabat Muslim, jangan lupa bawa perlengkapan ibadah sendiri. No pinjem-pinjem lah sekarang mah.

 

8. Kenakan pakaian sesimpel mungkin, dan jangan memakai aksesoris termasuk jam tangan saat ngetrip. Minimalisir benda yang Anda pakai agar tidak makin banyak media penampung droplet berisi virus di badan Anda. Meringankan juga beban cuci-cuci saat kembali ke rumah.  

 

Bukit Pergasingan, Lombok

 

 9. Tentunya wajib pakai masker ataupun face shield jika memang dibutuhkan. Masker harus dibawa cadangannya ya. Karena hanya day trip sekalipun, Anda pasti butuh masker lebih dari satu.

 

10. Jadilah Trippers yang patuh pada aturan yang berlaku, disiplin dan bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan kesehatan sendiri, juga menjaga kebersihan tempat yang didatangi. Bawa kantong plastik untuk antisipasi kalau sulit menemukan tempat sampah. Terutama jangan membuang bekas tisu yang mengandung droplet Anda sembarangan. Karena Anda tak pernah tahu apakah droplet Anda mengandung virus atau tidak. Anda tak mau tertular, tapi sepatutnya Anda juga tak membuka celah kemungkinan menularkan orang lain.

 

Pantai Ohoiew di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara

 

11. Say no pada kerumunan. Jika datang ke suatu tempat wisata ternyata di sana sudah sangat ramai, lebih baik batalkan, cari alternatif lain. Jangan ambil risiko. Tempat itu nggak akan ke mana-mana, lain waktu bisa didatangi lagi. Kesehatan dan keselamatan Anda dan keluarga nomor satu.

 

Baca juga: "Pantai & Bukit Ege di Pulau Sabu NTT, Cocok Buat Physical Distancing"

 

12. Hati-hati terhadap penawaran trip bodong yang bisa saja banyak beredar di saat begini. Cermati setiap penawaran trip ataupun staycation yang hendak Anda ambil. Oknum tak punya nurani yang mencari kesempatan menipu di saat begini pasti ada. Sebaiknya selalu cek & ricek.

 

13. Kemungkinan sampai beberapa waktu ke depan, syarat memiliki hasil rapid test non-reaktif masih diwajibkan untuk bepergian. Beberapa situs pembelian tiket dan akomodasi online sudah menyediakan fasilitas pembelian voucher rapid test. Kalau nggak mau repot, manfaatkan saja tawaran rapid test yang digabung dengan pembelian tiket. Biar ringkes.  

 

Sunset di Pulau Panun, Misool, Raja Ampat

 

Terakhir, jangan terburu-buru dan jangan kalap seperti kuda baru lepas dari kandang. Masa new normal bukan berarti kita semua langsung bisa bebas berkeliaran. Karena pandemi belum benar-benar berakhir. Cermati dan perhitungkan segala sesuatunya dengan matang. Dan pastikan Anda dalam kondisi sehat saat hendak bepergian. OK, Trippers?

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Indra Franzpower, Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo
Comment
모바일카지노

This is very attention-grabbing, You are a very skilled blogger. I have joined your rss feed and stay up for searching for extra of your fantastic post. Additionally, I have shared your website in my social networks http://uricasino114.com

2020-07-02
Will

It is the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or advice. Maybe you can write next articles referring to this article. I wish to read even more things about it! It’s the best time to make a few plans for the future and it is time to be happy. I’ve read this submit and if I may I want to recommend you few attention-grabbing things or advice. Perhaps you can write subsequent articles regarding this article. I desire to read even more issues about it! I am sure this post has touched all the internet users, its really really pleasant paragraph on building up new web site. http://Alexa.com/

2020-06-25